SOLOPOS.COM - Limbah Pabrik Diubah Jadi Karya Seni (Okezone)

Kisah inspiratif datang dari Rohimat Hermawan yang mengubah limbah menjadi karya seni.

Solopos.com, BANDUNG — Kisah inspiratif ini dari pria asal Bandung, Jawa Barat, yang mengubah limbah menjadi karya seni. Bagi sebagian masyarakat, limbah dianggap sampah tak terpakai.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berbeda dengan yang lain, pria bernama Rohimat Hermawan, 53, warga Kampung Caringin, RT 5 RW 1 No. 22 Desa Margajaya, Kabupaten Bandung Barat, mengubah limbah pabrik triplek menjadi kerajinan tangan yang bernilai ekonomis tinggi.

Rohimat menyulap limbah triplek tersebut dengan membuat kerajinan seni siluet tokoh atau orang. Selain itu, ia pun membuat kaligrafi, tatakan gelas, standing phone, nomor meja kafe, dan poster art vintage.

“Semua yang saya buat berbahan baku limbah, dari kayu dari limbah obat-obatan, palet dari limbah kayu,” tutur Herman, seperti dikutip Solopos.com dari Okezone, Selasa (4/10/2016).

Uniknya lagi, untuk mempoles setiap hasta karya tersebut, catnya berasal dari campuran arang dan lem kayu. “Saya menggunakan campuran arang dan lem kayu untuk bahan cat. Selain ekonomis, warnanya pun lebih bagus daripada cat lainnya,” jelas Herman.

Dalam sehari, ia bisa menyelesaikan lima hingga delapan pesanan berukuran 30 hingga 40 cm. Harganya pun beragam, mulai dari Rp150.000 – Rp350.000, tergantung dari ukuran dan tingkat kesulitannya.

Walaupun sudah banyak memiliki pesanan, Herman mengaku masih kesulitan untuk pemesanan. Sebagai media pemasaran, saat ini dirinya masih memanfaatkan media bisnis online. Walaupun usahanya terbilang baru, peminat dari Siluet Art sudah cukup banyak.

Mulai dari wilayah Jakarta, Bekasi, Tangerang, Padang dan Surabaya. “Usaha saya baru mulai di 2016, tapi Alhamdulillah peminatnya sudah cukup banyak, awalnya sih iseng saja,” jelas Herman. Untuk kedepannya, Herman mengaku ingin membuat kerajinan siluet art ini dari bahan baku paralon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya