Tutup Iklan

KISAH UNIK : Di Kota Ini, Proses Pemakaman Bisa Dilihat dari Smartphone

KISAH UNIK : Di Kota Ini, Proses Pemakaman Bisa Dilihat dari Smartphone

SOLOPOS.COM - Ilustrasi upacara pemakaman (allohiocremation.com)

Kisah unik kali ini tentang layanan online streaming proses pemakaman di Bolton.

Solopos.com, BOLTON – Kisah unik terjadi di kota Bolton, Inggris. Otoritas setempat membuat kebijakan streaming online upacara pemakaman. Hal ini dilakukan untuk memberi kesempatan pelayat yang tak bisa datang untuk tetap mengikuti upacara pemakaman.

Dilansir Mirror, Jumat (21/10/2016), beberapa kamera segera dipasang di kapel krematorium kota Bolton. Dengan persetujuan keluarga, proses pemakaman akan direkam dan disiarkan melalui laman khusus.

Tujuan kebijakan ini adalah untuk memberikan kesempatan bagi teman atau keluarga yang tidak bisa datang melayat agar tetap bisa menyaksikan prosesi upacara pemakaman. Dengan kebijakan ini, jika pihak keluarga setuju, mereka yang tidak bisa datang melayat akan diberi akses log in dari komputer atau smartphone untuk menyaksikan upacara pemakaman dari rumah.

Pemerintah Kota Bolton menegaskan akan menerapkan aturan ketat untuk kebijakan ini. Dan yang paling penting, kebijakan ini bukan kewajiban setiap warga, layanan terbaru ini hanya dilakukan bagi mereka yang menghendaki.

“Pasti akan dibuat aturan dasar agar layanan ini bisa dipraktikkan,” tegas Nick Peel, Wali Kota Bolton seperti dikutip Mirror.

Kamera yang ada di kapel adalah kamera statis yang dipasang di beberapa tempat. Sehingga layanan ini tidak memerlukan penata kamera yang dianggap akan mengganggu prosesi upaca pemakaman.

Layaknya log in  di media sosial, orang-orang yang ingin menyaksikan upacara pemakaman secara online harus mempunyai akses yang diberikan pihak keluarga. “Akan ada syarat khusus bagi siapapun yang ingin melihat upacara pemakaman secara online, jadi tidak semua orang bisa nonton, ” ungkap Nick.

(Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com)

Berita Terkait

Berita Terkini

Horornya Jalan Tol KM 542 Sragen: 8 Bulan, 3 Kecelakaan, 3 Nyawa Melayang

Kecelakaan kembali terjadi di jalan tol Solo-Kertosono, tepatnya di KM 542.200 jalur A di Desa Bumiaji, Gondang, Sragen.

Layanan 5G Hadir di Solo, Pelayanan Publik Bisa 24 Jam

Peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo di Solo kian mendukung kota ini menjadi kota pintar atau smart city.

Terbentur Undang-Undang, Kemenag Solo Tak Keluarkan Izin Tempat Belajar Anak-Anak Perusak Makam di Mojo

Kemenag Kota Solo memastikan tidak mengeluarkan izin keberadaan kuttab atau lembaga pendidikan anak usia dini di Mojo, Pasar Kliwon.

Rumah di Pinggir Jalan Raya Bikin Pusing? Coba Tips Ini

Tanam saja tanaman perdu yang daunnya berwarna-warni. Selain bisa meredam suara berisik, adanya tanaman ini bisa memperindah rumah di pinggir jalan.

7 Rekomendasi Mobil Murah di Bawah Rp100 Juta yang Terjangkau

Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa mendapatkan berbagai alternatif mobil murah di bawah Rp100 juta yang cocok untuk kantong Anda.

Warga Sragen Buktikan Ivermectin Ampuh Jadi Obat Covid-19, 5 Hari Mengonsumsi Langsung Negatif

Mantan Bupati Sragen, Untung Wiyono, mempromosikan Ivermax 12 atau Ivermectin sebagai obat penyembuh Covid-19. Obat itu diklaim ampuh.

Mantan Bupati Sragen Promosikan Ivermectin Sebagai Obat Covid-19, Terbukti Ampuh?

Bupati Sragen periode 2001-2011, Untung Wiyono, mempromosikan Ivermax 12 atau Ivermectin sebagai obat penyembuh Covid-19. Obat itu diklaim ampuh.

Kasus Kematian Covid Tanpa Komorbid Tinggi

Angka kematian pasien Covid-19 di Klaten masih tinggi. Tak hanya pasien dengan komorbid atau penyakit penyerta, pasien yang meninggal tanpa komorbid sebesar 35%.

Vaksin Bikin Tubuh Aman dari Covid-19? Cek Faktanya

Vaksin Covid-19 bukanlah satu-satunya alat yang dapat melindungi tubuh dari infeksi virus corona.

Dua Juru Parkir Liar di Kota Madiun Diringkus Polisi

Dua juru parkir liar ditangkap Polres Madiun Kota dalam pemberantasan aksi premanisme dan pungli.

Duh! Petani Tembakau di Klaten Terancam Gagal Panen Gara-Gara Cuaca Tak Menentu

Sejumlah petani tembakau di Klaten dilanda kegalauan. Cuaca yang tak menentu mengakibatkan tanaman tembakau tak tumbuh secara optimal.

Isolasi Lokal di Gedawung Baturetno Wonogiri Selesai, Warga Siraman Pakai Air Kendi

Isolasi lokal yang diterapkan di Dusun Gedawung, Desa Saradan, Kecamatan Baturetno, Wonogiri telah selesai, Selasa (22/6/2021).