SOLOPOS.COM - Panorama Kota Semarang dipandang dari Bukit Gombel (Twitter.com)

Kisah tempat misteriun dari Kota Semarang, bukan melulu terkait Lawang Sewu…

Semarangpos.com, SEMARANG – Kisah tempat misterius nan angker di Kota Semarang biasanya tak lepas dari Lawang Sewu di tepian bundaran Tugu Muda. Bangunan lawas tersebut, selain terkenal dengan keindahan arsitektur, juga kondang didesas-desuskan karena keangkerannya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Nyatanya, selain Lawang Sewu, masih ada beberapa tempat angker pemicu kisah misteri lain di Kota Atlas. Berikut ini hasil penelusuran Semarangpos.com terkait beberapa tempat angker di Kota Semarang selain Lawang Sewu.

Rumah Abraham Fletterman

Ekspedisi Mudik 2024
Tampak depan rumah Abraham Fletterman.(tempat angker.com)

Tampak depan rumah Abraham Fletterman.(tempat angker.com)

Berlokasi di Jl. Veteran Kota Semarang, rumah tua yang sudah lama tak dihuni ini memiliki arsitekstur khas bangunan peninggalan zaman Kolonial Belanda. Rumah tua ini juga makin terlihat angker setelah terbengkalai dalam waktu yang lama.

Sebagaimana dikutip Semarangpos.com dari tempatangker.com, rumah milik Abraham Fletterman ini pernah dijadikan lokasi film Beranak dalam Kubur yang dibintangi legenda horor Indonesia, Suzzana. Hipwee Travel yang beralamat di www.hipwee.com juga mencatat kisah misteri terkait rumah tua itu.

“Enggak sedikit warga yang mengaku pernah punya pengalaman mistis saat melintas di dekat bangunan ini. Salah satunya adalah penampakan perempuan berambut panjang yang mondar-mandir di sekitar halaman rumah,” tulis pengelola Hipwee Travel.

Gedung Marabunta

Tampak depan Gedung Marabunta (klikhotel.com)

Tampak depan Gedung Marabunta (klikhotel.com)

Gedung Marabunta di kawasan Kota Lama Semarang ini awalnya bernama Schouwburg. Ciri khas gedung ini mempunyai patung semut raksasa di atapnya. Arti Marabunta sendiri memang berarti semut merah yang besar.

Dikutip Semarangpos.com dari travelinghematnusantara.wordpress.com, konon di gedung yang saat ini disewakan untuk acara resepsi pernikahan ini, kerap terlihat penampakan wanita bule yang menari-nari di lantai dansa.

SMA Negeri 1 Semarang

Kompleks SMA Negeri 1 Semarang (sman1-smg.sch.id)

Kompleks SMA Negeri 1 Semarang (sman1-smg.sch.id)

Salah satu sekolah negeri di Kota Semarang, SMA Negeri 1, juga sejak lama terkenal dengan keangkerannya. SMA Negeri 1 Semarang memang menggunakan bangunan peninggalan pemerintah Kolonial Belanda. Mengingat tuanya usia bangunan tersebut, tak heran banyak pula kisah misteri yang dikaitkan dengan SMAN 1 Semarang ini.

Sebagaimana dilansir slamsr.com, lokasi yang sering dianggap angker di SMAN 1 Semaramng itu antara lain aula besar, aula kecil, area bekas kolam renang, ruang kesenian, lantai II gedung sayap kanan, dan pohon besar di belakang lapangan sepak bola. Tak sedikit kisah misteri terkait lokasi-lokasi itu yang dituturkan warga sekolah. Pernah beredar rumor terlihat beberapa sosok pria dan wanita Belanda yang seakan-akan mengadakan pesta saat malam hari.

TPU Bergota

Suasana TPU Bergota Kota Semarang (segiempat.com)

Suasana TPU Bergota Kota Semarang (segiempat.com)

Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bergota sudah sangat terkenal keangkerannya di antara warga Kota Semarang. Tempat pemakaman ini terletak di Jl. Kyai Saleh, Randusari, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Banyak pula kisah misteri yang dikaitkan dengan nama makam Bergota ini.

Sebagaimana dilansir segiempat.com, salah satu kisah misteri yang cukup melegenda di kompleks permakaman di Jl. Kiai Saleh ini adalah teror dari tiga sosok kuntilanak yang sering menyesatkan orang yang melintas di dekat TPU Bergota. Kabarnya, kisah mistis tersebut pun dibenarkan oleh salah seorang pedagang nasi yang berada tak jauh dari lokasi kuburan.

Bukit Gombel

Warga menyaksikan dua bus yang terguling setelah mengalami kecelakaan beruntun di turunan Gombel, Kota Semarang, Jateng, Jumat (2/8/2013). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Warga menyaksikan dua bus yang terguling setelah mengalami kecelakaan beruntun di turunan Gombel, Kota Semarang, Jateng, Jumat (2/8/2013). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Panorama malam Kota Semarang paling sedap dipandang mata jika dinikmati dari ketinggian Bukit Gombel. Namun, di balik keindahan Bukit Gombel, sederet kisah misteri mengikutinya. Nama “Gombel” sendiri dalam khazanah memedi Jawa tak bisa dipisahkan dari wewe Gombel. [KLIK DI SINI untuk Mengenal Wewe]

Tanjakan Gombel yang terletak di antara Jatingaleh dan Banyumanik dikenal warga sebagai lokasi rawan kecelakaan lalu lintas. Hipwee Travel yang beralamat di www.hipwee.com mencatat keyakinan sebagian khalayak bahwa wewe Gombel sering mengganggu pengemudi yang melintas dan menyebabkan kecelakaan. Mereka sering menampakkan diri karena merasa rumahnya diganggu oleh kegiatan manusia. [KLIK DI SINI untuk Mengenal Memedi Jawa]



Kisah misteri dengan tokoh utama wewe dan genderuwo itu juga dikaitkan dengan bangkrutnya sebagian hotel dan restoran yang dibangun di seputaran Bukit Gombel. Bahkan Hotel Sky Garden yang kini mangkrak disebut-sebut sebagai sarang memedi-memedi Jawa itu. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya