Kisah Kepala SMPN di Sragen Memulai Karier dengan Gaji Rp16.000/Bulan

Tiga orang guru dan kepala sekolah SMPN di Kabupaten Sragen mendapat penghargaan dari Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati pada peringatan HUT RI.

 Kepala SMPN 2 Sambirejo Sragen, Heni Rina Setyawati. (Solopos/Tri Rahayu)

SOLOPOS.COM - Kepala SMPN 2 Sambirejo Sragen, Heni Rina Setyawati. (Solopos/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Tiga orang guru dan kepala sekolah disebut-sebut namanya oleh pembawa acara begitu rangkaian upacara detik-detik proklamasi secara virtual selesai di Pendapa Sumonegaran Rumah Dinas Bupati Sragen, Rabu (17/8/2022).

Satu per satu pemilik nama menaiki panggung mini dan disaksikan Bupati Sragen dan para pimpinan daerah serta tamu undangan. Tiga orang itu dipanggil karena masa pengabdiannya sebagai pegawai negeri sipil (PNS) sudah 30 tahun, 20 tahun, dan 10 tahun.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Seorang guru SMPN 1 Kedawung, Sragen, Setyani, memiliki masa pengabdian selama 30 tahun sehingga mendapatkan Satyalencana Karya Satya. Kemudian Abdul Rokhim, Kepala SMPN 1 Miri, mendapatkan Satyalencana Karya Satya karena mengabdi selama 20 tahun.

Terakhir, Heni Rina Setyawati, Kepala SMPN 2 Sambirejo, Sragen, juga mendapatkan Satyalencana Karya Satya karena sudah lebih dari 10 tahun mengabdi sebagai PNS. Tanda pengabdian itu disematkan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati pada pakaian masing-masing.

Selain itu, Bupati juga menyerahkan piagam penghargaan kepada tiga orang PNS tersebut. Tak ada pesan khusus dari Bupati kepada mereka. Setelah menyerahkan piagam Bupati dan pimpinan daerah berfoto bersama dengan tiga PNS tersebut.

Baca Juga: Lahir 17 Agustus, Bocah asal Sragen ini Diberi Nama Putri Merah Putih

Kepala SMPN 2 Sambirejo, Heni Rina Setyawati, meniti karier sebagai pendidik SMP sejak 1996, saat menjadi guru wiyata bakti (WB) dengan gaji hanya Rp16.000/bulan. Saat itu Heni mengajar di SMP Bakti Praja Masaran.

Perjalanan Panjang

Di SMP swasta itu ia cukup lama mengajar hingga pada 2003 diangkat sebagai guru bantu dengan gaji lebih baik, yakni Rp460.000/bulan. Baru pada 2007, Heni diangkat sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS) dengan gaji di atas Rp1 juta.

“Perjalanan saya menjadi PNS ini cukup panjang. Saat menjadi guru bantu itu statusnya kontrak dan dijanjikan diangkat menjadi CPNS setelah dua tahun,” ujar Kepala SMPN 2 Sambirejo, Sragen, itu.

Baca Juga: Begini Cara Warga Jambeyan Sragen Sambut HUT RI

Heni mengaku bersyukur pada 2007 diangkat CPNS dan pada 2009 sudah prajabatan menjadi PNS dan masih mengajar di SMP swasta di Masaran itu. Baru pada 2012 ia dimutasi menjadi guru di SMPN 1 Kedawung.

“Kemudian mulai 2022 ini, saya dipercaya mendapat amanah sebagai Kepala SMPN 2 Sambirejo Sragen,” ujarnya. Perempuan kelahiran 25 Agustus 1973 itu mengikuti nasibnya dan mengalir mengikuti pekerjaannya.

Guru yang tinggal di Dukuh Miri, Desa Celep, Kedawung, itu berusaha maksimal semampunya untuk meraih cita-citanya. “Anak saya yang sulung akan diwisuda pas hari lahir saya di sekolah perhubungan ikatan dinas,” katanya.

Baca Juga: Gemolong Sragen Punya Objek Wisata Air Anyar, Wisatawan Bisa Jualan

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati dalam momentum HUT ke-77 RI ini ingin melakukan percepatan capaian visi dan misi yang seharusnya dibuat sampai 2026 tetapi harus selesai di 2024. Dia menyampaikan untuk akselerasi capaian visi misi itu dibutuhkan gotong-royong dan partisipasi masyarakat, terutama dalam perbaikan infrastruktur.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Ujung Tanduk Nasib Piala Dunia U-20 setelah Tragedi Kanjuruhan

      Ujung Tanduk Nasib Piala Dunia U-20 setelah Tragedi Kanjuruhan

      Nasib sepak bola Indonesia berada di ujung tanduk. Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 153 orang berpotensi mengganjal Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2023. Indonesia pun terancam mendapat sanksi berat lainnya dari FIFA.

      Berita Terkini

      Puan Maharani Minta Investigasi Total Tragedi Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

      Ketua DPR, Puan Maharani, meminta pihak terkait melakukan investigasi secara tuntas atas tragedi kerusuhan yang menelan 127 korban jiwa di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022).

      380 Juru Parkir di Sragen Ditarget Setoran Rp1,2 Miliar

      Sebanyak 380 orang juru parkir yang menyebar di sembilan kecamatan di Bumi Sukowati ditarget bisa setor ke pendapatan asli daerah (PAD) sebanyak Rp1,2 miliar pada 2022 ini.

      Agenda Berkebaya Bersama Ibu Negara Siang Ini, Cek Lokasi Parkirnya

      Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo menutup Jl. Slamet Riyadi selama kegiatan Berkebaya Bersama Ibu Negara, Minggu (2/10/2022). Ada 10 fasilitas parkir yang tersedia.

      Heroik, Tim Damkar Klaten Selamatkan Kucing yang Sepekan Terjebak di Sumur

      Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Klaten melakukan penyelamatan seekor kucing yang tercebur sumur sedalam belasan meter di Desa Kanoman, Kecamatan Karangnongko.

      Polres Wonogiri Serahkan Dua Ton Beras kepada Warga Miskin

      Polres Wonogiri menyalurkan bantuan sosial (bansos) berupa beras sebanyak dua ton kepada 200 warga miskin di Wonogiri, Jumat (30/9/2022).

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Minggu (2/10/2022), bisa disimak di sini.

      Konser Solo Batik Music Festival, Kemeriahan Musik dalam Nuansa Batik

      Konser musik dalam ajang Solo Batik Music Festival 2022 di Pamedan Pura Mangkunegaran, Sabtu (1/10/2022) malam berlangsung meriah dengan penampilan sejumlah musisi dan grup band papan atas Tanah Air.

      Jangan Lupa Bawa Payung, Prakiraan Cuaca Klaten Hari Ini bakal Hujan Lebat

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini, Minggu 2 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Minggu Ini: Hujan Lebat sejak Sore

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini, Minggu 2 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Hati-Hati di Jalan! Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini Hujan Lebat sejak Sore

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Minggu (2/10/2022) yakni berawan pada pagi hari, kemudian hujan lebat mulai sore hingga malam hari.

      Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini: bakal Hujan Lebat Pukul 16.00 WIB

      Prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini pada Minggu (2/10/2022) menurut prakiraan BMKG bakal hujan lebat pada sore hari.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 2 Oktober 2022, Masih Diwarnai Hujan Lebat

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Minggu (2/10/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 2 Oktober 2022, Masih Tak Bersahabat

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Minggu (2/10/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Solo Minggu 2 Oktober, BMKG Prediksi Berawan dan Hujan

      Prakiraan cuaca dari BMKG pada Minggu (2/10/2022) memprediksi Solo bakal berawan kemudian hujan sejak siang hingga malam.

      Jenazah KH Dian Nafi' akan Dimakamkan di Kompleks Ponpes Al-Muayyad Windan

      Jenazah tokoh perdamaian Kota Solo sekaligus pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Muayyad Windan, Sukoharjo, KH Muhammad Dian Nafi', akan dimakamkan di kompleks Ponpes pada Minggu (2/10/2022).