Tutup Iklan

Kisah Misteri Pabrik Karet Mijen, Ada Kuntilanak - Kelabang Raksasa

Dibalik fenomena misteri yang ada di pabrik tersebut, terdapat keindahan yang diusuguhkan, mulai dari bangunan era kolonialisme dan hamparan hutan pohon karet yang indah.

 Kafe dengan konsep horor. (Tiktok)

SOLOPOS.COM - Kafe dengan konsep horor. (Tiktok)

Solopos.com, SEMARANG — Bangunan tua memang selalu identik dengan hal yang berbau mistis. Seperti bangunan pabrik karet peninggalan Belanda milik PT. Karya Deka Alam Lestari, di kawasan Jatisari, Kecamatan Mijen, di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Bangunan ini sudah ada sejak 1928 dan konon banyak sekali menyimpan cerita seram yang hingga sekarang masih membuat merinding, khususnya bagi para karyawan pabrik hingga warga sekitar yang melintasi kawasan tersebut.

Dilansir dari laman Instagram @aslisemarang, Kamis (21/10/2021), seorang karyawan pabrik setempat bernama Amin Siswoto mengatakan banyak kejadian menyeramkan yang terjadi di kawasan pabrik. Seperti kemunculan secara misterius anak kecil yang bermain di dalam pabrik hingga mesin penggiling yang hidup sendiri. Sering juga muncul sosok hantu kuntilanak namun kemunculan mahkluk tak kasat mata ini sering terjadi pada perang atau malam hari.

Baca Juga: Indahnya Bendungan Wadaslintang, Dijuluki Mini Danau Toba Gaes

Hal senada juga dikatakan oleh satpam pabrik, Budi Hermansyah, yang mengatakan sosok kuntilanak penunggu pabrik memang sudah tidak lagi asing di telinganya. Dia mengaku secara pribadi mengalami pengalaman dengan kuntilanak tersebut, seperti; suka dijahili dan kadang saat dia tidur, sering didorong-dorong. Bahkan kuntilanak itu sering duduk-duduk sambil menatap Budi.

Selain kemunculan hantu kunti, masih banyak cerita mistis lainnya, seperti kemunculan binatang aneh jenis kelabang yang berukuran besar, hingga  suara-suara tangis yang misterius. Hingga berita ni ditulis, belum ada sumber yang kuat terkait kisah dibalik kemunculan mahkluk-mahkluk astral ini.

Kendati demikian, kawasan pabrik karet tersebut cukup menyenangkan untuk dikunjungi saat pagi hingga siang hari karena tempat ini memiliki udara yang sejuk dan hamparan perkebunan karet yang indah ditambah suasana kolonial yang eksotis dari bangunan pabrik.

Baca Juga: Pesona Wisata Rumah Pohon Hits di Brebes

Dihimpun dari berbagai sumber, lokasi Pabrik Karet Mijen ini berada di Desa Jatisari, Kecamatan Mijen. Di balik fenomena misteri yang ada di pabrik tersebut, terdapat keindahan yang diusuguhkan, mulai dari bangunan era kolonialisme dan hamparan hutan pohon karet yang indah. Karena pesonanya inilah, Pabrik Karet Mijen menjadi salah satu destinasi wisata sejarah dan agrowisata.

Saat berada di tempat ini, pengunjung bisa melihat langsung bagaimana proses pengolahan  karet dari bahan mentah hingga menjadi produk jadi. Dikemas dalam satu paket, program wisata di Pabrik Karet Mijen ini bersifat edutaintment, yaitu memberi wawasan sekaligus hiburan.

Salah satu program edukasi lainnya adalah pengenalan teknologi yang digunakan dalam proses pengolahan getah karet menjadi bahan dasar karet, selain itu juga diberikan sosialisasi akan pentingnya menjaga kelestarian alam.


Berita Terkait

Espos Plus

Mengenal Prawirodigdoyo, Sosok Penunggang Kuda di Simpang 4 Karanggede

+ PLUS Mengenal Prawirodigdoyo, Sosok Penunggang Kuda di Simpang 4 Karanggede

Kebanyakan warga salah kaprah dengan menganggap patung penunggang kuda di simpang empat Karanggede Boyolali adalah Pangeran Diponegoro, padahal sosok penunggang kuda itu adalah Raden Tumenggung Prawirodigdoyo.

Berita Terkini

Innalillahi! Bus Rombongan Warga Toroh Grobogan Nyemplung ke Sungai

Bus rombongan warga Desa Genengadal, Kecamatan Toroh terguling dan masuk sungai di Desa Jeketro, Kecamatan Gubug, Grobogan.

Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Bus Sudiro di Tol Semarang-Solo

Bus PO Sudiro Tungga Jaya jurusan Jakarta-Yogyakarta mengalami kebakaran di tol Semarang-Solo, Bergas, Kabupaten Semarang.

Angkut 30 Penumpang, Bus Sudiro Tunggal Kebakaran di Tol Semarang-Solo

Gangguan mesin menyebabkan bus PO Sudiro Tunggal mengalami kebakaran saat melintasi tol Semarang-Solo, tepatnya di Kabupaten Semarang.

PLN Bagikan Gerobak Molis kepada UKM Jateng, Dorong Produktivitas Usaha

PLN memberikan bantuan gerobak motor listrik (molis) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada pelaku UKM di Jateng untuk meningkatkan produktivitas usaha.

Polres Kudus Gerebek Tempat Produksi Minuman Keras Jenis Arak

Jajaran Polres Kudus menggerebek tempat produksi minuman keras atau miras di sebuah gudang, di Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus.

Sidak Wali Kota Semarang Viral, Warganet Ramai Ikutan Usul Ini

Unggahan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat melakukan sidak di Kantor Kelurahan Bulusan, di akun instagram pribadinya mendadak viral.

Sejarah Vihara Buddhagaya Semarang

Vihara Buddhagaya di Semarang, Jawa Tengah, memiliki sejarah panjang karena didirikan sejak 500 tahun lalu, tepatnya saat keruntuhan Majapahit.

Indahnya Sunrise di Taman Posong Lereng Sindoro Temanggung

Wilayah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, memiliki pesona wisata alam yang indah dan masih baru seperti Taman Posong.

Wisata Makam Apung di Pantai Sayung, Tak Tersentuh Air Laut

Demak memiliki objek wisata religi berupa makam apung milik Mbah Mudzakir yang konon tidak pernah terendam air laut meski terjadi gelombang tinggi.

Tragedi Berdarah! 5 Warga Slawi Tewas Diracun Dukun Pengganda Uang

Kisah tragis kali ini tentang tragedi berdarah yang merenggut lima nyawa warga Slawi akibat ulah dukun pengganda uang.

Banyak Tambang Ilegal di Merapi Rusak Lingkungan, Ganjar Pranowo Pusing

Gubernur Ganjar Pranowo meminta pemerintah pusat tidak sembarangan menerbitkan izin usaha penambangan karena banyak yang merusak lingkungan dan membuatnya pusing.

Kontroversi Gelar Kartini, Mestinya R. Ay Bukan RA, Begini Ceritanya

Gelar RA yang disematkan kepada Kartini sebagai tokoh emansipasi wanita di Indonesia kurang tepat, karena dalam budaya Jawa gelar Kartini mestinya R.Ay.

Wisata Seru ke Wonosobo: Romantis, Eksotis & Magis

Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, memiliki sederet objek wisata alam yang romantis, eksotis, dan magis.

Daun Talas asal Jateng Diminati Pasar Luar Negeri, Ini Manfaatnya

Komoditas pertanian dan perkebunan asal Jawa Tengah atau Jateng, daun talas beneng, mulai diminati pasar luar negeri salah satunya Australia.

Angin Kencang Terjang Parakan Temanggung, Belasan Rumah Rusak

Bencana angin kencang atau puting beliung menerjang belasan rumah warga di Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Jateng).

Bupati Grobogan Resmikan Proyek Program PISEW dan Kotaku 2021

Program PISEW dan Kotaku di Grobogan ini anggarannya berasal dari Kementerian PUPR dengan total anggaran Rp17,8 miliar.