KISAH UNIK : Di Kota Ini, Proses Pemakaman Bisa Dilihat dari Smartphone

KISAH UNIK : Di Kota Ini, Proses Pemakaman Bisa Dilihat dari Smartphone

SOLOPOS.COM - Ilustrasi upacara pemakaman (allohiocremation.com)

Kisah unik kali ini tentang layanan online streaming proses pemakaman di Bolton.

Solopos.com, BOLTON – Kisah unik terjadi di kota Bolton, Inggris. Otoritas setempat membuat kebijakan streaming online upacara pemakaman. Hal ini dilakukan untuk memberi kesempatan pelayat yang tak bisa datang untuk tetap mengikuti upacara pemakaman.

Dilansir Mirror, Jumat (21/10/2016), beberapa kamera segera dipasang di kapel krematorium kota Bolton. Dengan persetujuan keluarga, proses pemakaman akan direkam dan disiarkan melalui laman khusus.

Tujuan kebijakan ini adalah untuk memberikan kesempatan bagi teman atau keluarga yang tidak bisa datang melayat agar tetap bisa menyaksikan prosesi upacara pemakaman. Dengan kebijakan ini, jika pihak keluarga setuju, mereka yang tidak bisa datang melayat akan diberi akses log in dari komputer atau smartphone untuk menyaksikan upacara pemakaman dari rumah.

Pemerintah Kota Bolton menegaskan akan menerapkan aturan ketat untuk kebijakan ini. Dan yang paling penting, kebijakan ini bukan kewajiban setiap warga, layanan terbaru ini hanya dilakukan bagi mereka yang menghendaki.

“Pasti akan dibuat aturan dasar agar layanan ini bisa dipraktikkan,” tegas Nick Peel, Wali Kota Bolton seperti dikutip Mirror.

Kamera yang ada di kapel adalah kamera statis yang dipasang di beberapa tempat. Sehingga layanan ini tidak memerlukan penata kamera yang dianggap akan mengganggu prosesi upaca pemakaman.

Layaknya log in  di media sosial, orang-orang yang ingin menyaksikan upacara pemakaman secara online harus mempunyai akses yang diberikan pihak keluarga. “Akan ada syarat khusus bagi siapapun yang ingin melihat upacara pemakaman secara online, jadi tidak semua orang bisa nonton, ” ungkap Nick.

(Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com)

Berita Terkait

Berita Terkini

Ada Aturan Makan di Tempat Maksimal 20 Menit, Begini Tanggapan Pelaku Usaha Kuliner di Boyolali

Sesuai ketentuan baru pada PPKM Level 3 di Kabupaten Boyolali, warga boleh makan di warung makan namun dengan batasan waktu 20 menit saja.

Layanan Tes Covid-19 dan Vaksinasi di Bandara – Stasiun, Cek Jadwal dan Tarifnya

Kini bandara di bawah otoritas Angkasa Pura 1 ini melayani dua tes Covid-19, yakni tes PCR dan tes antigen, serta vaksinasi Covid-19.

Ngaku Petugas Puskesmas Teror Peserta Vaksinasi Di Boyolali, Pelaku Sebut Ini Motifnya

Identitas dan motif pengirim pesan teror kepada dua perempuan peserta vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Teras, Boyolali, akhirnya terungkap.

Kebakaran Dua Rumah Di Grobogan Diduga Karena Korsleting

Kebakaran dua rumah di Grobogan tersebut terjadi di Kecamatan Pulokulon dan Kecamatan Toroh, pada pagi dan siang hari, Kamis (29/7/2021).

Update Covid-19 Hari Ini: Positif 43.479, Sembuh 45.494, Meninggal 1.893

Secara keseluruhan kasus positif Covid-19 di Indonesia hingga saat ini mencapai 3.31.206.

Rutan Solo Kerahkan Sipir Penjara Susuri Perkampungan Bagikan Sembako

Rutan Solo mengerahkan para sipir dan pegawai untuk berkeliling bagikan sembako kepada masyarakat terdampak pandemi corona.

Mantap! Desa Kemudo Klaten Gandeng Klinik dan Siapkan 16 Tracer Untuk Percepat Penanganan Covid-19

Upaya mempercepat pelacakan kontak erat diberlakukan di Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan, Klaten, dengan menyiapkan 16 tracer.

Jonatan Christie Gagal Ikuti Anthony Ginting ke Perempat Final Olimpiade Tokyo 2020

Jonatan Christie ditumbangkan tunggal putra China, Shi Yuqi, dengan dua game langsung 11-21, 9-21.

Keren! 6 Organisasi Mahasiswa Siap Bantu Penanganan Covid-19 Jateng

Mereka kemudian berdiskusi dengan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, terkait keterlibatan mahasiswa dalam penanganan Covid-19 di masyarakat.

Bantu UKM Kuliner, Fakultas Pertanian UNS Sosialisasi Keamanan Pangan Produk Frozen Food

Prodi llmu Teknologi Pangan Fakultas Pertanian (FP) UNS dengan melakukan sosialisasi keamanan pangan produk frozen food dan pengurusan izin edar MD bagi pelaku usaha kuliner di Solo.

Berbagi ke Warga Sekitar, Solo Grand Mall Bagi-bagi Paket Sembako

Puluhan paket sembako tersebut diserahkan secara oleh General Manager Solo Grand Mall, Bapak Bambang Sunarno, kepada warga Penumping.

AKBP Edy Suranta Sitepu Tak Lagi Menjabat Kapolres Klaten, Ini Pejabat Yang Baru

Kapolres Klaten diganti, AKBP Edy Suranta Sitepu sudah tidak lagi menduduki tersebut dan diganti pejabat baru per Rabu (28/7/2021).