SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Pernahkah Anda menemukan uang yang jatuh di jalan? Jika pernah, apa yang Anda lakukan dengan uang tersebut? Mengambil atau malah membiarkannya? Sebagian orang Jawa tidak berani mengambil uang tersebut karena khawatir sejenis duit basangan.

Duit basangan adalah uang yang sengaja diletakkan di suatu tempat untuk tujuan tertentu. Istilah duit basangan viral berkat kisah unik yang dibagikan pengelola akun Instagram @jelajahsolo, Selasa (23/4/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Administrator akun @jelajahsolo mengunggah foto uang kertas pecahan Rp5.000 yang ditemukan di sekitar tempat wisata Karanganyar. Dia tidak berani mengambil karena khawatir uang itu sengaja diletakkan sebagai sesaji.

Kamu masih percaya duit basangan gan? Ini tadi … ada uang Rp5.000 tergeletak. Enggak tahu punya siapa. Sudah sepi, malah takut aku. Enggak berani mengambil. Semoga itu uang yang benar-benar jatuh. Biar dapat ganti lebih banyak untuk yang kehilangan,” terang administrator @jelajahsolo.

Foto tersebut langsung viral dan menuai beragam komentar netizen. Sejumlah netizen menceritakan pengalaman mereka menemukan uang seperti itu. “Aku pernah min menemukan di pantai. Tak langkahi dulu tiga kali, baru kuambil. Lumayan untuk tambahan beli bensin,” komentar @kadosmekaten.

Basangan yang memasang pelaku pesugihan. Untuk cari tumbal. Iya enggak sih?” tanya @oviee.nrm.

Basangan kok cuma Rp5.000 min. Biasanya merah-merah. Ini kok cuma Rp5.000, duit loegor itu, wkwkw,” kelakar @_candraade_.

Diambil, terus dimasukkan ke kotak amal di masjid. Siapa tahu yang mbasangi kejet-kejet,” lanjut @itafatma. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya