SOLOPOS.COM - Sarkofagus temuan arkeolog Spanyol di Luxor, Mesir. (Asiaone.com)

Solopos.com, LUXOR – Arkeolog asal Spanyol menemukan penemuan besar berupa mumi berusia 3.600 tahun dalam sebuah sarkofagus yang dihiasi gambar bulu langka. Sarkofagus dan mumi tersebut ditemukan di kota kuno Luxor, Mesir.

Sakofagus dengan panjang 2 m dan lebar 0,5 m itu ditemukan dengan kondisi yang sangat baik dan warnanya masih cerah. Menteri Purbakala Mesir Mohamed Ibrahim mengatakan gambar bulu yang terdapat di sarkofagus tersebut merupakan suatu penemuan langka.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Sarkofagus tersebut ditaksir berasal dari dinasti ke-17 firaun atau sekitar 1.600 SM. “Sarkofagus ini merupakan peninggalan pada dinasti ke-17 [1.600 SM]. Menurut penelitian yang dilakukan, pemiliknya bisa saja seorang negarawan penting,” ujar Kepala Departemen Kementrian Firaun Ali El-Asfar seperti dikutip Asiaone, Kamis (13/2/2014)

Sesuai kepercayaan mereka di masa Firaun, hiroglif yang ada di sarkofagus ini dimaksudkan untuk memudahkan perjalanan mereka ke akhirat. Gambar-gambar bulu melambangkan dewi Mesir kuno diyakini dapat menentukan status mereka di akhirat.

Sarkofagus ini ditemukan di sebuah situs kuno di tepi barat Luxor, Mesir, dekat sebuah makam milik administrator gudang, Ratu Hatshepsut, yakni anggota dari dinasti ke-18 firaun yang memerintah Mesir antara tahun 1502-1482 SM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya