SOLOPOS.COM - Sosok Spiderman yang siap membantu orang yang tertimpa musibah di jalanan Soloraya. (Youtube/Ayo Tetulung)

Solopos.com, SOLO — Sosok pria berkostum Spiderman di Kota Solo, Jawa Tengah, belakangan ini sempat membuat ramai jagat media sosial. Jika Spiderman dalam filmnya bisa mempunyai kemampuan memanjat dinding, Spiderman di Solo ini berbeda.

Dia membantu orang yang tertimpa musibah di jalan, seperti kehabisan bensin, ban bocor, hingga rantai kendaraan putus. Pria asli Boyolali, Jawa Tengah ini, mengaku sengaja menggunakan kostum Spiderman saat menolong orang di jalanan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Ini saya pakai kostum Spiderman sudah 2-3 bulan lalu. Sebenarnya saya juga punya kostum Ksatria Baja Hitam, tetapi kostum Spiderman ini lebih nyaman digunakan,” ujar pria yang tak mau disebutkan identitas aslinya itu kepada Solopos.com, Sabtu (7/1/2023).

Tak hanya wilayah Solo, pria berkostum Spiderman ini juga membantu orang-orang yang tertimpa musibah di wilayah Soloraya lainnya, salah satunya Klaten. Bahkan, dia tak mengenal waktu untuk menolong, bisa pagi atau pun hingga malam hari.

Saat menolong orang yang kehabisan bensin hingga ban bocor di jalanan, Spiderman ini tak mau dibayar. Bahkan, dia memberikan bensin yang ia punya dengan cuma-cuma. Perbuatan baiknya tersebut ia lakukan karena dia juga pernah mengalami masa-masa susah sehingga tidak mau orang mengalami apa yang ia rasakan.

“Sehingga tidak merasakan kesusahan seperti yang saya saya rasakan. Jadi kalau kita merasakan susah, susah itu tidak enak. Orang lain dengan keadaan susah, kita bantu,” tambah dia.

Sosok Spiderman yang Juga Terapis Pijat

Meski dipaksa untuk menerima uang sebagai ucapan terima kasih karena sudah ditolong, Spiderman ini mengaku tak mau menerimanya. Ia yakin rezeki akan datang dari pintu yang lain. Akan tetapi, jika ada yang menitipkan uang untuk disalurkan ke yang lebih membutuhkan, dia akan menerimanya.

“Untuk bensin, tambal ban saya tolak. Kalau pun ada yang titip disalurkan, saya terima. Walaupun keadaan saya kurang, tetap saya jaga. Alhamdulillah-nya, saya mendapatkan rezeki dari yang lain,” ucapnya.

Selain berkegiatan menolong orang yang tertimpa musibah di jalanan, Spiderman ini juga mempunyai kegiatan lain, yakni sebagai terapis pijat. Dia juga tak mematok tarif resmi ketika memijat. “Tarif seikhlasnya untuk pijat,” kata dia.

Pria berkostum Spiderman ini juga mempunyai kanal Youtube yang terbilang aktif, yakni Ayo Tetulung. Berdasarkan penelusuran Solopos.com, channel Youtube tersebut sudah diikuti lebih dari 11.000 kali. Di channel tersebut, juga terdapat informasi bagi masyarakat yang membutuhkan bantuannya, bisa menghubungi nomor +6288225161407.

“Saling tolong menolong bukti manusia berbudi pekerti. Jika tidak bisa menolong dengan harta, maka tolonglaah dengan tenaga. Jika tenaga tidak mampu, tolonglaah dengan pemikiran. Bisa itu karena ada niat dan terbiasa,” bunyi deskripsi dalam channel Youtube miliknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya