SOLOPOS.COM - Trotoar khusus pengguna smartphone di Tiongkok (Scoopnest.com)

Solopos.com, CHONGQING – Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia, pemakai smartphone di Tiongkok mencapai 700 juta pengguna.

Untuk menghindari kecelakaan akibat terlalu sibuk mengoperasikan smartphone, negara ini memiliki terobosan baru yang cukup unik, yakni trotoar khusus pengguna smartphone.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir Washington Post, Senin (15/9/2014), trotoar tersebut membentang sepanjang 165 kaki atau 20 meter di Kota Chongqing, Tiongkok.

Di trotoar ini, pejalan kaki dapat memilih lintasan normal maupun khusus pengguna smartphone. Trotoar ini dirasa sangat perlu untuk menghindari tabrakan antarpejalan kaki.

“Ada banyak orang tua dan anak-anak di jalanan, dan berjalan menggunakan ponsel  dapat menyebabkan orang bertabrakan,” ujar Nong Cheng, pejabat yang bertanggung jawab atas zona hiburan di Chongqing.

Ide ini berawal dari percobaan yang dilakukan oleh National Geographic Television awal tahun ini di Washington DC, Amerika Serikat. Tujuan dari dibangunnya lintasan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran pengguna smartphone yang merugikan pejalan kaki lainnya akibat terlalu sibuk dengan perangkat yang dimilikinya.

Namun, masih banyak pejalan kaki yang masih bingung dengan trotoar ini sehingga mereka mengabaikan instruksi yang terlulis. Sebuah harian di Tiongkok mem-posting sebuah berita yang menunjukkan banyak pejalan kaki yang tidak menggunakan smartphone justru berada di jalur pengguna ponsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya