SOLOPOS.COM - Lawang Sewu. (Instagram-@abednego.wibowo21)

Kisah misteri dari Lawang Sewu, Kota Semarang membuat bulu kuduk merinding.

Semarangpos.com, SEMARANG – Lawang Sewu adalah salah satu bangunan bersejarah di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) yang masih berdiri kokoh. Kini, bangunan yang dahulu digunakan sebagai kantor perusahaan kereta api pada masa kolonial Belanda itu telah menjadi museum dan kerap dijadikan destinasi favoriot wisatawan yang berkunjung ke Kota Atlas.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Namun, di balik kemegahan bangunan dan catatan sejarah yang tersimpan di Lawang Sewu, beredar kisah misteri terkait bangunan itu di tengah masyarakat. Kisah misteri tersebut dianggap dapat membuat bulu kuduk merinding. Berikut kisah misteri di Lawang Sewu yang dihimpun Semarangpos.com dari berbagai sumber:

Penampakan Serdadu Belanda
Wujud hantu Lawang Sewu yang sering terlihat adalah para serdadu Belanda dengan senjata laras panjang. Biasanya, kemunculan mereka diawali embusan angin yang lumayan kencang disertai bau kemenyan dan bau anyir darah yang menyengat.

Dikutip Semarangpos.com dari Wowasiknya.com, petugas yang berjaga di Lawang Sewu memaparkan hantu serdadu Belanda itu kerap menampakkan diri di pintu bagian depan Lawang Sewu sebelah timur dan barat. Kisah misteri hantu serdadu Belanda adalah salah satu kisah populer tentang misteri Lawang Sewu yang beredar di masyarakat.

Suara Orang Mengaji
Kisah misteri di luar nalar manusia lainnya adalah suara orang mengaji di ruang bawah tanah Lawang Sewu. Dikabarkan Duniabaca.com, di ruang bawah tanah seakan ada suara banyak orang yang sedang menggelar pengajian.

Namun penulis di Duniabaca.com tak berani memastikan apakah itu benar suara pengajian atau hanya suara yang samar terdengar. Yang jelas, terdengar seperti suara dari banyak orang.

Kuntilanak Bawah Tanah
Kisah misteri tentang kuntilanak bawah tanah di Lawang Sewu adalah salah satu kisah misteri paling populer yang beredar di tengah masyarakat. Pasalnya, beberapa tahun silam ada acara uji nyali di salah satu stasiun televisi nasional yang dianggap berhasil merekam penampakan kuntilanak dai ruang bawah tanah Lawang Sewu.

Dikabarkan Tabloidwisata.com, hantu kuntilanak bukan hanya kerap terlihat di ruang bawah tanah. Kuntilanak di Lawang Sewu juga kerap terlihat di lokasi lain seperti di dekat sumur tua tak jauh dari gedung Lawang Sewu.

Aroma di Penjara Berdiri
Para penjaga Lawang Sewu memaparkan bahwa ruangan bawah tanah di Lawang Sewu dijadikan lokasi penyiksaan saat Jepang menduduki Indonesia. Salah satu ruangan di ruang bawah tanah adalah penjara berdiri yang luasnya tak sampai 1 m2.

Dikabarkan Wowasiknya.com, di penjara berdiri ini kerap tercium aroma anyir seperti aroma darah. Bahkan aroma itu makin menyengat ketika malam tiba.

Suara Teriakan
Sumur tua yang berada di halaman depan Lawang Sewu dikabarkan juga memiliki kisah misteri. Sumur tersebut selalu tertutup dan terkunci rapat. Wowasiknya.com menjelaskan bahwa sumur tersebut tak pernah dibuka sama sekali.

Konon katanya, dari dalam sumur tersebut kerap terdengar teriakan seperti suara orang yang sedang tersiksa dan kesakitan. Kabarnya, banyak tentara Belanda yang dahulu dieksekusi mati oleh tentara Jepang dengan disembelih dan dibuang di sumur tersebut.

Bagaimana? Cukup menyeramkan bukan kisah misteri tentang Lawang Sewu? Terlepas dari benar atau tidak kisah tersebut, bangunan Lawang Sewu memang terkenal dengan kisah misterinya. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya