SOLOPOS.COM - Ida Mujtahidah mahasiswa penyandang disabilitas mengikuti wisuda sarjana di Auditorium Unisri di Jl. Sumpah Pemuda, Kadipiro, Banjarsari, Solo, Sabtu (29/4/2017). (Istimewa/Unisri Solo)

Kampus di Soloraya, Unisri mewisuda 284 orang.

Solopos.com, SOLO – Sebanyak 284 mahasiswa Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo diwisuda, Sabtu (29/4/2017). Dari jumlah itu tercatat sebanyak 92 wisudawan meraih predikat cumlaude atau dengan pujian.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Salah satu wisudawan yang meraih predikat cumlaude itu adalah penyandang disabilitas yakni Ida Mujtahidah dari Program Studi (Prodi) Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Ida Mujtahida yang akrab dipanggil Aida dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,8 merupakan lulusan tercepat Prodi Hubungan Internasional angkatan 2013.

Aida dengan menggunakan kursi roda datang pada acara wisuda di Auditorium Unisri di Jl. Sumpah Pemuda, Kadipiro, Banjarsari, Solo. Wisuda Program Sarjana (S1) dan Program Magister (S2) Periode I 2017 Unisri itu dipimpin Rektor Unisri Solo, Kapti Rahayu Kuswanto.

“Saya orangnya keras kepala dalam arti positif sehingga dapat menyelesaikan kuliah di Unsiri Solo,” kata Aida.

Untuk kuliah di Solo menurut gadis kelahiran Jombang Jawa Timur ini, butuh perjuangan keras agar bisa meyakinkan orangtua. Orangtua Aida sempat melarang putrinya menderita kelainan pada kedua kainya sehingga harus menggunakan dua tongkat untuk menyangga saat berjalan kuliah di Solo.

“Orangtua sempat menawari agar saya dibantu asisten selama kuliah di Unsiri, namun saya keberatan karena ingin mendiri,” Aida yang hafal 30 juz Alquran ini.

6 Bahasa

Gadis berhijab yang menguasai enam bahasa yakni bahasa Indonesia, Inggris, Prancis, Jawa, Arab, dan bahasa Urdu ingin melanjutkan kuliah S2. “Rencananya saya ingin melanjutkan studi S2 ke Prancis,” tandasnya.

Wakil Rektor Unisri Bidang Akademik, Rispantyo, mengatakan wisudawan sebanyak 284 terdiri atas Program Sarjana (S1) sebanyak 245 mahasiswa dan Program Magister sebanyak 39 mahasiswa.

“Dengan bertambahnya 284 lulusan ini maka Unsiri telah meluluskan sebanyak 20.415 mahasiswa terdiri dari 18.272 mahasiswa Program S1 dan 2.143 mahasiswa Program Magister [S2],” ungkap dia.

Sementara Rektor Unisri Solo, Kapti Rahayu Kuswanto, menyatakan Unsiri sebagai center of exellencedituntut dapat menghasilkan lulusan yang kompetitif dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Saya berharap lulusan Unsri bisa tersarap di dunia kerja sehingga dapat membawa nama baik universitas,” harap dia.

Dalam kesempatan itu, Kapti menyatakan kenaikan peringkat Unisri pada 2016 dari 184 menjadi 101 dari 3.244 perguruan tinggi swasta (PTS) se-Indonesia.

“Untuk tingkat Jawa Tengah, peringkat Unisri naik posisi tujuh dari semula 18 dari jumlah total 251 PTS se-Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya