SOLOPOS.COM - Lukisan Kayu (Detik)

Kisah inspiratif kali ini dari Ryka Ariesta yang sukses berbisnis lukisan kayu.

Solopos.com, JAKARTA — Kisah inspiratif dengan memanfaatkan minat dan bakat dialami Ryka Ariesta. Ryka memanfaatkan bakat seninya untuk memulai usaha lukisan kayu yang diberi nama Mukakayu.

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Kisah inspiratif ini berawal dari niatnya membuatkan kado buatan tangan untuk dosen pembimbingnya, Ryka justru mendapatkan ide untuk memulai bisnis. Lulusan desain grafis itu mengaku mendapat inspirasi bisnisnya ketika sedang mengerjakan tugas akhir kuliahnya.

“Gara-gara awalnya aku ingin membuat bingkisan untuk dosen pembimbing, soalnya aku lebih suka ngasih orang handmade daripada beli jadi. Saat mengerjakan tugas akhir kan untuk men-display karyanya pakai booth, jadi terinspirasi gitu,” ujar Ryka, seperti dilansir Detik, Senin (15/8/2016).

Setelah memberi kado ke dosen pembimbingnya, justru dia malah mendapat orderan dari beberapa temannya yang tertarik dengan karyanya.

Produk Mukakayu beraneka ragam seperti jam dinding, kayu ucapan untuk ulang tahun hingga ucapan selamat menikah, dekorasi dinding, gantungan kunci, dan souvenir pernikahan berbentuk tatakan gelas. Desain kayu yang dibuat juga tidak hanya kotak, tetapi ada yang berbentuk bulat dan segi enam.

Awalnya usaha dia dimulai dari modal Rp60.000 untuk membeli beberapa bahan baku. Bahan bakunya terdiri dari kayu jati Belanda dan cat rubber. “Bahan bakunya kayu jati Belanda tapi dari palet kayak eco design gitu, memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai,” kata Ryka.

Produknya dijual berbeda-beda dari mulai harga Rp55.000-Rp400.000. Per jumlah muka yang digambar, harganya tentu berbeda. Ia memiliki satu orang karyawan panggilan.

Omzetnya dalam sebulan sekitar Rp10 juta. Usaha yang baru dirintis sejak September 2015 itu kini kian berkembang. Dalam sebulan ada sekitar 70 buah terjual. Usaha ini dia kerjakan bersama pacarnya, Fikry yang juga dari jurusan desain grafis. Ia menyebut, setiap pesanan nanti akan dikerjakan bersama-sama.

Produknya tersedia di online seperti Instagram dan Facebook. Beberapa pelanggannya ada di Jabotabek hingga luar Jawa. Ada juga beberapa online shop yang menjadi re-sellernya. “Pembeli biasanya dari mana-mana ada dari Jawa, Lampung, Sumatera, Kalimantan, Bali, Sulawesi, Papua yang belum,” kata Ryka.

Untuk mendapatkan produknya bisa ditemukan di Instagram: @mukakayu dan Line: Rykaariesta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya