SOLOPOS.COM - Telinga Ji yang ditanam di lengan. (Istimewa)

Kisah unik dialami seorang pria asal Tiongkok yang sempat putus asa setelah mengalami kecelakaan tragis.

Solopos.com, BEIJING – Pria malang asal Tiongkok ini harus merelakan sebagian besar wajahnya rusak setelah mengalami kecelakaan beberapa bulan silam. Beruntungnya, sebagian fungsi orang tubuhnya masih berfungsi termasuk daun telinga. Tapi, dokter harus berusaha keras untuk menyelamatkan telinga pria yang diketahui bernama Ji ini.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Menurut laporan Dailymail, Jumat (11/11/2016), seorang dokter ahli bedah plastik bernama Guo Shuzhong di Rumah Sakit Xi’an Jiaotong telah membuatkan daun telinga artificial atau buatan untuknya.

Pembuatan daun telinga buatan ini memiliki beberapa tahapan. Tahapan pertama yakni mengambil jaringan lemak yang berasal dari lengan kanan Ji. Langkah kedua yaitu pengambilan tulang rawan dari tulang rusuk Ji.

Hal ini untuk memberi bentuk pada daun telinga. Dokter Guo lantas membuat daun telinga buatan yang berasal dari tubuh pasiennya itu. Bagian ini merupakan hal tersulit karena harus menyesuaikan dengan struktur anatomi telinga.

Daun telinga buatan ini harus ditanam di bagian lain dari tubuh pasien terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan jaringan sampai sempurna. Saat itu, bagian yang dipilih adalah lengan kanan Ji.

Setelah organ artificial tumbuh sempurna, daun telinga buatan itu baru dapat ditranplantasikan. Ji harus bersabar dalam waktu 3-4 bulan untuk memiliki daun telinga baru.

Guo Shuzhong tidak hanya terkenal sebagai dokter ahli bedah plastik. Prestasinya terbilang membanggakan. Ia adalah dokter yang melakukan transplantasi wajah pertama di Tiongkok pada tahun 2006.

Dokter Guo mengatakan operasinya pada Ji terbilang sukses. Ia bangga dengan apa yang telah dilakukannya tersebut.

“Ini adalah operasi tersukses diseluruh dunia,” kata Dokter Guo. “Aku sangat percaya diri karena ini.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya