SOLOPOS.COM - Dokter di Tiongkok muntah darah (Youtube)

Kisah tragis kali ini tentang dokter asal Tiongkok.

Solopos.com, SHANGHAI —  Rekaman video menunjukkan seorang dokter nyaris sekarat beredar di Internet.  Bersamaan dengan video tersebut beredar kabar bahwa dokter itu tak berhenti bekerja selama 32 jam.

Promosi Jangkau Level Grassroot, Pembiayaan Makro & Ultra Mikro BRI Capai Rp622,6 T

Dilansir CCTV News, Senin (24/10/2016), Dokter dalam rekaman tersebut bermarga Zhang. Dokter berusia 30 tahun itu adalah ahli jantung yang dikabarkan telah bekerja selama 32 jam sebelum akhirnya tumbang. Sang dokter sempat batuk-batuk yang mengeluarkan bercak darah, hingga akhirnya memuntahkan darah yang cukup banyak.

Video yang merupakan rekaman kamera closed-circuit television (CCTV) itu menunjukkan sang dokter dirawat oleh beberapa perawat rumah sakit. Peristiwa ini terjadi pada bulan April 2016, namun belum lama ini diungkap setelah muncul di sebuah program televisi.

Zhang dikabarkan mendapat tekanan kerja yang tinggi di rumah sakit ia bekerja. Hal itu ditambah dengan ujian kuliah S3 yang sedang dijalani sang dokter. Muntah darah yang terjadi pada sang dokter disebabkan oleh gangguan di sistem pencernaan. Dokter bantuan yang bertugas pada waktu itu berhasil menghentikan muntah darah yang diderita Zhang, karena jika tidak dihentikan hal itu bisa sangat mematikan.

Video ini membuat netizen asal Tiongkok bersimpati dan mengharapkan orang-orang lebih sopan dan sabar saat berurusan dengan pegawai kesehatan. Berdasarkan penelitian Asosiasi Dokter di Tiongkok pada 2015, hampi 60 persen dokter pernah mendapat pelecehan verbal. Satu di antara tujuh dokter pernah diserang secara fisik.

Selain itu netizen juga meminta petinggi perusahaan atau pengusaha lebih memperhatikan tekanan kerja yang dirasakan para pegawai.

(Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya