Kategori: Sepak Bola

Kisah Gerry Marsden, Pemopuler Anthem You'll Never Walk Alone yang Kini Telah Tiada


Solopos.com/Chrisna Chaniscara

Solopos.com, LIVERPOOL - Anthem You’ll Never Walk Alone (YNWA) adalah salah satu bagian dari sejarah perjalanan Liverpool. Tak hanya sebagai lagu penyemangat saat pertandingan, YNWA sudah menjadi identitas tak terpisahkan dari The Reds.

Saking fenomenalnya, kalimat You’ll Never Walk Alone tercantum di lambang klub sejak 1992 hingga saat ini. Moto YNWA juga terukir dalam Gerbang Shankly (Shankly Gates) sejak 1982.

Tok! Terdakwa Pembunuhan Banyuanyar Solo Divonis Seumur Hidup

Gerry Marsden adalah penyanyi pertama yang memopulerkan YNWA sebagai “lagu kebangsaan” Liverpool di medio 1960-an. Sebelum pertandingan, rekaman suara Marsden dan band-nya, Gerry & The Pacemakers, selalu berkumandang di penjuru Anfield. Marsden juga beberapa kali diundang menyanyikan langsung laga tersebut sebelum The Reds bertanding di markasnya.

Namun pendukung Liverpool di berbagai belahan dunia kini berduka usai mendengar kabar Marsden meninggal dunia di usia 78 tahun, Minggu (3/1/2021). Penyanyi kelahiran 24 September 1942 itu meregang nyawa di Rumah Sakit Arrowe Park, Merseyside.

Bukan Covid-19

Keluarga Marsden memastikan kematian Marsden tak berhubungan dengan Covid-19 yang kini merebak kembali di Inggris. “Saya dan The Pacemakers terpukul atas kabar meninggalnya Gerry Marsden MBE. Kehilangan seorang legenda selalu tidak mudah,” ujar agen Marsden, Robert Pratt, dilansir Sky.

You'll Never Walk Alone sejatinya merupakan lagu ciptaan komposer Amerika Serikat, Richard Rodgers dan Oscar Hammerstein II. Lagu tersebut merupakan bagian drama musikal Carousel karya Rodgers dan Hammerstein pada 1945.

Genjot Promosi, Karanganyar Berharap Sektor Pariwisata Bisa Pulihkan Ekonomi

Namun YNWA justru meledak ketika dirilis ulang oleh Gerry and the Pacemakers pada tahun 1963. Karya tersebut kemudian menguasai puncak tangga lagu Inggris di masa itu hingga banyak pendukung Liverpool yang mulai menyanyikan lagu ini dalam pertandingan.

Lagu YNWA membuat Gerry & The Pacemakers tak kalah mendapat banyak penggemar dibanding band Liverpool lain, The Beatles, yang mencapai sukses global. Marsden sendiri adalah fans fanatik The Reds. Kini, Marsden telah tutup usia. Namun lagu YNWA yang pernah dinyanyikannya bakal selalu ada di hati penggemar Liverpool. “Kata-kata Gerry akan hidup selamanya bersama kita. You'll Never Walk Alone,” tulis Liverpool melalui akun Twitter.

Share
Dipublikasikan oleh
Ahmad Baihaqi