SOLOPOS.COM - Kumpulan mayat di salah satu ruangan di bangunan tua berusia 5.000 tahun (Istimewa)

Kisah misteri muncul dari bangunan tua di Tiongkok.

Solopos.com, BEIJING – Arkeolog di Tiongkok menemukan sebuah fakta mengejutkan di bangunan tua berusia 5.000 tahun. Saat masuk ke dalam rumah seluas 20 meter persegi itu, arkeolog menemukan sebanyak 100 mayat dengan posisi bertumpukan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir Asia One, Kamis (30/7/2015), ribuan mayat ini terdiri dari orang dewasa dan anak-anak. Arkeolog dibuat bingung lantaran 100 mayat itu ditemukan dalam satu ruangan yang sama.

Tim arkeolog dari Universitas Jilin di Tiongkok menyebutkan bahwa kemungkinan kematian mereka disebabkan oleh adanya epidemi atau bencana alam. Para peneliti juga percaya bahwa orang-orang di rumah itu sekarat lebih cepat.

Sehingga mereka dibiarkan begitu saja di dalam rumah dan tidak mendapatkan penguburan yang layak. Ada pula peneliti yang menyebut bahwa ini terjadi karena kebakaran. Hal itu dibuktikan dengan penemuan mayat yang tampak cacat dan diduga terkena atap yang runtuh.

“Kesamaan ini mungkin dapat menunjukkan bahwa penyebab situs Hamin Mangha mirip dengan yang ada pada situs Miaozigou,” tulis Ya Wei Zhou.

“Artinya, keduanya mungkin berhubungan dengan wabah penyakit infeksi akut,” imbuh arkeolog lain, Hong Zu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya