SOLOPOS.COM - Galaksi Bima Sakti (JIBI/Solopos/Reuters)

Solopos.com, TEXAS–Keberadaan alien masih menjad imisteri. Para ilmuan meyakini alien menghuni salam satu planet di Galaksi Bima Sakti. Ilmuwan meyakini sekitar 100 juta planet di galaksi Bima Sakti mempunyai syarat ideal adanya kehidupan.

Masing-masing planet di galaksi Bima Sakti dipenuhi dengan bentuk kehidupan kompleks yang memungkinkan makhluk hidup mendiami planet tersebut.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

“Hal tersebut memungkinkan pertemuan manusia dengan alien dalam di masa yang akan datang,” ungkap seorang profesor dari Universitas Texas, Louis Irwin seperti dilansir dari laman berita rt.com Selasa (3/6/2014).

“Tampaknya sangat tidak mungkin bahwa kita sendirian di alam semesta ini,” imbuhnya.

Tim peneliti tiba pada kesimpulan setelah memeriksa lebih dari 1.000 eksoplanet terkait karakteristik tertentu seperti usia, komposisi kimia, kepadatan, suhu dan jarak dari bintang induknya.

Dari informasi yang tersedia, tim mengukur indeks kompleksitas biologis (BCI) yang berkisar antara 0 sampai 1,0. Indeks ditentukan oleh jumlah dan tingkat karakteristik penting untuk mendukung berbagai bentuk kehidupan multisel.

“Planet dengan nilai BCI tertinggi cenderung lebih besar, lebih hangat, dan lebih tua dari Bumi,” tambah Irwin.

“Ini merupakan estimasi kuantitatif pertama jumlah dunia di galaksi kita yang bisa menopang kehidupan makhluk hidup selain mikroba,” kata Irwin .

Hambatan utama bagi para astronom dalam membuktikan teori mereka adalah jarak yang jauh antara Bumi dan planet lain. Paling dekat adalah dengan Gliese 581 yaitu 20 tahun cahaya. Satu tahun cahaya adalah jarak yang diperlukan seberkas cahaya berjalan dalam satu tahun.

Para peneliti sepakat dengan keyakinan ada semacam bentuk kehidupan alien di suatu tempat di galaksi Bima Sakti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya