SOLOPOS.COM - Sampah botol berisi air seni (Instagram)

Beredar video menampilkan sampah di gunung berupa botol berisi air seni

Solopos.com, WONOSOBO – Pendaki yang secara sukarela membersihkan sampah di gunung mengunggah fakta yang terbilang memprihatinkan. Ia menemukan puluhan botol air mineral yang ditinggalkan digunung. Lebih parahnya, botol plastik itu ditinggal dalam keadaan berisi air seni.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Foto dan video memprihatinkan tentang sampah air seni dalam botol itu diunggah di akun Instagram @iwan_degleng. Ia mendokumentasikan aktivitas bersih-bersih sampah di gunung, dari beberapa foto dan video yang ia unggah ada puluhan botol berisi air menguning.

di samping foto keren di gunung masih banyak yg nggk peduli tentang alam kita, yg seharusnya kita jaga bersama. seperti menjaga doi #eaaak apa yg kau cari? cuma foto keren? biar di repost sama admin dan nambah followers? naik gunung nggk sebercanda itu.? yaaaa kalau masih mau seenaknya sendiri mendingan dirumah aja dan ngumpet di ketiak ibu. jangan mau enaknya doang, kasian nama pendaki klo kelakuan masih begitu. . ?. di gunung . @urbanhikers @jejakpendaki @gunungindonesia #wajahpendaki #sepasangpendaki #rinduketinggian #temanmendaki #pendakiindonesia #mountnesia #mountainesia #jelajahgunung #jejakpendaki #sahabatpendaki #exploregunung #wajahpendaki #mdplindonesia #mountjourney #pendaki #kabutlembut #kamiparapendaki #pendakibackpaker #tracking #mountain #pendakimucukers #muncakid #urbanhikers

A post shared by kaum lusuh (@iwan_degleng) on

“Di samping foto keren di gunung masih banyak yang nggak peduli tentang alam yang seharunysa kita jaga bersama. Apa yang kalian cari? Cuma foto keren? Biar di-repost sama admin dan nambah follower? Naik gunung ga sebercanda itu, kalau masih mau seenaknya sendiri,mending di rumah aja sembunyi di ketiak ibu. Jangan mau enaknya doang, kasihan nama pendaki kalau kelakuan masih begitu, ” tulis @iwan_degleng tanpa menjelaskan lokasi. Dalam video yang ia unggah Rabu (21/2/2018), @iwan_degleng merekam puluhan botol yang diduga sudah berbulan-bulan di gunung. Botol itu hampir semuanya berisi air seni.  @Iwan_degleng menjelaskan sampah seperti itu sangat bau dan menjijikkan. Video yang diunggah @iwan_degleng sontak mengundang kecaman warganet. Ada yang menyarankan pelaku dihajar, diguyur menggunakan air seni, hingga saran berupa pemeriksaan bawaan sebelum pendakian. Apabila saat pulang bawaan berkurang, pendaki akan didenda. “Hajar aja Bang,” tulis @kikuroky. “Guyurin aja Bang ke pelakunya,” tulis @tomy10thomas. “Bro, naik diperiksa bawaan makanan dan minuman lengkap dengan bungkusnya. Pas turun diperiksa lagi, kalau hilang meski satu bungkus harus didenda. Tiap bungkus hilang denda Rp50.000” saran @fajarnova09. “Ya gitu deh, semoga mereka yang melakukan mendapat hidayah,” tulis @fathimah_nam.

ketika bisa melihat tapi pura pura buta. pernah ada yg bilang nyari sensasi doang dan pencitraan.? pernahkah kalian merasa malu? dengan kerennya bawa cerrier gede tapi sampah di tinggalin gunung. bukan kah di tinggalin itu sakit ?#eaaak. ini adalah tanggung jawab kita bersama. (DI BALIK FOTO KEREN DI GUNUNG) kangen wanginya itu ?? @andhyka_basituo @setan_sindoro @disie_adventure @andiasuherman . ?. di gunung @urbanhikers @jejakpendaki @gunungindonesia #wajahpendaki #sepasangpendaki #rinduketinggian #temanmendaki #pendakiindonesia #mountnesia #mountainesia #jelajahgunung #jejakpendaki #sahabatpendaki #exploregunung #wajahpendaki #mdplindonesia #mountjourney #pendaki #kabutlembut #kamiparapendaki #pendakibackpaker #tracking #mountain #pendakimucukers #wonosobohitz #muncakid #urbanhikers #parodigunung

A post shared by kaum lusuh (@iwan_degleng) on

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya