SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Kota Solo memiliki segudang tempat menarik yang mencuri perhatian. Seperti Lawang Buthulan di kawasan Baluwarti, Solo. Pintu kecil tersebut berada di sebelah barat kawasan Keraton Kasunanan Surakarta.

Keberadaan Lawang Buthulan viral berkat foto jepretan jurnalis Solopos, Ferri Setiawan, yang dibagikan pengelola akun Instagram @visitsurakarta dan @jelajahsolo, Selasa (23/4/2019). Foto tersebut memperlihatkan seorang pria yang mengendarai sepeda motor keluar dari Lawang Buthulan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lawang Buthulan merupakan jalan pintas bagi warga Kampung Baluwarti yang hendak menuju ke jalan raya. Lawang Buthulan menghubungkan Kampung Baluwarti dengan Jalan Reksoniten di kawasan Gajahan, Solo.

Ekspedisi Mudik 2024

Pengelola akun Instagram @visitsurakarta bertanya kepada netizen apakah pernah melewati Lawang Buthulan. Ternyata, keberadaan Lawang Buthulan sudah sangat familiar di kalangan masyarakat Kota Solo.

“Pernahkah kamu lewat pintu ini? Ya, ini Lawang Buthulan Baluwarti (kawasan Keraton Surakarta paling barat). Perlu ekstra fokus buat lewat pintu ini. Karena pintu langsung ke jalanan besar yang ramai. Pokoknya ngati-ati. Kalau lewat sini enggak usah terburu-buru ya,” tulis @visitsurakarta yang dibanjiri komentar netizen.

Pernah pas lagi macet. Lupa karena apa, terus jalannya diarahkan ke situ,” komentar @amandaarahma_.

Walaupun aku sudah hampir dua tahun di Manado, tapi aku masih ingat jalan ini. Kalau enggak salah, ini jalan arah mau ke Sri Rejeki kan?” tanya @pratamaadjie94.

Sudah pernah kejedit di sana aku,” terang @makaronibonju.

Malam-malam bonceng lewat situ, helmku tersangkut. Autopusing di kepala,” imbuh @bimo_pandhe.

Sejarah dibuatnya pintu butulan karena banjir besar Solo tahun 1996 untuk evakuasi korban dari dalam tembok,” imbuh @marsanto2303.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya