Kategori: Teknologi

KISAH UNIK : Ada Burung Afrika Bisa Menipu, Seperti Apa Ya?


Solopos.com/Mamduh Adi/JIBI/Solopos

Solopos.com, solo- Ada-ada saja spesies satu ini dan tergolong unik. Dari beberapa spesies burung di Afrika, Drongo, burung berekor cabang bisa menipu burung lain yang sejenis untuk mencuri makanan. Burung ini juga disebut burung pembohong.

Para ilmuwan menjelaskan hal tersebut pada Kamis (1/5/2014) lalu sebagaimana ditulis Reuters Drongo menggunakan suara tanda bahaya ada predator mendekat untuk menakut-nakuti burung sejenisnya.

Lalu, suara tipuan yang menyerupai predator tersebut membuat burung lain yang sedang makan menjadi takut dan pergi. Saat itu lah Drongo mencuri makanan yang ditinggalkan.

Ilmuwan telah meneliti 64 burung drongo selama kurang lebih 850 jam di Gurun Kalahari di Afrika Selatan yang dekat perbatasan Botswana untuk mengungkap perilaku yang unik ini.

"Mereka bukan burung hitam kecil biasa dengan mata merah, paruh bengkok dan ekor bercabang. Mereka juga sangat agresif dan tidak takut untuk menyerang burung elang," kata ahli evolusi biologi, Tom Flower, dari Cape Town University Afrika Selatan .

Biasanya burung ini nmendapatkan makanan dengan cara yang biasa yaitu menangkap serangga yang terbang di udara, tapi kadang- kadang dia melancarkan 'tipu muslihat' nya tersebut.

Drongo mampu meniru suara yang dibuat oleh beberapa spesies berbeda yang menghuni gurun. Termasuk burung seperti babblers pied, glossy starlings, sociable weavers dan goshawks serta mamalia seperti meerkat.

Awalnya, dalam beraksi, Drongo berperan sebagai penjaga saat burung lainnya asyik menyantap santapan mereka. "Karena burung lain berpendapat Drongo dapat diandalkan, sehingga mereka percaya bahwa suara peringatan yang dikeluarkan Drongo adalah benar" ungkap Ahli evolusi biologi lain dari Western University Australia, Amanda Ridley.

Drongo dapat meniru lebih dari 50 suara. Selain untuk menipu hewan lain, juga berguna untuk melindungi sarangnya dari predator lain.

Share
Dipublikasikan oleh
Rini Yustiningsih