SOLOPOS.COM - Bob Marley. (Istimewa/Wikipedia.org)

Kisah inspiratif datang dari seorang novelis yang mengangkat kisah penembakan Bob Marley.

Solopos.com, NEW YORK — Novelis asal Jamaika, Marlon James, men penulis favorit di Man Booker Prize. Marlon mengangkat kisah usaha pembunuhan Bob Marley pada era 1970-an berjudul A Brief History of Seven Killings.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Marlon James berhasil meraih penghargaan Man Booker 2015. Marlon James adalah penulis Jamaika pertama yang berhasil meraih Man Booker. Ia mengakui, karyanya paling banyak terinspirasi dari musik reggae.

Ketua dewan juri Michael Wood mengatakan novel A Brief History of Seven Killings merupakan buku paling menarik yang pernah diterbitkan. Novel setebal 680 halaman tersebut penuh kejutan dan berbahaya di setiap halaman.

Marlon James, pengarang novel tentang percobaan pembunuhan Bob Marley. (Istimewa/bbc.com)

Marlon James, pengarang novel tentang percobaan pembunuhan Bob Marley. (Istimewa/bbc.com)

Setting novel memakai waktu selama tiga dekade. Menggunakan kisah nyata dari upaya pembunuhan yang pernah terjadi dari hidup bintang reggae, Bob Marley, James menelusuri geng-geng yang ada di Jamaika. Sekaligus pergolakan politik di negara asalnya.

Wood megatakan James membuka banyak suara. Di dalamnya ada 75 karakter yang ditulis. “Salah satu kejutannya adalah ketika Anda membuka buku, Anda tidak yakin siapa narator berikutnya,” katanya.

James kini tinggal di Minneapolis, Amerika. Setelah kemenangannya, ia berharap novelnya dapat terjual lebih laris lagi dan diterjemahkan ke dalam banyak bahasa.

Penelitian Nielsen mengungkapkan setelah buku A Brief History of Seven Killings masuk dalam nominasi Man Booker 2015 bulan lalu, penjualannya naik tiga kali lipat menjadi 1000 eksemplar seminggu. Tahun lalu, penghargaan ‘Man Booker 2015’ jatuh kepada penulis asal Australia Richard Flanagan untuk novel ‘The Narrow Road to the Deep North’.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya