Kisah Istri Tentara Ditinggal Tugas: Sabar Tunggu WA, Anak Diazani Lewat VC

Pengalaman suka duka dialami istri prajurit Yonif Raider 048/Suhbrastha yang ditinggal suami bertugas ke Papua. Mulai dari sulitnya berkomunikasi hingga tak ditemani suami saat melahirkan.

 Seorang istri tentara, Apri Syatria, menggendong anak pertamanya yang berumur 10 bulan saat menunggu kepulangan suaminya dari tugas di Papua di Mako Yonif Raider 408/Suhbrastha Sragen, Kamis (29/9/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

SOLOPOS.COM - Seorang istri tentara, Apri Syatria, menggendong anak pertamanya yang berumur 10 bulan saat menunggu kepulangan suaminya dari tugas di Papua di Mako Yonif Raider 408/Suhbrastha Sragen, Kamis (29/9/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Terik matahari cukup menyengat di lingkungan Markas Komando (Mako) Yonif Raider 408/Suhbrastha Sragen, Kamis (29/9/2022). Para prajurit dan para istri prajurit berjemur membentuk semacam pagar betis di sepanjang jalan masuk ke gedung utama Mako. Mereka menunggu kedatangan ratusan prajurit yang dinanti-nanti kepulangannya seusai bertugas di Papua.

Para istri prajurit itu juga mengajak anak-anaknya mereka yang kangen ingin bertemu sang ayah yang baru pulang bertugas sebagai Satgas Pengamanan Perbatasan Penyangga (Mobile) di wilayah Kabupaten Puncak, Papua.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Sebanyak 446 orang personel memasuki Mako lengkap dengan seragam doreng dan bersenjata laras panjang. Mereka berbaris melewati pagar betis yang dipimpin Danyon Letkol (Inf) Ade Afri Verdaniex. Kedatangan mereka disambut hangat oleh Danrem 074/Warastratama, Kolonel (Inf) Achiruddin, dengan mengalungkan untaian bunga. Wakil Bupati Srage, Suroto, juga ikut mengalungkan untaian bunga kepada Wadanyon.

Mereka langsung menuju ke lapangan untuk upacara penyambutan. Para istri-istri masih setia menunggu. Mereka mencari tempat-tempat yang teduh di bawah rindangnya pepohonan dan di bawah atap garasi mobil militer.

Baca Juga: 4 Prajurit Yonif Raider 408/Suhbrastha Sragen Gugur Saat Tugas di Papua

Fatatus Salamah, 42, istri Danton Letda Supratno sabar menunggu sambing menggendong anak bungsunya. Setelah 13 bulan tak bersua, Fatatus akan kembali melihat secara langsung wajah suaminya. Selama suaminya bertugas di Papua, Fatatus biasa berkomunikasi lewat telepon atau video call tetapi sinyalnya tidak stabil.

“Kalau tidak nyambung itu rasanya sedih. Anak-anak yang biasanya protes. Kami memiliki tiga anak. Saat ditinggal bertugas, si bungsu ini baru berumur empat bulan. Yang sering kangen itu anak kedua, cewek. Kalau tidak bisa tersambung ke ayahnya sering cemberut,” ujarnya saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis siang.

Komunikasi via WA dengan suaminya yang berada di Papua bukan perkara mudah bagi Fatatus. Ia kerap harus bersabar hingga dua hari sampai pesannya sampai ke ponsel suaminya.

Sama halnya dengan Apri Syatri, 30, istri Pasilog Yonif Raider 408/Suhbrastha Sragen, Kapten Syatria Kadirmuda. Apri tinggal sendirian di asrama. Saat suaminya bertugas ke Papua, Apri masih mengandung anak pertamanya yang berumur enam bulan. Tugas ke Papua ini merupakan tugas kedua suaminya. Tugas pertama hubungan keduanya masih berstatus pacaran.

Baca Juga: Begini Ancaman Danrem Bila Ada Aparat TNI Tidak Netral dalam Pilkada

“Jadi sejak lahir hingga sekarang berumur 10 bulan itu belum pernah bertemu ayahnya. Saat lahiran, kami video call. Suami saya itu mengazani anak pun lewat video call karena masih bertugas di Papua. Saat pulang ini, saya senang sekali. Selama setahun, saya sendirian mengurus anak di rumah,” ujarnya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Selasa Ini: Hujan Lebat Sore

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Selasa 6 Desember 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Diskominfo SP Solo Sebut 9.265 STB Gratis Sudah Dibagikan ke Warga Tak Mampu

      Diskominfo SP Solo menyebut sebanyak 9.265 unit set top box atau STB TV digital gratis dari Kemenkominfo saat ini sudah dibagikan kepada warga tak mampu di Kota Bengawan.

      Gibran Tegaskan Nama Jl Diponegoro Solo Tak Dihapus tapi Dipindah ke Jalan Lain

      Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menegaskan wacana penggantian nama Jl Diponegoro menjadi Jl Ngarsapura bukan berarti menghilangkan nama pahlawan nasional tersebut.

      Nikahan Kaesang, Pejabat Polda Jateng Jajal Naik Becak Vastenburg-Mangkunegaran

      Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryo Nugroho melakukan simulasi naik becak untuk tamu acara nikahan Kaesang Pangarep dari Benteng Vastenburg ke Pura Mangkunegaran Solo.

      STB Mahal, Warga Sukoharjo Kecewa Tidak Bisa Nonton Piala Dunia

      Harga set top box (STB) melambung tinggi setelah siaran televisi terestrial analog dihentikan di sejumlah wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah mulai Jumat (2/12/2022).

      Kandang di Pinggir Jalan Raya, Sapi Milik Lansia Nguntoronadi Raib Dicuri

      Satu ternak sapi betina milik lansia asal Nguntoronadi, Wonogiri diduga digondol maling pada Senin (5/12/2022).

      Wah! Sudah Punya 250 Guru Besar, UNS Solo Kukuhkan 4 Orang Lagi Besok

      UNS Solo bakal mengukuhkan empat guru besar baru sehingga menambah jumlah total guru besar di kampus tersebut menjadi 254 orang.

      20 Ekor Kobra Ditangkap di Kebakkramat, Enam Lainnya Masih Berkeliaran

      Tim Exalos Indonesia yang mengevakuasi 20 anak ular kobra itu menduga masih ada enam kobra lainnya yang masih berkeliaran di sekitar rumah milik Estik.

      Catat! Ini Lokasi 9 Panggung Hiburan Pernikahan Kaesang-Erina di CFD Solo

      Ada sembilan panggung hiburan di sepanjang area CFD Jl Slamet Riyadi Solo saat acara pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022) pagi.

      Ngeri! Tim Exalos Indonesia Evakuasi 20 Kobra dari Rumah Warga Kebakkramat

      Belasan ekor anakan ular kobra di Kebakkramat itu dievakuasi selama tiga hari pencarian.

      Pemuda Melikan Klaten Bikin Paket Wisata Edukasi Gerabah, Harganya Terjangkau

      Para pemuda sentra kerajinan gerabah putaran miring di Dukuh Pagerjurang, Desa Melikan, Kecamatan Wedi membikin paket wisata edukasi.

      Pencarian Pria Hanyut Asal Sukoharjo di Kahyangan Wonogiri Terkendala Cuaca

      Tim search and rescue (SAR) Wonogiri masih terus melanjutkan pencarian terhadap orang hanyut di sungai di kawasan wisata Kahyangan, Desa Dlepih, Kecamatan Tirtomoyo sejak Minggu (4/12/2022).

      Tak Hanya Jembatan Jurug, Bangunan Warisan Paku Buwono X Lain juga Tangguh

      Jembatan Jurug A warisan Paku Buwono X sampai saat ini masih tangguh, meski pernah dibom berulang kali, sama seperti bangunan lain yang dibangun di era yang sama.

      Polwan Polres Klaten Bagikan Paket Sembako di Ngawen

      Polres Klaten menggelar bakti sosial dengan membagikan paket sembako kepada warga di Kecamatan Ngawen, Senin (5/12/2022).

      Laporkan Percobaan Bunuh Diri Melalui 110, Kapolres Sukoharjo Apresiasi Warga

      apolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengapresiasi masyarakat Sukoharjo yang telah menggunakan call center 110 untuk melaporkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibnas).

      Air Saluran Meluap Usai Hujan Deras, 2 Sekolah di Gantiwarno Klaten Kebanjiran

      SMKN 1 Gantiwarno dan SMPN 3 Gantiwarno di Desa Kragilan, Kecamatan Gantiwarno kebanjiran, Senin (5/12/2022) sore.