SOLOPOS.COM - Ilustrasi hantu wanita berambut panjang (Liputan6)

Solopos.com, SOLO — Universitas Sebelas Maret (UNS) di Kota Solo, Jawa Tengah memang cukup kondang sebagai salah satu perguruan tinggi negeri terbaik. Namun, kampus UNS Solo ternyata juga menyimpan sejumlah kisah misteri.

Dilaporkan dalam video di saluran Youtube Untold Story pada Kamis (16/07/2020), terdapat seorang narasumber bernama Yonathan yang merupakan mahasiswa Fakultas Hukum UNS Solo. Ia menceritakan pengalaman pribadinya saat menempuh bangku perkuliahan di UNS Solo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Fakultas Hukum UNS Solo memiliki tiga gedung, yaitu gedung I yang difungsikan sebagai tempat kuliah S1, gedung II yang digunakan untuk mahasiswa pascasarjana, notaris, dan pendidikan advokat, serta gedung III yang digunakan untuk ruang aula dan tempat perkuliahan jenjang D-4 Demografi dan Pencatatan Sipil.

Yonathan menceritakan bahwa wilayah UNS Solo sebelumnya merupakan sebuah makam yang masih satu kompleks dengan Kuburan Mojo. Cerita sejarah tersebut ia dapatkan dari ayahnya yang merupakan warga asli Solo.

“Jadi UNS dulu adalah bekas makam. Ini bukan seperti cerita-cerita yang biasa orang-orang sebutin. Ah pasti sebuah sekolah itu bekas rumah sakit, bekas makam, ini benar-benar makam,” jelasnya.

4 Hari Isolasi, Wawali Solo Achmad Purnomo Sehat, Sempat Berenang dan Dede

Menurut Yonathan, dengan latar belakang bekas makam bisa memicu timbulnya kisah misteri di UNS Solo. Yonathan memiliki dua pengalaman yang tidak mengenakan saat menempuh perkuliahan di Fakultas Hukum UNS Solo.

Diintip Sosok Anak Kecil

Pengalaman pertamaya yaitu saat ia mengikuti lomba yang di selenggarakan oleh Fakultas Hukum. Ia melakukan pemberkasan lomba pada malam hari. Suasana saat itu ramai, namun orang-orang menyebar sehingga tidak terpusat di satu tempat.

Positif Covid-19, Aktivitas Wawali Solo Purnomo Selama Isolasi Mandiri di Paviliun: Baca Berita & Nonton Film

Saat itu, ia duduk bersama temannya di anak tangga yang menuju ke lantai ketiga pada gedung III yang masih dalam proses pembangunan. Akibat terlalu lama mengetik berkas di depan komputer jinjing, ia merasa matanya pedas. Kemudian ia menyederkan badannya dan tiba-tiba melihat seperti anak kecil mengintip dari lantai ketiga.

“Terus tiba-tiba lihat diatas begitu ada kayak anak kecil jadi enggak semua dia tampakkan semua, jadi kayak tangan [anak kecil] begini [mengintip],” terang Yonathan.

Yonathan yang merasa takut kemudian mendengarkan lagu untuk menghilangkan perasaan takutnya.

Diganggu Genderuwo

Kisah misteri kedua Yonathan di UNS Solo terjadi saat ia melakukan pemberkasan di kelas paling timur pada lantai II. Yonathan ditemani dua orang, yaitu Ani dan Mawar.

Tiba-tiba, jendela bergerak sendiri, setelah dicek tidak ada angin yang berembus. Kemudian ia mengajak kedua temannya untuk pindah tempat karena merasa hawa yang tidak enak.

Pada akhirnya, mereka pindah di anak tangga pada lantai tersebut. Ia mengaku melihat sosok genderuwo.

“Pindah ke tengah itu yang ada anak tangganya, katanya di situ ada kayak genderuwo jadi iseng memang mainin jendela,” terang Yonathan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya