Kisah Kesaktian Sunan Bayat, Mengutuk Penyamun Jadi Manusia Domba

Sunan Bayat atau Tembayat atau Ki Ageng Pandanaran atau Pandanarang adalah seorang penyebar agama Islam di daerah Bayat dan sekitarnya yang dikisahkan sangat sakti hingga bisa mengutuk seorang penyamun menjadi manusia domba.

 Bagian depan Kompleks Makam Sunan Pandanaran atau Sunan Bayat. (Facebook)

SOLOPOS.COM - Bagian depan Kompleks Makam Sunan Pandanaran atau Sunan Bayat. (Facebook)

Solopos.com, KLATEN — Sunan Bayat atau Tembayat atau Ki Ageng Pandanaran atau Pandanarang adalah seorang penyebar agama Islam di daerah Bayat dan sekitarnya yang dikisahkan sangat sakti hingga bisa mengutuk seorang penyamun menjadi manusia domba. Pada 2021 lalu, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah melakukan konservasi di Kompleks Makam Sunan Pandanaran, di Desa Paseban, Kecamatan Bayat, Klaten.

Mengutip video yang ditayangkan di akun Youtube resmi BPCB Jawa Tengah yang diakses Minggu (15/5/2022), konservasi menyasar Gapura Panemut yang menjadi salah satu bagian dari sekian gapura di situs masjid dan makam Sunan Tembayat. Gapura di kompleks itu terbuat dari beberapa jenis bahan, di antaranya batu putih, batu bata, atau campuran keduanya.

Espos Plus

Dana Abadi Rp7 Triliun untuk Mencapai Status Kampus Kelas Dunia

+ PLUS Dana Abadi Rp7 Triliun untuk Mencapai Status Kampus Kelas Dunia

Pemerintah mengalokasikan dana abadi Rp7 triliun untuk menunjang peningkatan kualitas perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTNBH) menjadi perguruan tinggi kelas dunia.

Espos Plus Lainnya

+ PLUS Masyarakat Adat Tak Menentang IKN Nusantara, Mereka Butuh Pengakuan

Masyarakat adat di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, tidak pernah punya niat menentang pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Mereka hanya butuh pengakuan dan pelindungan.

+ PLUS Mengenal Kakek Buyut Honda CB yang Banyak Digandrungi di Indonesia

Honda CB merupakan salah satu produk sepeda motor jadul yang diluncurkan Honda sebelum sang bos, Soichiro Honda, pensiun. Honda CB450K0 yang diluncurkan pada 1965 merupakan generasi pertama dari Honda CB yang digandrungi banyak pecinta motor di Indonesia hingga saat ini.

+ PLUS Tiga Dampak Paling Gawat dari Politik Identitas Berujung Polarisasi

Tiga dampak paling gawat bisa terjadi di Indonesia ketika politik identitas berujung polarisasi terjadi lagi pada sepanjang proses dan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

+ PLUS Kolaborasi Banyak Pihak Mendukung Keberhasilan Revitalisasi Bahasa Jawa

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah mengajak banyak pemangku kepentingan berkolaborasi merevitalisasi bahasa Jawa. Bahasa Jawa merupakan satu dari 38 bahasa daerah yang tersebar di 12 provinsi di Indonesia.

+ PLUS Reformasi Sosial Lahirkan Tren Wanita Berambut Pendek di Arab Saudi

Gaya rambut pendek kini menjadi tren di kalangan wanita di Arab Saudi. Ini setelah Putra Mahkota Mohammed bin Salman, penguasa de facto Arab Saudi, mendorong reformasi sosial yang salah satunya tidak lagi mewajibkan wanita mengenakan jilbab.

+ PLUS Dulu Konser untuk Revolusi, Kini Konser untuk Pemulihan

Pada masa kebangkitan nasionalisme dan revolusi kemerdekaan konser jamak bertujuan memperkuat semangat revolusi. Pada era setelah pandemi Covid-19 mereda, konser adalah wahana pemulihan ekonomi dan sektor kehidupan lainnya.

+ PLUS Kerusakan Lingkungan adalah Dampak Kebijakan Politik dan Pemerintahan

Urusan kerusakan lingkungan di Indonesia sebenarnya telah menjadi masalah sangat serius. Isu ini sebenarnya bagian dari domain politik. Kerusakan lingkungan adalah buah dari kebijakan dan politik.

+ PLUS Transformasi Sunda Kelapa Jadi Jayakarta, Batavia Lalu Berganti Jakarta

Sebelum bernama Jakarta, kota ini memiliki beberapa penyebutan seperti Sunda Kelapa, Jayakarta hingga Batavia.

+ PLUS The Jackson Effect di Hari Kematian The King of Pop

Michael Jackson meninggal dunia di usia 50 tahun, tepat pada 25 Juni 2009. Kala itu, berita kematian Michael Jackson dengan cepat menyebar ke dunia maya hingga membuat banyak situs jebol.

+ PLUS Cemara Manahan, Lebih Tua dari Stadion Manahan

Pembongkaran Shelter Pedagang Kaki Lima ( PKL ) Manahan, Solo yang dimulai Minggu (15/05/2022) kian menampilkan deretan pohon cemara udang yang melingkari Stadion Manahan yang usianya jauh lebih tua daripada Stadion Manahan sendiri.

+ PLUS Selangkah Lagi Manusia Kembali Menjejak Bulan

Langkah Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) kembali menjejakkan kaki manusia ke bulan semakin dekat setelah berhasil menguji roket pada misi tersebut.

+ PLUS Wangsit Dukun, Pemugaran Candi Cetho 1970an Dinilai Tak Sesuai

Candi Cetho yang kali pertama digali pada 1928 oleh Commissie vor Oudheiddienst Hindia Belanda sempat dipugar pada 1970an berdasar wangsit yang diterima oleh seorang paranormal dinilai tak sesuai kaidah keilmuan arkeologi.

+ PLUS Teka-teki Desa Bandar Kuno Wonogiri di Hulu Sungai Bengawan Solo

Wonogiri yang menjadi daerah hulu Sungai Bengawan Solo memiliki sejumlah desa bandar kuno, tempat pemberhentian kapal-kapal besar.

+ PLUS Faktor Sejarah dan Budaya Bikin Mobil Jepang Rajai Jalanan di Indonesia

Sejak kali pertama mengaspal di Indonesia pada 1960-an, produk otomotif asal Jepang langsung menggeser dominasi produk serupa asal Amerika dan Eropa.

+ PLUS STB Gratis Hanya untuk Keluarga Miskin

Pemerintah mengalokasikan dan membagikan bantuan set top box (STB) gratis hanya untuk keluarga miskin agar mereka bisa menikmati layanan siaran televisi digital.

+ PLUS PON Pertama di Solo Gegara Paspor Indonesia Ditolak Inggris

Pekan Olahraga Nasional (PON) I di Solo pada 9-12 September 1948 dilatarbelakangi kegagalan Indonesia mengirim atlet ke Olimpiade XIV di London, Inggris karena passport Indonesia ditolak.

+ PLUS Keistimewaan Kayu Jati Sudah Termasyhur sejak Era Babilonia

Jati dikenal sebagai tanaman dengan nilai ekonomi yang tinggi. Bahkan, kayu jati yang dikenal kuat dan tahan lama konon sudah menghiasi interior istana pada masa peradaban Babilonia (1895 SM–539 SM).

+ PLUS Jangan Paksakan Pengesahan RKUHP Tanpa Partisipasi Publik yang Bermakna

DPR dan pemerintah jangan memaksakan pengesahan Revisi Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) atau Rancangan Undang-undang (RUU) KUHP selama partisipasi publik yang bermakna belum diwujudkan dalam pembahasan.

+ PLUS Fenomena Langka Lima Planet Sejajar 24 Juni, Muncul Lagi 2041

Pada 3 hingga 24 Juni 2022, para pencinta astronomi disuguhi fenomena langka lima planet sejajar yang kemungkinan baru muncul lagi pada 2041.

+ PLUS Problem Serius Partai Politik di Indonesia

Secara umum partai politik di Indonesia belum dikelola secara modern. Ini problem mendasar yang serius di kalangan partai politik di Indonesia.