SOLOPOS.COM - Warga mengambil nasi bungkus gratis yang disiapkan di dekat pos keamanan Masjid At Taqwa dekat Alun-Alun Giri Krida Bakti Wonogiri, Jumat (8/9/2017). (Rudi Hartono/JIBI/Solopos)

Kisah inspiratif, warga Pokoh bagikan sedekah setiap hari.

Solopos.com, WONOGIRI — “Silakan ambil Pak! Ini nasi bungkus gratis,” ucap seorang perempuan berjilbab bernama Anis kepada para warga yang baru saja selesai menunaikan Salat Jumat di Masjid At Taqwa Wonogiri, Jumat (8/9/2017).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Perempuan 37 tahun itu bersama rekannya membuka tempat khusus di dekat pos keamanan sejak sebelum salat dimulai. Warga pun beramai-ramai mengambil nasi bungkus yang ditawarkan Anis. Dalam waktu kurang dari 10 menit, 100 nasi bungkus ludes.

Pembagian nasi bungkus gratis kepada jemaah Masjid At Taqwa kali itu merupakan kegiatan kali kedua yang dilaksanakan Anis, warga Pokoh RT 002/RW 002, Pokoh, Kecamatan Wonogiri. Kali pertama dia melakukannya tiga pekan lalu.

Anis mengaku hanya diminta membagikan nasi bungkus gratis itu. “Yang punya kegiatan membagi sedekah ini ibu mertua saya, Ibu Sumarni,” kata dia.

Menurut Anis, ibu mertuanya membagi-bagikan makanan gratis setiap hari sejak setahun lalu. Biasanya kegiatan digelar di Pasar Kota Wonogiri dan sejumlah rumah sakit. Makanan diberikan kepada juru parkir (jukir), pedagang, dan sebagainya. Selain nasi bungkus, kadang Anis membagikan minuman.

“Ini sebagai bentuk rasa syukur ibu saya yang sudah diberi rezeki. Ibu Sumarni membuka usaha tempat indekos dan asrama di Pokoh sejak puluhan tahun lalu. Usaha beliau berkembang. Oleh karena itu sebagian rezekinya disedekahkan,” imbuh Anis.

Jemaah masjid, Waluyo, sangat mengapresiasinya. Menurut Kepala Satpol PP Wonogiri itu perbuatan yang dilakukan Ibu Sumarni sangat menginspirasi.

Menurut dia, sudah selayaknya orang yang diberi rezeki lebih oleh Allah dibagi juga untuk orang lain. “Mulia sekali Ibu Sumarni ini. Semoga beliau terlimpah pahala. Berbagi sedekah seperti ini patut dicontoh,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya