Kisah RB Leipzig, Dari Penghuni Divisi III Menuju Gelar Terbaik Eropa
RB Leipzig (Reuters/Matthias Rietschel)

Solopos.com, LISBON — Kampanye gemilang RB Leipzig di Liga Champions terus berlanjut setelah menggebuk Atletico Madrid di babak perempat final dengan skor 2-1 di Estadio da Luz, Jumat (14/8/2020) dini hari WIB. Hasil ini membawa Leipzig tinggal dua langkah lagi untuk mengangkat trofi bergengsi Liga Champions.

Gelar tersebut mungkin tak terbayangkan oleh Leipzig yang masih berada di kasta ketiga kompetisi Jerman enam tahun lalu. Namun gol Dani Olmo dan pemain muda asal Amerika Serikat, Tyler Adams, di babak kedua mampu menjaga mimpi tim berjuluk Die Roten Bullen itu. Atletico yang gagal mengembangkan permainan terbaik hanya mampu mencetak gol lewat penalti Joao Felix.

Sekolah Tatap Muka di Sragen Segera Dimulai, Siswa Masuk Digilir

Di semifinal, RB Leipzig sudah ditunggu tim bertabur bintang Paris Saint-Germain (PSG). Duel kontra PSG jelas menjadi tantangan berat bagi Emil Forsberg dkk. untuk terus melaju di kompetisi Si Kuping Lebar.

Namun jika melihat performa impresif mereka di Liga Champions musim ini yang hanya menelan sekali kekalahan dari sembilan laga, enam berbuah kemenangan, bukan tak mungkin Leipzig bakal mencatat prestasi fenomenal.

Ambisi

Pelatih Leipzig, Julian Nagelsmann, mengakui timnya amat berambisi menembus babak pamungkas. “Saya rasa itu wajar. Namun saya tidak ingin bicara titel sama sekali. Kami baru bicara jika bisa mencapai babak itu [final],” ujar Nagelsmann dilansir Sportskeeda, Jumat.

Striker Leipzig, Yussuf Poulsen, mengaku sangat menikmati momen positif yang diraih timnya. Poulsen sendiri menjadi satu dari sedikit pemain Leipzig yang tersisa dari era Bundesliga 3. Sang pemain tahu betul jatuh bangun Leipzig dari divisi bawah hingga melejit di Eropa. “Kisah ini tidak pernah saya bayangkan. Sekarang pertandingan hebat lain menunggu kami,” ujar pemain asal Denmark itu.

Punya Kain Goyor dan Batik, UMKM Sragen Didorong Go International

Peluang RB Leipzig meneruskan kejutan terbuka lebar setelah kiper PSG, Keylor Navas, hampir pasti absen karena cedera hamstring. Cedera itu didapatnya ketika tampil di perempat final kontra Atalanta. “Kondisinya akan diperiksa lagi hari Sabtu [15/8/2020], dia diragukan main Selasa [18/8/2020] nanti,” demikian pernyataan PSG.

Cedera Navas tentu merugikan karena musim ini sang kiper tapil brilian dengan mencatat 19 clean sheet dari 34 laga di semua kompetisi. Posisinya bakal digantikan Sergio Rico yang mencatat lima clean sheet dalam sembilan pernampilan.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom