SOLOPOS.COM - Ilustrasi bayi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Kisah unik dialami tim SAR dari Basarnas Jateng yang berjaga di pintu jalan tol Brebes atau lebih kondang disebut Brexit karena mereka telah harus mengevakuasi bayi yang lahir dalam bus Madu Kismo.

Semarangpos.com, BREBES – Bayi mungil lahir di bus milik PO Madu Kismo yang tengah melayani penumpang rute Jakarta-Madura. Persalinan penumpang bernama Siti Khamsiyah, 28, terjadi saat bus melaju di jalan tol Pejagan-Brebes, tepatnya di Km 255, Jumat (9/9/2016).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Proses persalinan Siti dalam bus Madu Kismo itu dengan dibantu sesama penumpang bus itu. Proses persalinan itu berlangsung lancar, namun demi sempurnanya persalinan itu maka bayi beserta ibunya dilarikan ke rumah sakit begitu bus tiba di pintu jalan tol Brebes yang lebih kondang dengan julukan Brebes Exit alias Brexit.

Di pintu jalan tol Brebes itu memang bersiaga para personel Badan SAR Nasional (Basarnas). Alhasil, anggota tim Basarnas Jateng yang bersiaga mengantisipasi kemungkinan buruk akibat libur Iduladha 2016 di Tol Brexit, Brebes Timur. Saat bersiaga itu, anggota Basarnas Jateng dihadapkan pada kejadian evakuasi bayi yang baru lahir di dalam bus.

“Suami ibu Siti, Fauzi [29] turun dari bus dan langsung menemui kami. Semula kami kaget karena ada bus yang berhenti di tol. Ternyata, Fauzi meminta bantuan kami untuk mengevakuasi bayinya yang baru saja lahir,” ujar Koordinator tim siaga Basarnas Jateng, Heri Sunandar, dalam siaran pers yang diterima Semarangpos.com, Jumat.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Semarangpos.com, kejadian ini bermula saat anggota tim Basarnas Jateng dikejutkan dengan sebuah bus milik PO Madu Kismo jurusan Jakarta-Madura yang berhenti mendadak di depan posko mereka di ruas tol Brebes, sekitar pukul 17.30 WIB. Setelah diperiksa, ternyata di dalam bus itu ada salah seorang penumpang, Siti Khamsiyah, 28, yang baru saja melahirkan bayinya.

Bayi pasangan asal Desa Patengteng, Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan, Madura itu berjenis kelamin perempuan. Bayi yang mengguratkan kisah unik itu lahir dalam kondisi sehat dan langsung dibawa oleh tim Basarnas Jateng ke Rumah Sakit (RS) Mitra Keluarga di Tegal.

Berdasar pantauan tim Basarnas Jateng di Brexit, arus lalu lintas di kawasan itu untuk kini terbilang lancar. Hingga Jumat malam belum ada pelonjakan jumlah kendaraan yang melintas. “Saat ini sedang ada peninjauan dari Dirjen Perhubungan Darat ke posko siaga kami. Untuk lalu lintas hingga saat ini masih sama. Masih lancar. Belum ada peningkatan kendaraan jelang libur Iduladha,” tutur Heri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya