SOLOPOS.COM - Putu Rista (Okezone)

Kisah inspiratif seorang anak dari Bali menguasai 23 bahasa asing.

Solopos.com, KLUNGKUNG – Kisah gadis kecil 10 tahun asal Bali, Putu Rista, bisa menjadi inspirasi bagi Anda. Di usianya yang masih belia, ia menguasai 23 bahasa asing dari negara-negara di Eropa, Asia, dan Timur Tengah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rista yang berasal dari Banjar Kidulung Kreteg, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Klungkung ini mempelajari bahasa asing dari wisatawan asing yang berkunjung di Pura Besakih. Hal itu dilakukannya agar ia bisa menjajakan postcard kepada para turis.

Saat berhadapan langsung dengan turis, Rista tidak pernah malu bertanya kepada para wisatawan asing tentang bahasa mereka. Dari sana dia banyak mempelajari beragam bahasa dan juga budaya.

Putu Rista menceritakan, awal mula berbahasa internasional saat usia lima tahun sudah diajak sang ayah bertemu dengan wisatawan asing mancanegara. Ayahnya I Wayan David kala itu menjadi pemandu wisata di Pura Besakih.

Butuh waktu dua tahun untuk dapat melancarkan pengucapan beberapa bahasa asing lewat wisatawan asing yang dikenalnya itu. “Tujuh tahun baru bisa bahasa Inggris,” terang Putu Rista sebagaimana dikabarkan Okezone di Pura Besakih, Klungkung, Jumat (30/9/2016).

Setelah mengerti bahasa Inggris, rasa ingin tahunya muncul dengan mempelajari beragam bahasa wisatawan asing yang datang ke Pura Besakih tersebut. Tak tanggung-tanggung sebanyak 23 bahasa meliputi bahasa Jerman, Perancis, Denmark, Slovakia, Rusia, Jepang, Italia, Ceko, Thailand, Spanyol, Inggris, Korea, Arab, Turki, Belanda, Luxemburg, dan lainnya.

Namun, ada satu bahasa yang sampai saat ini masih dipelajarinya lantaran sulit melafalkan ejaannya yakni Mandarin. “China, aku enggak bisa baca hurufnya, bingung,” tambahnya.

Mempelajari bahasa asing bukanlah hal mudah bagi Putu Rista, ia harus menghafal kosakata dan menulisnya untuk dapat dibaca kembali. Butuh waktu kurang lebih sepekan untuk dapat menguasai satu bahasa yang dipelajarinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya