Kisah Mahasiswa Luar Daerah Jalani Isoman di Solo, Saling Menopang Antarpenghuni Indekos Untuk Bertahan

Menjalani isolasi mandiri (Isoman) dengan status mahasiswa indekos bukan perkara mudah untuk dijalani. Perhatian teman satu indekos menjadi penting karena warga sekitar tak terlalu perhatian.

 Salah satu sukarelawan mendistribusikan pangan untuk mahasiswa rantau yang menjalani isolasi mandiri di indekos di Kecamatan Laweyan, Solo. Foto diambil baru-baru ini. (Istimewa/Muhammad Isnan)

SOLOPOS.COM - Salah satu sukarelawan mendistribusikan pangan untuk mahasiswa rantau yang menjalani isolasi mandiri di indekos di Kecamatan Laweyan, Solo. Foto diambil baru-baru ini. (Istimewa/Muhammad Isnan)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah mahasiswa luar daerah di Kota Solo diketahui terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka harus berjuang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Bukan perkara muda menjalani isolasi di tengah keterbatasan dan jauh keluarga. Perhatian warga setempat juga kurang. Satu-satunya andalan adalah bantuan kawan satu indekos. Mereka berjuang dalam senyap.

Lutfi Rizaldi, 23, telah menjalani isolasi mandiri di indekos di Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Solo, 10 hari terakhir. Dia harus isoman karena mendapati hasil uji cepat antigen positif di salah satu laboratorium klinik swasta Kota Solo.

Baca Juga: Solo Istimewa, Tarik Banyak Pejabat Jakarta Datang

Pria yang baru saja lulus dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) tersebut mengalami anosmia atau kehilangan indra penciuman. Sementara ia isoman,  sebagian besar teman satu indekosnya pulang kampung karena kuliah digelar secara daring.

Menurut Lutfi, mahasiswa luar daerah atau penghuni indekos yang menjalani isolasi mandiri kurang mendapatkan perhatian dari masyarakat setempat. Sejumlah warga sekitar acuh tak acuh terhadap kondisi penghuni indekos.

Beruntung masih ada tiga teman yang bertahan di indekos. Tiga orang tersebut membantu Lutfi untuk mencukupi kebutuhan. Kondisi kamar mandi dan ruang makan terpisah sehingga tiga orang bisa menjaga jarak dengan aman.

Baca Juga: PPKM Pukul Bisnis Hotel Soloraya, dari Okupansi Anjlok hingga Hotelier Unpaid Leave

“Alhamdulillahnya masih ada teman indekos. Kadang titip teman untuk beli barang. Yang isoman hanya saya,”kata dia kepada Solopos, Jumat (23/7/2021).

Donasi Teman

Lutfi menjelaskan kedua orang tuanya memberikan bantuan dengan mengirimkan dana lebih untuk mencukupi kebutuhan selama isolasi mandiri. Selai itu, Lutfi beruntung memiliki teman-teman yang sangat baik. Mereka berdonasi untuk mencukupi kebutuhan Lutfi yang juga mendapatkan suplai kebutuhan pokok dari Lazismu Kota Solo.

Lebih jauh dia menjelaskan ada dua mahasiswa UMS lainnya yang juga terpapar Covid-19 UMS. Hal itu membuat semua penghuni yang satu kontrakan dengan di Desa Gonilan, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, harus menjalani isolasi mandiri.

Baca Juga: Rel Layang Joglo Solo Bakal Dilengkapi Underpass, Kapan Mulai Dibangun?

Petugas Divisi Program Lazismu Solo, Muhammad Isnan, membenarkan pihaknya menyalurkan bantuan untuk mendukung isoman kepada komunitas yang tidak dijangkau masyarakat pada umumnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Diduga Terima Rp2 Miliar, Irjen Pol Napoleon Jadi Tersangka Pencucian Uang

Penyidik menemukan aliran dana senilai Rp 2 miliar dari suap penghapusan red notice Djoko Tjandra.

Kebangeten! Baru Tiga Bulan Menjabat Sudah Korupsi, Dana Bencana Lagi....

Andi Merya bersama Kepala BPBD Koltim, Anzarullah pada Maret/Agustus 2021 menyusun proposal dana rehabilitasi, rekonstruksi pascabencana.

Pengamat Nilai Langkah PSI Menyerang Anies Baswedan Naif

Semua tokoh siapapun dia tidak hanya Anies ada plus dan minusnya.

Gilaa...Jadi Lahan Korupsi Alex Noerdin Cs., Masjid Sriwijaya Tak Selesai Dibangun

Alex Noerdin disebut menerima aliran dana Rp2,4 miliar terkait proyek pembangunan masjid.

Terlalu! Alex Noerdin Juga Jadi Tersangka Korupsi Dana Hibah Masjid

Alex Noerdin disebut menerima aliran dana Rp2,4 miliar terkait proyek pembangunan Masjid Raya Sriwijaya Palembang.

Update Covid-19 Hari Ini: Kasus Positif 2.720, Jatim Masih Terbanyak

Jawa Timur menyumbang kasus terbanyak pada hari ini yaitu 295 kasus.

Luhut Ingin Bagikan Uang Denda Rp100 Miliar dari Aktivis untuk Papua

Semestinya Luhut cukup menyampaikan klarifikasi atas penyampaian riset yang dilakukan Haris Azhar dan Fatia.

Jokowi Ingatkan Vaksinasi dan Prokes Jadi Kunci Pengendalian Covid-19

Presiden Jokowi mengatakan fokus pemerintah dalam  penanganan pandemi Covid-19 yaitu  percepatan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan.

3 Menteri Teken SKB, Ini Daftar Hari Libur Nasional 2022

Muhadjir Effendy menuturkan penetapan libur nasional dan cuti bersama tetap berdasarkan perkembangan pandemi Covid-19.

Emerson Yuntho Keluhkan Pungli di Samsat, Mahfud Md: Konkret Saja, Sebut!

Menko Pohukam Mahfud Md minta Emerson Yuntho untuk menyebut nama samsat yang masih melakukan praktik pungli agar bisa ditindak.

Tahun Depan Tak Ada Lagi BST Rp300.000/Bulan Lur

Mensos Tri Rismaharini mengisyaratkan tak akan ada lagi bantuan sosial tunai (BST) pada tahun depan.

Posko PPKM Desa Kunci Pelihara Disiplin Prokes

Kesadaran memelihara disiplin protokol kesehatan perlu partisipasi masyarakat dan peran posko PPKM di desa/kelurahan. Penurunan kasus yang terjadi beberapa pekan terakhir diyakini sebagai hasil kerja kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mulai dari darurat hingga level 1-4.

Luhut Juga Gugat Haris Azhar dan Fatia Rp100 Miliar, Pengacara: Tidak Bermartabat!

Selain melaporkan ke polisi, Luhut Pandjaitan juga mengugat perdata Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti senilai Rp100 miliar.

Nyalakan Lampu, Kaki Remaja Ini Tiba-Tiba Sakit, Ternyata Ada Peluru Nancap

Seorang siswi SMK di Palangkaraya tertembak paha kanannya akibat peluru nyasar. Diduga ada oknum anggota kepolisian yang lalai sehingga menyebabkan remaja 16 tahun itu tertembak.

Diperiksa 10 Jam, Irjen Napoleon Langsung Diisolasi Penyidik Bareskrim

Irjen Napoleon Bonaparte diisolasi penyidik Bareskrim Polri setelah dituduh melakukan penganiayaan terhadap Muhammad Kece.