SOLOPOS.COM - Curug Cipendok (Instagram/@banyumaskeren)

Solopos.com, BANYUMAS -- Air terjun ini memiliki hembusan yang cukup kuat dan dapat menggoyahkan tubuh hingga terdorong ke belakang. Hembusan angin yang juga mengandung percikan air itu juga dapat membuat baju basah dari jarak kejauhan.

Curug atau air terjun Cipendok, merupakan satu dari ratusan curug yang berada di  sabuk lereng Gunung Slamet, gunung terbesar di Pulau Jawa yang masih alami dengan hamparan hutan dan 209 sungai yang mengalir jernih.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di sungai-sungai itulah akhirnya menghasilkan curug-curug. Sebagian ada yang bernama namun sebagian lagi masih tidak bernama. Curug di Dusun II Lebaksiu, Karanganyar, Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas ini memiliki ketinggian sekitar 93 meter dengan air yang sangat deras sampai terlihat seperti buih-buih salju.

Curug Cipendok 2 (Instagram_@epesinatra)
Curug Cipendok 2 (Instagram/@epesinatra)

Baca Juga: Nopia, Kue Warisan Leluhur Banyumas yang Melegenda

Ekspedisi Mudik 2024

Curug Cipendok ini sangat cocok dijadikan latar saat berswafoto karena butiran buih salju ini akan terlihat dari gambar yang diambil lewat kamera smartphone atau kamera professional. Butiran buih ini lebih terlihat seperti butiran bunga kapas yang terjatuh dari pohonnya saat berada di foto.

Selain pesona keindahannya  yang memukau, rupanya ada cerita legenda yang menarik di balik Curug Cipendok, melansir dari Liputan6.com, Minggu (30/5/2021), masyarakat setempat meyakini ada peri penunggu bernama Dewi Intan.

Itulah alasan mengapa warga yang berada di sekitar curug selalu mengadakan Gerebeg Suran setiap tahunnya untuk menghormati Dewi Intan. Berdasarkan penjelasan dari budayawan lokal, Wedono Ajibarang, sang Adipati Banyumas saat itu yang bernama Raden Ranusentika, menikahi Peri Dewi Intan, sang penunggu curug.

Baca Juga : Bukan Sura, Jamasan Pusaka Banyumas Digelar Sepekan Sebelum Imlek

Sang dewi memiliki nama asli Sudem. Di samping curug, ada sebuah bukit yang diberi nama Bukit Sudem yang dipercaya oleh masyarakat sekitar bahwa di sanalah tempat sang peri tinggal. Namun berdasarkan sejarah, Curug Cipendok tidak lepas dari sejarah perang Diponegoro.

Karena Diponegoro kalah dalam peperangan melawan kolonial Belanda, Banyumas jatuh di tangan pemerintahan Belanda dan mengutus pemimpin Banyumas saat itu untuk membuka lereng Gunung Slamet yang masih berupa hutan belantara untuk dijadikan area perkebunan.

Saat  itu, Adipati Banyumas Raden Ranusentika, berupaya membuka hutan di Gunung Slamet namun gagal. Delapan bulan lamanya, pekerjaan yang dia lakukan untuk  membuka hutan berujung sia-sia karena pohon yang sudah ditebang, secara misterius bisa berdiri kembali saat keesokan harinya.

Baca Juga : Bupati Banjarnegara Ajak Masyarakat Tingkatkan Iman dan Jaga Kesehatan

Lalu Raden Ranusentika bersemedi di bawah curug. Dibawah curug itulah ia menemukan kerangka keris yang juga dinamakan pendok. Setelah memiliki keris itu, ia bisa melihat makhluk halus di hutan itu, salah satunya Dewi Intan sang penunggu hutan.

Sejak saat itulah, nama air terjun  tempat Raden Ranusentika, penguasa Banyumas, melakukan pertapaan  disebut sebagai Curug Cipendok.

Curug Cipendok ini berada di bawah wilayah otoritas Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur. Pengunjung yang datang dikenakan biaya masuk Rp6.000 per orang dan sudah termasuk biaya asuransi kecelakaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya