SOLOPOS.COM - Aksi Bekti Maulana punguti puntung rokok di Malioboro (Facebook)

Kisah inspiratif kali ini datang dari pemuda berblangkon asal Jogja yang memungiti puntung rokok di Malioboro.

Solopos.com, JOGJA — Menjaga kebersihan memang merupakan tanggung jawab pribadi tiap individu. Meski demikian, tindakan menyadarkan orang lain atas pentingnya kebersihan memang perlu dilakukan. Hal itu dilakukan pria asal Jogja bernama Bekti Maulana.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Demi menjaga kebersihan dan menyindir perokok yang belum sadar kebersihan, Bekti memunguti puntung rokok di sepanjang Jl. Malioboro, Jogja. Informasi mengenai tindakan inspiratif Bekti ini ia unggah di akun Facebooknya Bekti Maulana, Minggu (25/12/2016). Ia menuliskan alasannya melakukan aksi tersebut, dan mengunggah beberapa foto agar perokok yang masih membuang puntung sembarangan bisa segera mengubah kebiasaan.

“Semalam cuma di Malioboro mungutin puntung rokok. Saya memungut puntung rokok bukan karena saya benci perokok. Saya pernah merokok, ayah saya merokok, om saya, pakde saya, simbah saya, dan teman-teman saya juga merokok. Saya hanya benci kebiasaan beberapa perokok yang merokoknya sembarangan dan membuang puntung rokok juga sembarangan, huh!” tulis akun Bekti Maulana.

Pemuda yang kala melakukan aksinya mengenakan blangkon itu juga menegaskan tujuan aksinya itu untuk membuktikan tidak semua perokok memiliki kebiasaan buruk yang dibencinya. Ia menegaskan keluarga dan teman-temannya tidak seperti itu. “Jadilah perokok terhormat dengan merokok dan membuang puntung rokok tidak di sembarang tempat,” tambah akun Bekti Maulana.

Hingga Senin (26/12/2016) malam, pulul 21.15 WIB, unggahan Bekti Maulana sudah dibagikan lebih dari 90 kali dan mendapat lebih dari 95 komentar. Beberapa komentar yang terpantau Solopos.com di status tersebut mengungkap tanggapan positif netizen terhadap aksi Bekti Maulana dan ingin membantu jika ada aksi selanjutnya.

“Dek Bekti salut banget sama kamu, kapan dek diagendakan untuk aksi lagi, biat yambah rame kita ajak teman-teman yang benar-benar peduli sama lingkungan,” tulis akun Vina Graecya.
“Salut Mas Bro, jalan baru kudu dijaga,” tulis akun Nocturno.
“Ayo bareng-bareng mas, pengen ikut bantu, tapi saya ga berani terlalu malam, haha,” tulis akun Novita Dewi Sudarto

Perhatian Bekti mengenai sampah memang bukan aksi spontanitas belaka. Pria yang menuliskan dirinya sebagai #bocahsampah di akun Facebook itu memang sudah aktif dalam hal-hal terkait pengelolaan sampah. Setelah aksinya di Malioboro viral, Bekti kembali mengunggah foto aksi positifnya bersama teman-teman memunguti sampah di objek wisata Taman Sari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya