SOLOPOS.COM - Ilustrasi perubahan warna bulan (spaceweather.com)

Kisah misteri astronot NASA yang tidak sengaja merekam adanya suara musik dari beberapa planet bahkan bulan.

Solopos.com, SOLO — Satelit alami Bumi, Bulan, selalu menampakkan satu sisi wajahnya. Bagian gelap bulan seakan menyembunyikan berbagai kisah misteri yang sangat menarik untuk dibahas.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebagaimana dikutip dari IBTimes, Rabu (24/2/2016), salah satu kisah misteri yang pernah dirasakan astronaut pertama yang datang ke Bulan adalah adanya suara musik yang terdengar dari headset.

Suara yang didengar ini berhasil direkam oleh tiga astronaut yang mendengarkan suara mirip musik. Tiga astronaut itu secara tidak sengaja merekam suara musik di Bulan saat menggunakan Apollo 10 yang diluncurkan pada 1969 lalu.

Dua bulan sebelum Apollo 10 mendaratkan dua astronaut di Bulan, para awak Apollo 10 yang terdiri dari ketua Apollo 10, Thomas P. Stafford, Pilot utama John W. Young, co-pilot, Eugene A. Cernan, memasuki bagian gelap Bulan yang disebut dress rehearsal.

Dalam melakukan pendaratan, Apollo 10 diharuskan melintas selama satu jam untuk melewati sisi gelap bulan, dan bagian itu tidak bisa menerima komunikasi dari Bumi. Selama para astronaut berada dalam titik buta komunikasi, mereka mendengar suara mirip seperti siulan yang berasal dari transkrip yang tak dikenal.

Kisah misteri munculnya suara ini sudah dirahasiakan selama 40 tahun, namun saat ini suara dan berita itu sudah dipublikasikan pihak NASA pada stasiun siaran ilmiah milik NASA dengan nama Nasa’s Unexplained Files.

Suara musik misterius yang didengar para astronaut berlangsung selama satu jam penuh saat komunikasi mereka terputus dari NASA. Saat itu transkrip dari misi menangkap rekaman percakapan dari tiga asteroid yang membahas suara tersebut, sayangnya tidak diketahui siapa yang berbicara.

Salah satu awak Apollo 10 mengatakan “ kamu dengar suara itu enggak? Suara siulan itu?! Whooooooooo!”

“Suaranya mirip seperti, seperti, suara musik ruang angkasa,” sahut salah satu awak lainnya.

“Rasanya, suara itu kok aneh ya,” ujar salah satu awak setelah sempat sunyi selama beberapa menit.

“Enggak akan ada yang percaya dengan apa yang kita dengar,” balas teman lainnya.

Saat mengetahui rekaman ini, astronaut dari Apollo 15, Al Worden menyebutkan kecurigaannya. “Para awak Apollo 10 sepertinya sudah terbiasa dengan suara itu. Apabila memang benar ada suara yang terekam, berarti ada sesuatu di sana,” ujarnya.

Satu-satunya alasan yang masuk akal adalah adanya kandungan magnet di suatu tempat, atau gesekan atmosfer dengan jaringan radio. Tetapi para ahli NASA membantah alasan itu karena Bulan tidak memiliki kandungan magnet atau atmosfer yang menyebabkan gesekan sinyal.

Dalam video yang dirangkum oleh pengguna Youtube, berisi beberapa rekaman suara atau musik yang direkam para astronaut, salah satunya suara yang didengar awak kapal Apollo 10. Suara musik aneh itu bisa didengar pada detik ke 0,38 sampai menit ke 06.36.  (Ardhon Purtama Putra/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya