Kisah Pilu Bocah 5 Tahun di Madiun, Tutup Usia Setelah 10 Bulan Lawan Kanker Tulang
Warga memakamkan jenazah Syafa Syakila Hasanah, bocah lima tahun di Madiun yang menderita kanker tulang, Jumat (5/3/2021) malam. (Istimewa/Bintang Nusantara Hasyim)

Solopos.com, MADIUN -- Kisah perjuangan bocah perempuan beusia 5 tahun asal Madiun, Syafa Syakila Hasanah, melawan kanker tulang berakhir sudah.

Anak perempuan tersebut telah meninggal dunia setelah berjuang 10 bulan. Sebelumnya Syafa sempat dirawat di RSUD dr. Soedono Madiun.

Pendamping keluarga Syafa, Bintang Nusantara Hasyim, mengatakan Syafa meninggal dunia pada Jumat (6/3/2021) sekitar pukul 19.30 WIB.

Baca juga: Tak Cuma Porang, Budidaya Koro Pedang Juga Lagi Ngetren di Wonogiri

Sebelum meninggal dunia, kondisi Syafa memang sempat memburuk dan bahkan tidak sadarkan diri. “Suhu tubuh Syafa dingin banget menjelang meninggalnya,” kata Bintang saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (6/3/2021).

Bintang menuturkan setelah dinyatakan meninggal oleh dokter, jenazah bocah penderita kanker tulang ini kemudian dibawa ke rumah duka di RT 068/RW 012, Desa Kincang, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, untuk dimakamkan.

Kondisi Syafa memang sempat memburuk beberapa hari lalu. Pihak keluarga kemudian membawa ke RSUD dr. Soedono Madiun untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca juga: Makan Korban Jiwa di Karanganyar, Ternyata Begini Cara Kerja Jebakan Tikus Listrik

Kanker Tulang Menjalar ke Otak

Ternyata, kanker tulang yang diderita anak perempuan asal Madiun ini sudah menjalar hingga ke otak dan kakinya. Bocah malang itu akhirnya meninggal dunia setelah berjuang melawan penyakit kanker tulang sekitar sepuluh bulan.

Syafa menderita kanker tulang sejak Juni 2020. Awalnya ada benjolan kecil di bagian lengan tangan kanannya. Kondisinya semakin parah hingga benjolan tersebut membesar seukuran kepala.

Penyakit itu lambat laun seperti memakan tubuhnya, hingga kaki, tangan, dan badannya menjadi kurus. Selama menderita kanker tulang itu, warga Madiun ini hanya bisa berbaring di tempat tidur dan tidak bisa melakukan aktivitas lain seperti anak seusianya.

Baca juga: BTS Digandeng Unicef Lagi, Kampanye Setop Kekerasan Terhadap Anak

Selama ini Syafa dirawat oleh kakeknya bernama Totok Sujito, 65. Totok menuturkan Syafa sempat dibawa ke RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Saat itu, baru diketahui bahwa cucunya ini menderita kanker tulang. “Saat ini, Syafa hanya bisa berbaring saja di tempat tidur. Sudah tujuh bulan tidak bisa jalan,” kata Totok saat diwawancarai 28 Desember 2020 lalu.

Hampir setiap malam, bocah penderita kanker tulang asal Madiun ini mengalami kesakitan. Totok mengaku kerap tidak bisa tidur karena harus memastikan si cucu bisa tertidur pulas terlebih dahulu.

Sebenarnya, nafsu makan Syafa baik dan sangat lahap mengonsumsi makanan. Bahkan, kata Totok, Syafa bisa makan empat sampai lima kali dalam sehari. Selain itu, Syafa juga meminum susu.



Berita Terkini Lainnya








Kolom