SOLOPOS.COM - Novia Bachmid. (Istimewa/dok. pribadi)

Solopos.com, SOLO -- Solois jebolan Top 8 Indonesian Idol X, Novia Bachmid, baru saja menelurkan karya. Bersama label HITS Records, dia merilis single pertamanya yang berjudul Ingin Jatuh Cinta akhir September lalu.

Lagu in diciptakan oleh Pika Iskandar dengan aransemen musik yang digarap oleh Kenny Gabriel. Kenny merupakan produser musik yang juga merupakan DJ yang lama malang-melintang di dunia EDM. Tangan dingin Kenny menggarap single Novia dengan nuansa RnB tahun 2000-an yang penuh semangat dan cheerfull.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saat bincang-bincang dalam program live Instagram Chit Chat Solopos, Kamis (1/10), Novia mengatakan lagunya bercerita tentang trauma seseorang yang pernah tersakiti karena Ditinggalkan oleh pasangan. Ia kemudian memilih untuk tidak memiliki hubungan apa pun. Namun, tiba tiba hadir seseorang yang datang dan menebarkan cinta di dalam hati.

Netflix Rilis Trailer Film Dokumenter Blackpink: Light Up The Sky

Proses pembuatan lagu ini dimulai pertengahan tahun. Novia sempat bimbang soal pemilihan genre lagu pertamanya. Meski dia merupakan penyanyi yang dapat menyanyikan semua jenis musik, dari pop, jaz bahkan hingga dangdut. “Sempat bingung milih genre lagu sampai akhirnya nemu RnB ini yang menurutku pas dengan karakterku di karya pertama. Ini single perdana, lagu ini yang paling nyangkut di telinga. Musiknya easy listening, terus enak didengerin kapan pun,” terangnya saat bincang bareng dengan jurnalis Solopos, Ika Yuniati.

Salah satu kesulitan yang dirasakan adalah ketika harus mengubah beat awal musik, yang slow berubah menjadi groovy dan dinamis agar selaras dengan pribadinya. Sementara itu, dalam music video (MV), Novia memilih untuk mengusung tema colourfull dan high couture, sesuai dengan beat lagu yang ceria.“Kalau kesulitan dalam pembuatan video klip sih nggak ada ya, yang paling ribet paling pas gonta-ganti baju karena memang dresses-nya temanya kan high couture. Jadi pas dipakai tuh banyak printilannya ,” tambahnya.

Ini Pengakuan Aktor Sung Dong-Il Soal Park Bo-Gum & V BTS

Jatuh Bangun

Perjalanan Novia hingga merilis lagu ini tak dilalui dengan mudah. Butuh proses panjang dan jatuh bangun sejak masih kanak-kanak. Menurut sang Ayah, dirinya bahkan sudah mulai bernyanyi saat usia dua tahun. Beranjak sekolah sering diikutkan kompetisi. Puncaknya saat usia 11 tahun dirinya nekad menuju kota untuk ikut audisi. Ia berangkat sendiri naik travel meskipun sempat dilarang ayah dan ibunya.

Hal itu membuat Novia jadi sosok yang tanggung. Perjuangannya berbuah manis hingga lolos Idola Cilik, The Voice Indonesia, dan Top 8 Indonesian Idol 2020. Sebenarnya dia pernah ikut audisi Indonesian Idol 2019, namun tak beruntung karena kurang maksimal. Setahun berikutnya mencoba lagi hingga menjadi kontestan ajang bergengsi tersebut. “Jadi sekarang kalau mau mengeluh ya mikir dulu pernah jatuh bangun. Harus selalu semangat pokoknya,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya