SOLOPOS.COM - Ilustrasi upacara pemakaman (allohiocremation.com)

Kisah unik kali ini tentang layanan online streaming proses pemakaman di Bolton.

Solopos.com, BOLTON – Kisah unik terjadi di kota Bolton, Inggris. Otoritas setempat membuat kebijakan streaming online upacara pemakaman. Hal ini dilakukan untuk memberi kesempatan pelayat yang tak bisa datang untuk tetap mengikuti upacara pemakaman.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dilansir Mirror, Jumat (21/10/2016), beberapa kamera segera dipasang di kapel krematorium kota Bolton. Dengan persetujuan keluarga, proses pemakaman akan direkam dan disiarkan melalui laman khusus.

Tujuan kebijakan ini adalah untuk memberikan kesempatan bagi teman atau keluarga yang tidak bisa datang melayat agar tetap bisa menyaksikan prosesi upacara pemakaman. Dengan kebijakan ini, jika pihak keluarga setuju, mereka yang tidak bisa datang melayat akan diberi akses log in dari komputer atau smartphone untuk menyaksikan upacara pemakaman dari rumah.

Pemerintah Kota Bolton menegaskan akan menerapkan aturan ketat untuk kebijakan ini. Dan yang paling penting, kebijakan ini bukan kewajiban setiap warga, layanan terbaru ini hanya dilakukan bagi mereka yang menghendaki.

“Pasti akan dibuat aturan dasar agar layanan ini bisa dipraktikkan,” tegas Nick Peel, Wali Kota Bolton seperti dikutip Mirror.

Kamera yang ada di kapel adalah kamera statis yang dipasang di beberapa tempat. Sehingga layanan ini tidak memerlukan penata kamera yang dianggap akan mengganggu prosesi upaca pemakaman.

Layaknya log in  di media sosial, orang-orang yang ingin menyaksikan upacara pemakaman secara online harus mempunyai akses yang diberikan pihak keluarga. “Akan ada syarat khusus bagi siapapun yang ingin melihat upacara pemakaman secara online, jadi tidak semua orang bisa nonton, ” ungkap Nick.

(Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya