KISAH INSPIRATIF : Wanita Tiongkok Rela Bayar Rp13 Juta Demi Selamatkan 100 Anjing
Ilustrasi (adogsdayout.com)

Kisah inspiratif datang dari seorang wanita asal Tiongkok yang rela menyisihkan uangnya demi menyelamatkan hidup 100 ekor anjing.

Solopos.com, YULIN – Yang Xiaoyun, seorang wanita asal Tiongkok berusia 65 tahun rela mengeluarkan Rp13 juta demi menyelamatkan 100 ekor anjing dari acara Dog Meat Festival yang diadakan di selatan kota Yulin Tiongkok. Kota ini secara rutin menyelenggarakan festival itu menyembelih anjing dan kucing untuk menyambut musim panas.

Salah satu aktivis pencita hewan yang juga seorang pensiunan guru Yang Xiaoyun tak tak setuju dengan festival itu. Ia rela membayar Rp13 juta demi menyelamatkan 100 anjing sebelum mereka disembelih dan dimakan dagingnya. Kecintaannya terhadap hewan membuat dirinya juga membuat tempat penampungan hewan.

Di Dog Meat Festival setidaknya ada 10.000 kucing dan anjing yang disembelih. Kebanyakan hewan-hewan itu berasal dari hewan curian atau hewan liar tanpa pemilik. Setelah disembelih, hewan-hewan itu kemudian disajikan bersama dengan buah leci.

Sebagaimana dilansir Daily Sabah, Jumat (26/6/2015), serangkaian kecaman dari pemerhati hewan internasional pun sudah dilancarkan, termasuk komedian Inggris, Ricky Gervais. Pemerintah kota setempat sudah berupaya untuk menghentikan festival tersebut, tapi nyatanya festival itu hingga kini masih dilakukan.

"Beberapa warga Yulin memiliki kebiasaan datang bersama-sama untuk makan leci dan daging anjing selama musim panas. Festival itu tidak diadakan secara resmi oleh pemerintah kota,” ujar kantor berita kota tersebut di Weibo.

Makan daging anjing di Tiongkok bukanlah ilegal, tapi pemerintah meminta agar pedagang daging menghormati hukum keamanan pangan. "Yulin adalah kota yang terbuka, toleran dan beradab. Kami menyambut orang dari seluruh dunia untuk memperhatikan Yulin,” tulis pemerintah kota.  



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom