SOLOPOS.COM - Fallstreak hole di Kalifornia, AS (dailymail.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Kisah misteri ini terjadi di Amerika Serikat. Sebuah foto awan berlubang di Kalifornia, Amerika Serikat menimbulkan tanda tanya besar bagi sebagian masyarakat. Berbagai spekulasi dan pertanyaan kini menjadi perbincangan hangat para pengguna akun media sosial di Amerika Serikat. Lalu, apakah sebenarnya fenomena tersebut?

Dalam sebuah foto yang tersebar di situs jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, dan Instagram menujukkan sebuah lubang cerah tampak di atas awan Stockton, Kalifornia, Jumat (9/5/2015) lalu. Beberapa di antara mereka percaya fenomena tersebut disebabkan karena hadirnya pesawat dari makhluk luar angkasa atau UFO.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tapi menurut penjelasan ilmiah lubang tersebut merupakan fenomena fallstreak hole atau lubang awan. Secara ilmiah lubang di awan tersebut disebabkan oleh formasi awan yang berbentuk lingkaran di mana terdapat celah lubang di tengah. Lubang tersebut terbentuk saat suhu air di awan berada di bawah titik beku, namun yang terjadi adalah sebeliknya, air tak bisa membeku karena kurangnya partikel nukleasi.

Beberapa ilmuwan beranggapan fallstreak hole bisa juga disebabkan karena efek pesawat terbang. Saat pesawat terbang melintas hal ini dapat menyebabkan proses penguapan dan menciptakan lubang.

Dilansir Daily Mail, Selasa (13/5/2015), fenomena serupa pernah terjadi pada tahun 2010 lalu dan sempat mencuatkan berbagai spekulasi dari masyarakat.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya