SOLOPOS.COM - Kantong ramah terbuat dari tepung singkong (housing-estate.com)

Kantong plastik ramah lingkungan ternyata bisa dibuat dari tepung singkong.

Solopos.com, JAKARTA – Sudah sejak lama plastik dianggap bahan yang tidak ramah lingkungan karena sulit terurai. Hal itu yang mendorong banyaknya eksperipen membuat alternatif  pengganti kantong plastik yang ramah lingkungan. Salah satunya adalah Enviplast atau kantong ramah lingkungan yang terbuat dari tepung singkong.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Penjelasan mengenai kantong ramah lingkungan berbahan singkong ini hadir di video yang diunggah di laman berbagi video Vidio.com oleh akun antaraTVnews, Selasa (18/10/2016).

Dijelaskan dalam video tersebut, kantong itu berbahan dari singkong, ditambah minyak nabati dan kemudian dicampur dengan bahan organik lainnya. Kantong ini dapat terurai di alam setelah 180 hari, dan tidak meninggalkan bekas apapun yang berbahaya bagi alam. Bahan baku singkong diambil dari sentra singkong nasional di Lampung.

“Dengan tidak tahan terhadap air ini bukan merupakan kelemahan kantong ini, namun bukti jika kantong bio degradable yang tanpa plastik ini memang mudah terurai di alam,” ungkap Rahmat N Hamka, anggota Komisi II DPR RI.

Enviplast sekarang ini memang belum digunakan oleh mayoritas perusahaan retail yang ada di Indonesia. Tapi, Enviplast sudah memiliki ribuan konsumen dari berbagai cabang bisnis seperti perhotelan, rumah sakit, pabrik makanan, dan restoran.

Produsen Enviplast yang ditemui di acara Trade Expo Indonesia 2016, mengaku ini tantangan pemasaran Enviplast masih terletak pada persaingan harga dengan kantong berbahan plastik.

Simak ulasan Enviplast melalui tautan ini https://www.vidio.com/watch/477852-renyahnya-keuntungan-emping-aneka-rasa?channel_id=223841

(Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya