Kisah Mahasiswa Luar Daerah Jalani Isoman di Solo, Saling Menopang Antarpenghuni Indekos Untuk Bertahan

Menjalani isolasi mandiri (Isoman) dengan status mahasiswa indekos bukan perkara mudah untuk dijalani. Perhatian teman satu indekos menjadi penting karena warga sekitar tak terlalu perhatian.

 Salah satu sukarelawan mendistribusikan pangan untuk mahasiswa rantau yang menjalani isolasi mandiri di indekos di Kecamatan Laweyan, Solo. Foto diambil baru-baru ini. (Istimewa/Muhammad Isnan)

SOLOPOS.COM - Salah satu sukarelawan mendistribusikan pangan untuk mahasiswa rantau yang menjalani isolasi mandiri di indekos di Kecamatan Laweyan, Solo. Foto diambil baru-baru ini. (Istimewa/Muhammad Isnan)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah mahasiswa luar daerah di Kota Solo diketahui terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka harus berjuang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Bukan perkara muda menjalani isolasi di tengah keterbatasan dan jauh keluarga. Perhatian warga setempat juga kurang. Satu-satunya andalan adalah bantuan kawan satu indekos. Mereka berjuang dalam senyap.

Lutfi Rizaldi, 23, telah menjalani isolasi mandiri di indekos di Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Solo, 10 hari terakhir. Dia harus isoman karena mendapati hasil uji cepat antigen positif di salah satu laboratorium klinik swasta Kota Solo.

Baca Juga: Solo Istimewa, Tarik Banyak Pejabat Jakarta Datang

Pria yang baru saja lulus dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) tersebut mengalami anosmia atau kehilangan indra penciuman. Sementara ia isoman,  sebagian besar teman satu indekosnya pulang kampung karena kuliah digelar secara daring.

Menurut Lutfi, mahasiswa luar daerah atau penghuni indekos yang menjalani isolasi mandiri kurang mendapatkan perhatian dari masyarakat setempat. Sejumlah warga sekitar acuh tak acuh terhadap kondisi penghuni indekos.

Beruntung masih ada tiga teman yang bertahan di indekos. Tiga orang tersebut membantu Lutfi untuk mencukupi kebutuhan. Kondisi kamar mandi dan ruang makan terpisah sehingga tiga orang bisa menjaga jarak dengan aman.

Baca Juga: PPKM Pukul Bisnis Hotel Soloraya, dari Okupansi Anjlok hingga Hotelier Unpaid Leave

“Alhamdulillahnya masih ada teman indekos. Kadang titip teman untuk beli barang. Yang isoman hanya saya,”kata dia kepada Solopos, Jumat (23/7/2021).

Donasi Teman

Lutfi menjelaskan kedua orang tuanya memberikan bantuan dengan mengirimkan dana lebih untuk mencukupi kebutuhan selama isolasi mandiri. Selai itu, Lutfi beruntung memiliki teman-teman yang sangat baik. Mereka berdonasi untuk mencukupi kebutuhan Lutfi yang juga mendapatkan suplai kebutuhan pokok dari Lazismu Kota Solo.

Lebih jauh dia menjelaskan ada dua mahasiswa UMS lainnya yang juga terpapar Covid-19 UMS. Hal itu membuat semua penghuni yang satu kontrakan dengan di Desa Gonilan, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, harus menjalani isolasi mandiri.

Baca Juga: Rel Layang Joglo Solo Bakal Dilengkapi Underpass, Kapan Mulai Dibangun?

Petugas Divisi Program Lazismu Solo, Muhammad Isnan, membenarkan pihaknya menyalurkan bantuan untuk mendukung isoman kepada komunitas yang tidak dijangkau masyarakat pada umumnya.

Berita Terkait

Espos Premium

Kemarin Delta Bikin Heboh, Sekarang Covid-19 Ada Varian Mu, Harus Bagaimana?

Kemarin Delta Bikin Heboh, Sekarang Covid-19 Ada Varian Mu, Harus Bagaimana?

Pemerintah memperketat pengawasan dan karantina pelaku perjalanan ke Indonesia di bandara dan pelabuhan internasional guna mencegah varian Mu dari virus penyebab Covid-19 masuk ke Tanah Air. Kemunculan varian Mu mendorong pemerintah memperketat pengawasan dan karantina pelaku perjalanan internasional yang masuk ke Indonesia.

Berita Terkini

Bom Waktu China Itu Bernama Evergrande

Evergrande adalah raksasa perusahaan real estat China yang paling terbebani utang saat ini.

Surat Terbuka Brigjen Junior ke Kapolri Berujung Pemeriksaan Puspomad

Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin menyayangkan surat terbuka itu.

Geger Jenderal TNI Bela Tentara yang Lindungi Warga dalam Konflik Lahan

Brigjen Junior mengatakan siap bertanggung jawab atas apa yang ditulisnya.

Diserang PSI, Anies Baswedan Disebut Pura-Pura Peduli Rakyat

Uang muka acara Formula E dibayar Anies pada saat pemerintah mengumumkan negara dalam keadaan darurat karena pandemi.

Penggabungan Gojek dan Tokopedia Diusut KPPU, Adakah Monopoli Bisnis?

Anggota Komisi VI DPR RI Nevi Zuairina meminta jangan sampai terjadi monopoli bisnis dari hasil merger Gojek-Tokopedia.

Ganjar Pranowo: Soal Capres Urusan Bu Mega

Perihal pelarangan itu disampaikan Sekjen PDIP Hasto Kristyanto menyikapi dinamika politik yang berkembang belakangan ini.

Bisnis Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Seberapa Menguntungkan?

Diperkirakan potensi pengurangan konsumsi BBM-nya bisa sampai 6 juta kiloliter di 2030

Dililit Utang Rp4.275 Triliun, Evergrande Juga Meminjam Uang ke Karyawan

Pembeli rumah dan karyawan memadati lobi kantor Evergrande pekan lalu dan meminta uang mereka kembali.

Perusahaan Properti China Bangkrut Picu Kekhawatiran Ekonomi Global

Ketakutan akan kebangkrutan Evergrande mengarah pada kekhawatiran tentang momen Lehman Brothers di seluruh kawasan

Selamat Jalan Prof Sahetapy, Pakar Hukum Perumus Rancangan KUHP

Dia pernah tercatat sebagai anggota tim perumus RKUHP yang diketuai pakar hukum Universitas Diponegoro Prof. Soedarto pada 1964.

Update Covid-19 Indonesia: Hari Ini Kasus Covid-19 Tambah 3.263

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengumumkan total kasus positif Covid-19 di Indonesia menembus 4.195.958 orang.

Kemarin Delta Bikin Heboh, Sekarang Covid-19 Ada Varian Mu, Harus Bagaimana?

Pemerintah memperketat pengawasan dan karantina pelaku perjalanan ke Indonesia di bandara dan pelabuhan internasional guna mencegah varian Mu dari virus penyebab Covid-19 masuk ke Tanah Air. Kemunculan varian Mu mendorong pemerintah memperketat pengawasan dan karantina pelaku perjalanan internasional yang masuk ke Indonesia.

PPKM Makin Longgar, Jangan Buru-Buru "Balas Dendam" Berwisata!

Pelonggaran kegiatan seusai pembatasan ketat berbulan-bulan demi menurunkan penularan Covid-19 memicu munculnya revenge travel atau revenge tourism atau biasa disebut wisata balas dendam. Kedisiplinan terhadap protokol kesehatan selama revenge travel menjadi kunci mencegah lonjakan kasus berikutnya. Revenge travel terjadi ketika masyarakat merasa haus mendapatkan hiburan atau refreshing setelah pengetatan aktivitas di rumah saja dalam periode yang lama.

Akui Dukung Gibran Jadi Wali Kota Solo, Kaesang: Biar Bisnisnya Bisa Saya Ambil

Kaesang mengaku kini memegang bisnis bapaknya, Jokowi. Ia juga sering mengirim makanan ke Istana lewa Gofood.

Diwawancara Deddy Corbuzier, Kaesang Mengaku Tertarik Terjun di Politik, Tapi..

Kaesang Pangarep mengaku kasihan dengan gaji kakaknya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Ia juga mengaku bisa membeli pabrik ayahnya secara tunai sekarang juga.

Nyaris 20.000 Pejabat Belum Sampaikan LHKPN ke KPK, Mendagri Tito Termasuk

KPK mengungkapkan masih ada nyaris 20.000 pejabat pemerintah yang belum menyerahkan LHKPN dari total 377.344 wajib lapor.