Tutup Iklan

KISAH UNIK : Baru 12 Tahun, Bocah Ini Sudah Bertunangan

KISAH UNIK : Baru 12 Tahun, Bocah Ini Sudah Bertunangan

SOLOPOS.COM - Omar dan Gharam, anak belasan tahun yang sudah bertunangan (wuzupnaija.com)

Kisah unik kali ini tentang pertunangan di bawah umur.

Solopos.com, KAIRO – Pernikahan yang sejatinya lazim bagi warga Kairo, Mesir, ini menjadi sebuah sumber kontroversi. Hal ini lantaran pernikahan tersebut dilakukan oleh anak Nasser Hassan yang baru berusia 12 tahun.

Dilansir, Wuzupnaija, Sabtu (22/10/2016), Nasser Hassan sebenarnya mengadakan resepsi pernikahan untuk anak pertamanya. Seperti sebuah kejutan untuk para tamu, di sela-sela resepsi itu diumumkan pertunangan putranya, Omar, yang masih berusia 12 tahun. Omar bertunangan dengan Gharam, sepupunya yang usianya terpaut satu tahun lebih muda.

“Ini sebuah pertunangan, bukan pernikahan,” ungkap salah satu tamu yang seolah-olah tidak terkejut.

Peristiwa ini dimuat di beberapa koran lokal, salah satunya Al Watan. Peristiwa ini menciptakan pro dan kontra di kalangan masyarakat, khususnya pemerhati hak perempuan dan anak-anak. Hukum yang berlaku di Mesir baru memperbolehkanpernikahan jika kedua mempelai sudah berusia minimal 18 tahun.

Redan Eldanbouki, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Perlindungan Perempuan melaporkan peristiwa itu ke Lembaga Perlindungan Ibu dan Anak Pemerintah Mesir. Reda juga mengajukan permohonan ini ke Kejaksaan Agung agar melakukan pemeriksaan dan melakukan penahanan terhadap orang tua karena perbuatan mereka.

Menurut Reda pertunangan Omar dan Gharam akan menyebabkan pernikahan dini. Hal itu akan merugikan pihak perempuan. “Pertunangan itu akan menyebabkan pernikahan dini. Itu akan merugikan pihak perempuan karena kesempatan untuk mendapat pendidikan akan berkurang, tak mampu tumbuh normal seperti anak-anak lain, dan pernikahan itu akan membuatnya menjauh dari masyarakat,” tegas Reda.

Di sisi lain, Nasser Hassan tidak takut dengan laporan tersebut. Dia menegaskan tidak ada hal salah yang terjadi pada pengumuman yang dibuatnya. “Itu hanya pertunangan, bukan pernikahan,” tegas Nasser seperti dikutip The Sun.

Nasser juga menceritakan jika Omar sangat menyayangi Gharam. Bocah itu kerap menyatakan akan menikahi Gharam saat dewasa nanti, sebelum ada pria lain melakukannya. “Mereka akan menikah setelah mencapai usia yang cukup dan legal,” tambah Nasser.

(Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com)

Berita Terkait

Berita Terkini

Horornya Jalan Tol KM 542 Sragen: 8 Bulan, 3 Kecelakaan, 3 Nyawa Melayang

Kecelakaan kembali terjadi di jalan tol Solo-Kertosono, tepatnya di KM 542.200 jalur A di Desa Bumiaji, Gondang, Sragen.

Layanan 5G Hadir di Solo, Pelayanan Publik Bisa 24 Jam

Peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo di Solo kian mendukung kota ini menjadi kota pintar atau smart city.

Terbentur Undang-Undang, Kemenag Solo Tak Keluarkan Izin Tempat Belajar Anak-Anak Perusak Makam di Mojo

Kemenag Kota Solo memastikan tidak mengeluarkan izin keberadaan kuttab atau lembaga pendidikan anak usia dini di Mojo, Pasar Kliwon.

Rumah di Pinggir Jalan Raya Bikin Pusing? Coba Tips Ini

Tanam saja tanaman perdu yang daunnya berwarna-warni. Selain bisa meredam suara berisik, adanya tanaman ini bisa memperindah rumah di pinggir jalan.

7 Rekomendasi Mobil Murah di Bawah Rp100 Juta yang Terjangkau

Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa mendapatkan berbagai alternatif mobil murah di bawah Rp100 juta yang cocok untuk kantong Anda.

Warga Sragen Buktikan Ivermectin Ampuh Jadi Obat Covid-19, 5 Hari Mengonsumsi Langsung Negatif

Mantan Bupati Sragen, Untung Wiyono, mempromosikan Ivermax 12 atau Ivermectin sebagai obat penyembuh Covid-19. Obat itu diklaim ampuh.

Mantan Bupati Sragen Promosikan Ivermectin Sebagai Obat Covid-19, Terbukti Ampuh?

Bupati Sragen periode 2001-2011, Untung Wiyono, mempromosikan Ivermax 12 atau Ivermectin sebagai obat penyembuh Covid-19. Obat itu diklaim ampuh.

Kasus Kematian Covid Tanpa Komorbid Tinggi

Angka kematian pasien Covid-19 di Klaten masih tinggi. Tak hanya pasien dengan komorbid atau penyakit penyerta, pasien yang meninggal tanpa komorbid sebesar 35%.

Vaksin Bikin Tubuh Aman dari Covid-19? Cek Faktanya

Vaksin Covid-19 bukanlah satu-satunya alat yang dapat melindungi tubuh dari infeksi virus corona.

Dua Juru Parkir Liar di Kota Madiun Diringkus Polisi

Dua juru parkir liar ditangkap Polres Madiun Kota dalam pemberantasan aksi premanisme dan pungli.

Duh! Petani Tembakau di Klaten Terancam Gagal Panen Gara-Gara Cuaca Tak Menentu

Sejumlah petani tembakau di Klaten dilanda kegalauan. Cuaca yang tak menentu mengakibatkan tanaman tembakau tak tumbuh secara optimal.

Isolasi Lokal di Gedawung Baturetno Wonogiri Selesai, Warga Siraman Pakai Air Kendi

Isolasi lokal yang diterapkan di Dusun Gedawung, Desa Saradan, Kecamatan Baturetno, Wonogiri telah selesai, Selasa (22/6/2021).