SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KARANGANYAR — Gedung berwana peach di Jl. Lawu timur Terminal Karangpandan, Karanganyar, ini menyimpan cerita sejarah bagi warga di enam kecamatan. Bagaimana tidak? Di gedung inilah, pemimpin kawedanan (wedana) Karangpandan dulunya berkantor.

Wedana merupakan pembantu bupati yang memimpin beberapa camat. Karanganyar pada masa penjajahan Belanda dibagi menjadi tiga wilayah kawedanan yaitu Kawedanan Karanganyar, Kawedanan Karangpandan, dan Kawedanan Jumapolo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Setelah proklamasi, Karanganyar bertambah satu wilayah kawedanan yaitu Kawedanan Wonoharjo. Salah satu mantan pegawai Kawedanan Karangpandan, Soekarno, 71, menjelaskan Kawedanan Karangpandan membawahi enam kecamatan yaitu, Kecamatan Karangpandan, Kecamatan Matesih, Kecamatan Tawangmangu, Kecamatan Ngargoyoso, Kecamatan Jenawi, dan Kecamatan Kerjo.

“Saya bekerja di kantor Kawedanan Karangpandan sejak 1970. Saya tidak tahu persis sejarah bangunan tersebut. Mungkin dulu rumah milik Mangkunegaran. Kemudian, oleh pemerintah dijadikan sebagai rumah dinas dan kantor. Tidak perlu membuat gedung baru untuk kantor Wedana,” katanya kepada Solopos.com saat ditemui di rumahnya, Jumat (22/3/2019).

Pada 1970, Wedana Karangpandan dibantu enam pegawai yaitu kepala kantor, bidang pemerintahan, juru bayar, bagian surat, pelayanan, dan penjaga malam. Selama 30 tahun Karno bertugas di kantor tersebut, sudah ada 10 kali pergantian wedana dan penambahan pegawai.

Di kompleks tersebut, terdapat satu rumah dinas. Di timur rumah dinas berdiri bangunan musala baru. Berjalan ke sisi barat rumah, terdengar aliran air irigasi yang tertutup beton.

Di sisi barat rumah dinas, terdapat pendapa dan kantor. Sisi paling barat, ada satu kolam. Rumah dan kantor tertutup rapat sehingga Solopos.com tidak bisa masuk.

“Dulu bangunan hanya rumah dinas, garasi, pendapa, kantor, dan kolam. Musala dibangun dinas pariwisata. Wedana dan keluarga tinggal di rumah tersebut. Kolam tidak seperti sekarang, sekarang kolamnya kecil. Pagar hanya terbuat dari bambu dan banyak pohon besar,”kata dia.

Dia menjelaskan rumah dinas wedana itu terdiri atas enam ruangan, yaitu satu kantor wedana, tiga kamar tidur, satu ruangan perkakas, dan satu kamar kosong. Dia mengatakan kamar kosong tersebut tidak dipakai karena konon memiliki cerita mistis.

“Orang tidak boleh tidur di ruangan itu. Kalau ada yang berani tidur di kamar tersebut, secara tidak sadar dia berpindah tempat,” kata dia.

Karno menjelaskan sejak 1975 kantor camat dipindahkan ke wilayah masing-masing. Kantor pembantu bupati masih beroperasi hingga dilikuidasi pada 2000. Seluruh pegawai dipindahkan ke kantor dinas.

Dia menjelaskan pada 2002 kantor kawedanan disewakan kepada Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah selama 10 tahun. Kini, kantor kawadenan tidak dipakai. Pedagang sekitar terminal memanfaatkan teras bangunan untuk menyimpan meja dan kursi.

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar sebagai pengelola bangunan berencana menjadikan bangunan itu sebagai rumah kreatif Karanganyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya