SOLOPOS.COM - Edward Snowden (kanan) dalam sebuah talkshow di NBC News (JIBI/Solopos/Reuters)

Solopos.com, LOS ANGELES — Sutradara pemenang Piala Oscar, Oliver Stone, akan mengadaptasi kisah hidup mantan agen National Security Agency (NSA), Edward Snowden, ke layar lebar.

Film yang akan menampilkan perjalanan Snowden di NSA itu disadur dari buku yang ditulis seorang jurnalis The Guardian Inggris, Luke Harding. Buku tersebut dinilai paling akurat dalam menggambarkan kisah kehidupan Snowden.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Senin (2/6/2014), Oliver Stone mengatakan dia dan mitra produksinya, Moritz Borman, membeli hak cipta buku karya Harding yang berjudul The Snowden Files: The Inside Story of the World’s Most Wanted Man.

Dalam buku tersebut, dimuat kisah seputar peristiwa-peristiwa yang terkait dengan informasi sangat rahasia dalam program pemantauan NSA yang dibocorkan Snowden.

“Ini adalah salah satu kisah terhebat dalam kehidupan kita. Sebuah tantangan saya dapat bekerja sama dengan Guardian untuk menggarap film ini,” ujar Stone seperti dilansir dari kantor berita Reuters Selasa (3/6/2014).

Sebelumnya, Stone telah mendalangi beberapa film seperti Platoon pada 1986 dan Born on the Fourth of July pada 1989. Ia juga pernah mendapatkan Oscar dari film- filmnya seperti Wall Street, JFK dan Nixon.

Skenario sementara film Snowden telah ditulis. Sedangkan film ini diprediksikan mulai digarap akhir 2014. Harding, sang penulis buku, juga akan dilibatkan dalam proses pembuatan.

Saat ini, Snowden masih menjadi buronan AS karena ulahnya yang membocorkan rahasia intelijen. Ia mendapat suaka dari Rusia dan paspor AS-nya telah dicabut. Yang terbaru, dia sedang mengajukan suaka ke Brasil. Sebagai catatan Brasil adalah salah satu negara yang pernah menjadi sasaran penyadapan NSA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya