SOLOPOS.COM - Angga Dwituti Lestari, mahasiswa UNS ber-IPK 3,98 (Bayu Jatmiko/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO–Angga Dwituti Lestari mahasiswa UNS Solo ini tak lama lagi akan diwisuda. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang diraihnya nyaris sempurna 3,98. Dia hanya seorang anak petani. Hidupnya bisa menjadi kisah inspirasi bagi yang lain.

Angga Dwituti Lestari merupakan mahasiswi Fakultas Matematika da Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. (Baca Juga: Mahasiswa UNS Raih IPK 3,98)

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia mendapatkan program beasiswa Bidikmisi. Sempat nyambi jadi guru les, begitu dia mendapat beasiswa Bidikmisi, beasiswa tersebut dia gunakan untuk  merintis usaha jus organik.

“Setiap bulan saya menabung Rp100.000. Setelah terkumpul Rp1 juta saya gunakan untuk buka usaha itu. Saya dibantu bapak untuk membuat gerobak,” terang anak kedua dari pasangan Supriyanto dan Sugiyanti itu, kepada wartawan, Kamis (12/6/2014).

Akhirnya usaha yang dia kembangkan di kampung halamannya, yaitu di Jogja, berjalan cukup sukses.

Ditambah pada semester VI, dia berhasil mendapatkan bantuan dari Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). Sehingga Eng dapat membuka cabang usahanya.

Selama menempuh pendidikan di UNS, Eng selalu mendapatkan IPK 4,0 di setiap semester.

“Tapi pernah sekali mendapatkan nilai 3,86,” ujar mahasiswi kelahiran 1992 itu. Pada 2013 lalu, Eng juga terpilih menjadi salah satu wakil Indonesia dalam ajang World Student Environment Summit yang digelar di Jerman.

Kini Eng sedang bersiap untuk melanjutkan kuliah di Leiden, Belanda melalui beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Afirmasi.

“Melalui LPDP Afirmasi sekarang baru mendaftar ke Leiden,” ujar dia.

Kepada wartawan, Eng mengatakan dirinya memang sangat ingin menjadi seorang pengajar. Saat ini dirinya juga masih aktif sebagai sukarelawan pengajar di daerahnya.

Menurut Eng, menjadi orang sukses itu ketika dirinya bermanfaat bagi masyarakat banyak. Untuk itulah dia ingin bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya