Bagian dari makam Paser yang menggambarkan kehidupan setelah kematian (dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Sebuah temuan makam berusia 3.100 tahun dari utusan kerajaan Mesir Kuno bernama Paser mengungkapkan kepercayaan masyarakat Mesir Kuno tentang kehidupan setelah kematian. Orang Mesir kuno percaya, setelah orang meninggal, bagian dari jiwa mereka akan memasuki kehidupan setelah kematian.

Terungkapnya fakta ini tak lepas dari penemuan makam yang dipercaya berasal dari tahun 1.100 SM di Saqqara, yang ditemukan sekitar 30 km dari selatan Kota Kairo, Mesir. Setelah diteliti makam tersebut ternyata merupakan milik tentara atau utusan kerajaan luar negeri Mesir kuno yang bernama Paser.

Dilansir Daily Mail, Jumat (9/5/2015), jika dilihat dari namanya, peneliti menganggap orang tersebut memiliki pangkat yang tinggi di kerajaan Mesir kuno. Makamnya terbilang memiliki arsitektur yang sangat rumit dengan dekorasi warna biru terang yang mahal.

Berukuran panjang 12 m dan lebar 6 m, makam ini ditemukan dengan beberapa prasasti yang berisi tentang kehidupan setelah kematian. Salah satu panel menggambarkan Dewa Osiris dengan tokoh-tokoh lain dengan benda kesayangan mereka untuk bekal mereka di kehidupan kekal setelah kematian.

Profesor Eyres, salah seorang peneliti dari Universitas Kairo, Mesir menjelaskan dinding makam merupakan penemuan yang menajubkan. Stuktur yang ditemukan satu sama lain akan membawa pada satu periode yang sama dengan penggalian sebelumnya.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten