Kisah Pembuat Wayang Kertas Wirun Sukoharjo, Tetap Semangat meski Sepi Peminat

Perajin wayang kertas asal Wirun, Mojolaban, Sukoharjo, Mbah Brambang, tetap semangat menjadi perajin wayang kerta meski sudah sepuh dan peminat wayangnya kini sepi.

 Mbah Brambang, perajin wayang kertas asal Godean, Wirun, Mojolaban, terus berkarya meski kini wayang buatannya sepi peminat. Foto diambil Minggu (2/10/2022). (Solopos/Tiara Surya Madani)

SOLOPOS.COM - Mbah Brambang, perajin wayang kertas asal Godean, Wirun, Mojolaban, terus berkarya meski kini wayang buatannya sepi peminat. Foto diambil Minggu (2/10/2022). (Solopos/Tiara Surya Madani)

Solopos.com, SUKOHARJO — Mbah Brambang, perajin wayang kertas asal Godean, Wirun, Mojolaban, Sukoharjo, saat ini sudah berusia 80 tahun. Kendati begitu, semangatnya terus membara untuk membuat karya-karya yang menjadi keahliannya sejak muda.

Kakek-kakek bernama asli Merto Wirjo itu sudah menekuni kerajinan wayang kertas sebagai sumber penghasilan sejak 1966, saat kawasan Soloraya dilanda banjir besar. Dibandingkan dulu, penjualan wayang kertas Mbah Brambang memang sudah jauh menurun.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Terlebih setelah pandemi Covid-19. Wayang kertas bikinan Mbah Brambang kini sepi peminat. Sejumlah wisatawan baik lokal maupun mancanegara masih kerap datang ke tempat usaha Mbah Brambang, namun tidak semuanya membeli.

Ada yang datang ke tempat Mbah Brambang di Wirun, Sukoharjo, hanya untuk melihat proses pembuatan wayang kertas dan memotret.

“Saking Blitar, luar negeri saking Malaysia, Singapora, Korea, Hongkong, moto, yen remen nggih mundhut [Dari Blitar, luar negeri dadi Malaysia, Singapura  Korea, Hongkong, untuk memotret, kalau suka ya beli],” kata Mbah Brambang saat ditemui Solopos.com di kediamannya, Jumat (30/9/2022).

Baca Juga: Mantap! Kalahkan 1.200 UMKM, Suryoart Sukoharjo Jadi Suvenir Resmi KTT G20

Saat dikunjungi Solopos.com, Mbah Brambang sedang mengecat wayang kertas di meja dengan penerangan lampu tergantung di atasnya. Ia mengecat wayang menggunakan cat bubuk yang dicampur minyak.

“Keraton Solo kebanjiran kula sampun damel wayang [Keraton Solo kebanjiran saya sudah membuat wayang],” kata Mbah Brambang menceritakan kapan ia mulai menjadi perajin wayang kertas di Wirun, Sukoharjo.

Bahan Kertas Tahan Air

Ia mengatakan bahan dasar wayang menggunakan kertas wondertex yang tahan air. Selain itu, cat yang digunakan berbentuk bubuk.

Baca Juga: Jenazah KH Dian Nafi’ akan Dimakamkan di Kompleks Ponpes Al-Muayyad Windan

“Awetipun dingge praktek napa hiasan, nek dingge hiasan ya saknjekke awet nggur ditemplekke mawon [awetnya tergantung, buat praktik atau hiasan, kalau untuk hiasan pasti awet karena hanya ditempel],” lanjut Mbah Brambang.

Mbah Brambang mengaku saat ini kesulitan mencari bahan baku kertas untuk membuat wayang. Ia harus memesan kertas itu terlebih dahulu.

“Tumbase niki kula teng toko pun boten nyedep, lajeng ken pesen kalih toko, mengke dibelke pabrik [Belinya ini saya di toko sudah tidak menyediakan, harus pesan ke toko, nanti diteleponkan ke pabriknya],” lanjut Mbah Brambang.

Baca Juga: Pembangunan Jembatan Sasak Ketiga di Plumbon Sukoharjo Berlanjut

Harga wayang kertas yang dibuat perajin asal Wirun, Sukoharjo, itu berkisar Rp40.000 hingga Rp300.000. Harga tersebut tergantung ukuran. Mbah Brambang mengaku paling ingat pengunjung asal China yang pernah datang dan  memesan wayang dengan wajah putih.

Wisatawan paling kathah saking China, remen wayang sing raine putih, bangsane kera, Anoman niku remen [Wisatawan paling banyak dari China, suka wayang yang wajahnya putih, yaitu kera, seperti Anoman],” lanjut Mbah Brambang.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Layani Aduan Masyarakat, Polres Sukoharjo Berikan Pos Polisi Keliling

      Pos polisi keliling tersebut melayani aduan masyarakat seperti kehilangan barang, seperti kartu keluarga (KK), ATM, KTP, dan sebagainya.

      Daftar Agenda Donor Darah PMI Wonogiri Sepanjang Desember 2022

      PMI Wonogiri membuka pelayanan bagi warga yang ingin melakukan donor darah.

      Tak Hanya CFD, Sederet Agenda Tetap Jalan Meski Ada Pernikahan Kaesang di Solo

      Sejumlah agenda rutin maupun insidental tetap berlangsung meski ada acara tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Solo, Minggu (11/12/2022).

      Solopos Hari Ini: Siaran Analog Berhenti, STB Dicari

      Penghentian siaran televisi bersistem analog di wilayah Soloraya membuat set top box (STB) diburu.

      Beli Rp10.000 Dapat 1 Paket Sembako di Pasar Murah Sragen

      Program pasar murah dan kegiatan padat karya tersebut sengaja digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen sebagai amanat Peraturan Menteri Keuangan (PMK) untuk antisipasi dampak inflasi akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

      Wali Kota Gibran Pastikan Tak Libatkan Seniman Ibu Kota untuk Nikahan Kaesang

      Gibran mengklaim semua seniman Solo mulai, antara lain, musik dan tari-tarian ada. Informasi lengkap tentang panggung hiburan akan dilakukan dengan jumpa pers pekan ini.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 5 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Senin (5/12/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 5 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Senin (5/12/2022), bisa disimak di sini.

      Keluarga Presiden Bagikan Makanan bagi Penonton Kirab Nikah Kaesang di CFD Solo

      Keluarga Presiden Jokowi akan membagikan makanan dan suvenir saat kirab pernikahan Kaesang-Erina.

      Pilkades Antarwaktu di 2 Desa di Bulu Sukoharjo Kondusif, Ini Hasilnya

      Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sukoharjo Sigit Nugroho mengatakan pada 2022 pemilihan Kades Pengganti Antarwaktu telah digelar selama tiga kali.

      Inilah 15 Lokasi Parkir Mobil Tamu Undangan Pernikahan Kaesang-Erina di Solo

      Panitia menyiapkan 15 kantong parkir mobil tamu undangan saat pernikahan Kaesang-Erina di Solo.

      Ratusan Kamera CCTV Solo Smart City Awasi Potensi Gangguan Saat Nikahan Kaesang

      Petugas keamanan akan dibantu ratusan kamera CCTV Solo Smart City untuk mendukung pengamanan pelaksanaan pernikahan Kaesang-Erina di Solo.

      Kisah Pendiri Sardi Elektro di Boyolali, Penyandang Disabilitas Daksa Mandiri

      Penyandang disabilitas daksa di Boyolali, Sardi, berhasil mengajak para penyandang difabel untuk berkarya di bidang servis elektro.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Senin Ini: Hujan Lebat Siang

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Senin 5 Desember 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 5 Desember 2022, Hujan Petir

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Senin (5/12/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.