SOLOPOS.COM - Seorang pasien perempuan sakit tumor perut (Mirror)

Kisah unik tentang pasien tumor.

Harianjogja.com, INDIA – Seorang perempuan harus menjalani operasi selama empat jam untuk mengeluarkan tumor raksasa seberat tujuh kilogram atau setara dengan bayi berusia setahun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tumor seberat tujuh kilogram ini tumbuh di dalam tubuh perempuan berusia 45 tahun. Tumor ini diduga berada di tubuh pasien selama lima bulan.

Sebelum tumor itu dikeluarkan, sejumlah diagnosa tak tepat diterima perempuan ini. Mayoritas dokter menyatakan perempuan tersebut akan meninggal lantaran mengalami tumor.

Perempuan yang tak diketahui namanya ini dari Kerela, India. Sebelumnya, dia mengeluhkan sakit yang luar biasa di daerah perut selama berbulan-bulan. Rasa sakit ini kemudian berubah menjadi tumor perut dengan berat yang mencapai tujuh kilogram.

Ketua Tim Penanganan, G Unnikrishnan mengatakan tumor ini diduga berusia 5-6 bulan.

“Tumor ini tumbuh cepat dan menyebar di sisi kanan perut, karena itu hati dan kantung empedu tak dapat berfungsi dengan benar,” terangnya seperti dikutip dari Mirror, Rabu (15/6/2016)

Tumor seberat 7Kg berhasil dikeluarkan (Mirror)

Tumor seberat 7Kg berhasil dikeluarkan (Mirror)

Dia menyampaikan jika operasi ini ditunda beberapa hari saja, kemungkinan keselamatan pasien akan terancam.

Luar biasanya, operasi yang diadakan di Thiruvananthapuram, Kerela dilakukan secara cuma-cuma.

“Perempuan yang bekerja sebagai karyawan di Anganwadi [PNS yang menangani perawatan anak-anak] di Pathanapuram telah mendapatkan sejumlah perawatan di beberapa rumah sakit tetapi tidak pernah mendapat diagnosa yang benar,” kata dia.

Dalam operasi ini dokter Aravind S. Ganapath, Suman, Mussamil dibantu sejumlah residen junior. Proses penanganan sekitar empat jam.

Tumor yang didiagnosa sebagai retroperitoneal lymphangioma telah diangkat setelah mengalami sejumlah operasi yang kompleks. Dokter menyatakan angka kejadian kasus ini hanya 186 kali di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya