Kisah di Balik Sajian Makanan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa 25 Mei 2021. Esai ini karya Adib Baroya Al Fahmi, mahasiswa Program Studi Tadris Bahasa Indonesia UIN Raden Mas Said Surakarta.

Kisah di Balik Sajian Makanan

SOLOPOS.COM - Adib Baroya Al Fahmi (Istimewa/Dokumen pribadi).

Solopos.com, SOLO -- Pada saat Lebaran 2021, meja ruang tamu mirip lokasi parade kuliner. Aneka penganan dari kue kering sampai kuping gajah, dari kacang kara sampai tapai ketan, dari makanan tradisional sampai makanan kekinian, berjajar di meja. Sungguh semarak!

Di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, tempat saya dilahirkan, tradisi berkunjung ke tempat sanak saudara saat Lebaran masih lestari dan jadi ritual yang dominan pada Lebaran. Demikian juga kala Lebaran lalu yang masih di tengah pandemi Covid-19. Tentu saja tradisi saling berkunjung itu dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Setiap tuan rumah yang dikunjungi pasti tak ingin tamunya menganggur. Saya merasakan betul antusiasme tuan rumah, termasuk nenek saya, dalam memuliakan tamu. Meja di ruang tamu rumah nenek saya bahkan ditambah agar lebih panjang dan bisa menampung lebih banyak jajanan sekaligus mengakomodasi banyak tamu.

Mejelang Lebaran dua pekan lalu, saya iseng membuka koleksi majalah lawas, majalah khusus perempuan maupun majalah keluarga. Di beberapa majalah saya menjumpai iklan-iklan yang bertepatan dengan Idulfitri. Yang lekas saya temui adalah iklan mentega. Di Majalah Intisari edisi Agustus 1978 saya menemukan iklan mentega merek Blue Band.

Iklan ini sederhana. Tidak muluk-muluk atau cerewet. Iklan mencantumkan gambar plus resep pembuatan kue centhe manis. Ornamen yang mengindentikkan Islam dan Idulfitri adalah latar berbentuk kubah dan terdapat kalimat “Berbahagialah di hari Lebaran”. Tidak ada ikon ketupat, beduk, ucapan minal aidzin wal faidzin, dan sebagainya.

Penjelasan dalam iklan adalah sambutlah para saudara dan handai tolan dengan hidangan kue Blue Band yang lezat dan kaya vitamin itu. Suasana pasti lebih meriah! Kalimat iklan itu memastikan satu kata di angan-angan: meriah! Para pembeli dan pembaca Intisari diajak lekas berpikiran mentega lalu menghadirkan mentega di dapur dan memasak dengannya.

Nyaris 10 tahun setelah iklan di Majalah Intisari itu, saya menemukan iklan serupa di Majalah Sarinah edisi 27 April 1987. Iklan masih tentang mentega bermerek Blue Band, tapi ada beberapa perbedaan. Iklan bergambar para bocah yang mengantre, bersiap mencium tangan sesosok ibu bersanggul.

Kali ini iklan menggunakan ikon ketupat. Terdapat kalimat  ”Selamat Hari Raya, Selamat ber-Blue Band”. Pembuatan biskuit kelapa muda dengan kismis jadi resep makanan yang disarankan di iklan tersebut. Saya tak akan bertele-tele membahas mentega, tapi mengulas konteks dan makna (keterlibatan) berpangkal iklan mentega.

Iklan mengindikasikan bahwa ada kesungguhan dan ketelatenan dalam memasak makanan demi menyambut Lebaran. Kesungguhan itu tampak di dapur, kala asap kemebul. Aktivitas di bagian belakang rumah itu pun menjadi makin padat. Perhatian serius mengarah ke dapur.

Saya membayangkan ada kesibukan saat memasak di dapur, membuat makanan ini dan itu, untuk disuguhkan kepada tamu pada hari kemenangan. Dalam nuansa seperti ini, dapur (meski tradisional dengan beralas tanah dan perkakas kawak) jadi ruang persemaian rasa kekeluargaan dan ikatan senasib-seiman. Relung dapur tak nirmakna.

Sekian hikmah dan petuah lahir saat bahu-membahu memasak di dapur. Saya menganalogikan saat dapur ramai untuk memasak juga menjadi wahana silaturahmi antartetangga. Ada canda dan tawa yang membuncah saat memarut kelapa, mengiris lombok, atau mengaduk adonan tepung terigu bersama lelehan mentega.

Saya pikir peristiwa yang saya sebut ini kerap terjadi di dapur-dapur keluarga di Indonesia. Dalam hal memasak setidaknya sudah memperhitungkan waktu sebelum eksekusi. Seperti berapa lama waktu merendam bahan makanan. Merendam beras ketan atau singkong umpamanya. Memasak membuat pikiran dan raga selalu tertuju pada makanan yang sedang diolah.

Memasak juga memakan durasi waktu dan tenaga yang tak sedikit. Upaya menghadirkan makanan lezat tentu butuh perhitungan matang sejak dalam pikiran. Ada peluh yang menetes. Ada tangan yang mencipta. Makanan adalah tanda cinta yang impresif.

Silakan Makan

Saat makanan tersaji di meja dan para tamu datang untuk sowan sekaligus bermaaf-maafan, perbincangan pasti akan menyenggol makanan. Mulanya, tuan rumah akan meminta para tamu untuk melahap sajian yang disediakan. Bila tamu masih malu-malu, tuan rumah akan membuka lodhong atau stoples agar tamu segera mengambil makanan.

Tuan rumah pasti gelisah jika para tamu tak segera memakannya. Lagi-lagi, tuan rumah mempersilakan tamu untuk mengambilnya sendiri. Kalimat yang sering dilantunkan jamak, “Diicipi sekedhik mawon, Pak, Buk, Mas, Mbak, Dhik. Mangga lho…!” Jika tamu-tamu masih belum mengambil makanan yang tutup wadahnya terbuka, tuan rumah akan membawa wadah makanannya dan diarahkan tepat di hadapan tamu.

Ini adalah gaya tuan rumah di masyarakat kita dalam menyilakan tamu makan. Tentu masih banyak gaya lain lagi di daerah lain. Kadang-kadang ada yang sampai seperti memaksa. Saya menganggap ini kepedulian tuan rumah. Ini kebiasaan yang telah membudaya secara berurat akar. Dalam agama juga diajarkan untuk memuliakan para tamu.

Selanjutnya, tuan rumah akan berceloteh ihwal bagaimana makanan itu dibuat. Bumbu-bumbunya didapat dari mana, membeli atau mengngambil sendiri di kebun. Tuan rumah akan bercerita panjang lebar. Apabila salah satu bahan makanan mengambil di kebun tetangga, obrolan berlanjut tentang bagaimana kondisi tetangga tersebut.

”Iki lho, godhong gedhange njupuk nggone Mbah Wongso,” kata si tuan rumah.

Mbah Wongso ki kabare isih sehat, isih ethes, saben esuk isih bisa gopek kembang turi, sorene golek godhong gedhang,” demikian cerita berlanjut ihwal si pemilik awal daun pisang.

Soal makanan memantik obrolan ke segala hal. Perbincangan berlanjut berpangkal makanan. Sembari bercerita ke sana kemari, menimpali ocehan tuan rumah maupun tamu, makanan akan disantap perlahan-lahan. Bila makanan atau minuman tinggal sedikit, tuan rumah biasanya mengambil persediaan.

Saya beranggapan tuan rumah merasa bangga dan gembira bila makanan ciptaannya sendiri tandas disantap oleh para tamu. Kebiasaan orang-orang Indonesia adalah enggan menghabiskan semua suguhan yang disediakan tuan rumah. Apabila yang ada di meja justru makanan kaleng dari pabrik, saya kira yang dibicarakan hanya berujung makanan ini dibeli di toko sana atau membeli makanan tersebut mumpung ada diskon.

Tidak mungkin tuan rumah mengisahkan bahan-bahan panganan ini dibeli di mana, proses membikinnya bagaimana, wong yang membuat pabrik. Rasa tiap makanan bikinan pabrik memiliki standar seragam, takaran dan mutu sudah ditentukan sesuai manajemen industrial. Ini jelas berbeda dengan makanan khas daerah.

Makanan khas kedaerahan lebih variatif dan menggunakan bumbu atau rempah-rempah yang kuat. Pada saat memasak makanan sendiri, kita dapat menghendaki cita rasa yang beragam. Manis, pedas, asam, gurih, dan seterusnya. Tergantung selera. Tentu diselaraskan dengan kapasitas dan kegemaran anggota keluarga.

Kehendak benar-benar ada di tangan masing-masing pencipta atau pengolah. Saya mendapat cerita tentang memasak dari kawan saya. Bahwa ibunya menganggap masakan yang mau ngengkrong di tungku atau kompor itu digarap berbeda orang maka cita rasanya pasti berbeda. Waduh! Sedetail itu ya...

Berita Terkait

Berita Terkini

Wamen Perdagangan: Akselerasi Vaksinasi Percepat Pemulihan Ekonomi

Program vaksinasi penting untuk pemulihan ekonomi Indonesia, untuk itu semua pihak didorong ikut melakukan akselerasi vaksinasi Covid-19.

Naik Kawasaki KLX, Komandan Tim Sparta Solo Blusukan Bawa Beronjong

Pergerakan Tim Sparta Solo tetap lincah meskipun sepeda motor terpasang beronjong saat melintas di wilayah Timuran dan Priyobadan Solo.

Kondisi Sulit, Pengelola Mal Minta Restrukturisasi Kredit ke Bank

Pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM darurat level 4 membuat banyak pusat perbelanjaan dan mal mengajukan restrukturisasi kredit.

Skema Penyaluran Bansos di Bantul Diubah, Antisipasi Kerumunan

Dihentikan selama dua hari, skema penyaluran bansos di Kabupaten Bantul akan didesain ulang agar lebih menerapkan protokol kesehatan.

Top! 2 SMA di Soloraya Jadi Sekolah Adipangastuti 2021

Lewat Sekolah Adipangastuti, SMAN 1 Karanganyar dan SMAN 2 Boyolali akan menjalankan implementasi perilaku baik budaya Jawa, hastha laku.

Hapus Pungli Pemakaman, Komisi III DPRD Minta Juru Kunci Sering Ngantor di TPU

Komisi III DPRD Kota Solo menilai adanya pungli dalam proses pemakaman menjadi tanggung jawab juru kunci.

Dituding Ada Pungli di Pemakaman Pasien Covid-19, Begini Jawaban Wali Kota Gibran

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyebut penggali kubur yang diduga melakukan pungli bukan petugas resmi.

Diminta Kembalikan Bantuan Dobel Rp300.000, 27 Warga Gentan Klaten: Kami Legawa

Sebanyak 27 warga Gantiwarno Klaten mengembalikan bantuan sosial dari dana desa senilai Rp300.000 karena juga mendapat bantuan ganda lain dari pemerintah senilai Rp600.000.

Update Covid-19 Indonesia 31 Juli 2021: Positif 37.284, Sembuh 39.372, Meninggal 1.808 Orang

Jumlah total kasus Covid-19 di Indonesia sejak Maret 2020 hingga hari ini menjadi 3.409.658 kasus.

Vidya Rafika Gagal di Babak Kualifikasi, Indonesia Tanpa Medali Menembak Olimpiade Tokyo 2020

Vidya Rafika merupakan atlet pertama Indonesia yang lolos menuju Olimpiade di cabang olahraga menembak tanpa menggunakan status wildcard.

Pertumbuhan Ekonomi di Sukoharjo Minus 1,7 Persen, Ini Penyebabnya

Pemerintah Kabupaten Sukoharjo mencatat pertumbuhan ekonomi sejak Januari hingga Juni 2021 mengalami kontraksi minus 1,7 persen.

Usir Covid-19, Ibu-ibu Ini Gotong Keranda Jenazah ke Pemakaman

Aksi tak biasa dilakukan ibu-ibu di Desa Klangrong, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan. Mereka menggotong keranda jenazah ke pemakaman.

Tak Punya Uang, Seorang Ayah di Solo Tawarkan Barter Sepatu Bekas dengan Susu di Facebook, Polisi Langsung Bantu

Seorang ayah di Solo tak punya uang untuk membelikan susu putrinya lantas memposting tawaran barter sepatu bekas dengan sekotak susu di Facebook. Polresta Solo langsung memberi bantuan.

2.000 Mahasiswa Soloraya Ikuti Vaksinasi Massal di UIN Surakarta

Mahasiswa peserta vaksinasi tidak hanya dari kampus UIN Raden Mas Said Surakarta, namun dari perguruan tinggi lain di wilayah Soloraya.

Tabung Gas Bocor, 2 Warga Gemolong Sragen Alami Luka Bakar 30%

Dua ibu-ibu di Gemolong, Sragen, menderita luka bakar saat berupaya memadamkan api yang muncul akibat kebocoran tabung elpiji.

Vespa LX dan S Tampil Lebih Berjiwa Muda

Tampilan baru Vespa LX dan S, didesain dengan warna baru untuk menampilkan semangat dan keberanian generasi muda.

PPKM Kulonprogo, 1.697 Kendaraan Bermotor Diminta Putar Balik

Total kendaraan yang diperiksa selama PPKM darurat periode 3-20 Juli 2021 di Kabupaten Kulonprogo mencapai 6.554 kendaraan bermotor.

Instagram Reels Kini Berdurasi 2 Kali Lebih Panjang

Instagram Reels melakukan pembaruan, sekarang pengguna dapat membagikan video dengan durasi 60 detik.

Dinilai Rawan Covid-19, 3 Pusat Perbelanjaan di Solo Ini Diberi Posko PPKM Level 4

Polresta Solo mendirikan posko PPKM Level 4 di Pasar Klewer, PGS, dan BTC karena dinilai rawan penyebaran Covid-19.

Rest Area di Kabupaten Brebes Ini Berikan Nuansa Klasik

Rest area KM 260 B merupakan hasil proses revitalisasi pabrik gula yang sekarang menjadi rest area kekinian.

Dapat Bantuan Dobel, 27 Warga Gentan Klaten Kembalikan Duit Rp300.000

Jumlah warga di Desa Gentan, Gantiwarno, Klaten, yang terdaftar memperoleh bantuan di tengah pandemi Covid-19 mencapai 156 penerima manfaat bantuan.

Tipe-Tipe Kursi yang Umum Ditemukan

Ada berbagai macam tipe kursi yang bisa ditemukan. Pastikan kalian membeli kursi sesuai dengan kebutuhannya.

Akan Dikembangkan Mirip Dam Guatape, Wisata WGM Wonogiri Mungkin Tutup Sampai Proyek Rampung

Belum ada kepastian Wisata WGM Wonogiri bisa dibuka atau tidak sebelum pekerjaan fisik dimulai mengingat saat ini masih PPKM.

Hanya Punya Duit Rp5.000 untuk Beli Nasi Padang, Pedagang ini Dapat Donasi Rp108 Juta dari Netizen

Pedagang agar-agar asal Garut, Mang Eman, yang videonya membeli nasi padang dengan uang Rp5.000 viral, mendapat donasi Rp108 juta.

7 Ornamen yang Bisa Mempercantik Dinding Rumahmu

Nilai keindahan bisa terpancar dari ornamen atau benda yang kita pasang di dinding. Bukan hanya sebagai penghias, ornamen bisa memiliki fungsi praktis yang bisa digunakan oleh penghuni rumah.

Peringatan 30 Tahun Mengabdi, Alumni Akpol Angkatan Kapolri Gelar Vaksinasi Massal di Solo

Alumni Akpol angkatan 1991 menggelar vaksinasi massal dan pembagian paket sembako di Kota Solo.

Ayem, Pemkab Karanganyar Jamin Ketersediaan Oksigen Medis untuk Warga

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan kegiatan bakti sosial persediaan isi ulang oksigen gratis mendapatkan respons luar biasa dari masyarakat.

Obituarium Mulyanto Utomo: Bersujud dalam Keabadian

Mantan Pemred Solopos, Mulyanto Utomo, berpulang setelah berjuang melawan Covid-19. Sebelum pergi untuk selamanya, ia sempat menulis buku berjudul Aku Rindu Bersujud.

Wajib Disimak! Ini Cara Menghemat Anggaran Makan Anda

Menghemat anggaran makan di rumah tangga menjadi sebuah tantangan sulit karena banyaknya anggota keluarga di rumah. Namun, bukan berarti hal itu mustahil.

Berbagai Bentuk Meja Makan yang Bisa Anda Pilih

Bentuk meja makan bentuk persegi biasanya digunakan di rumah-rumah kecil, minimalis atau bergaya modern.

Kesal Lihat Bansos Dikorupsi? Laporkan Saja ke Sini!

Pemerintah meminta masyarakat untuk ikut aktif mengawasi penyaluran bansos. Tersedia kanal-kanal yang bisa diakses masyarakat untuk melaporkan dugaan penyimpangan penyaluran bansos.

5 Jenis Ventilasi Rumah yang Sehat

Sistem ventilasi rumah yang ideal harus bisa menyalurkan udara secara maksimal, menyediakan celah bukaan yang cukup, dan mampu menyaring debu atau udara kotor yang masuk

Selamat! Solo Raih Predikat Kota Layak Anak Kategori Utama Untuk Kali Keempat

Kota Solo kembali meraih penghargaan sebagai Kota Layak Anak kategori Utama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Ikatan Cinta 31 Juli 2021: Lagi-lagi Ricky Sok Jadi Pahlawan, Elsa Berhasil Dibawa Kabur?

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Sabtu, 31 Juli 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Presiden Jokowi Minta Ngemplak Boyolali Disiapkan Jadi Percontohan Pertanian Terintegrasi

Kecamatan Ngempal dijadikan proyek percontohan pertanian terintegrasi oleh Kementerian Pertanian sesuai instruksi Presiden Jokowi.

Ngeri! 2 Tahun Ada 18 Orang Meninggal Tersetrum Jebakan Tikus di Sragen

Sebagian besar korban terkena jebakan tikus yang dipasangnya sendiri di sawahnya sedangkan sebagian lainnya tersetrum perangkap tikus yang dipasang orang lain.

Ini Rahasia Kelezatan Onde-onde Aneka Rasa Bu Is Boyolali

Berbeda dari onde-onde kebanyakan, Onde-Onde Bu Is Boyolali ditawarkan dengan berbagai varian rasa agar anak-anak dan remaja pun suka. 

2.077 UMKM Sragen Diusulkan Dapat BPUM 2021 Senilai Rp1,2 Juta

Dinkop UKM Sragen membuka pencaftaran calon penerima BPUM 2021 bagi UMKM di Sragen secara offline sampai 9 Agustus 2021 mendatang.

Hebat! Anthony Ginting Melaju ke Semifinal Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo 2020

Ginting mengalahkan Anders Antonsen dari Denmark 21-19, 15-21, dan 21-18.

Cegah Biopolitik Vaksin, Menko Airlangga Ingatkan Pentingnya Vaccine Nationalism Dalam Negeri

Bahkan juga terjadi vaksin biopolitik. Misalnya untuk ke China, saat ini harus menggunakan vaksin China dan untuk ke Eropa harus menggunakan vaksin Eropa.

Solopos Hari Ini: Rakyat Diminta Bertahan

Koran Solopos hari ini menyajikan sejumlah berita salah satunya soal pernyataan Presiden Jokowi yang meminta masyarakat dan pengusaha kecil bertahan di tengah pandemi.

Hore, Operator dan Awak Mobil Tangki Pertamina di Boyolali Jalani Vaksinasi Covid-19

Operator dan awak mobil tangki Pertamina Boyolali melakukan vaksinasi Covid-19 pada Jumat hingga Sabtu, 30-31 Juli 2021.

Sedih, Bocah 11 Tahun di Sragen Jadi Yatim Piatu Akibat Corona

Kedua orang tua Rahmad sempat menjalani perawatan intensif di RS setelah terkonfirmasi positif corona sedangkan Rahmad isolasi di Technopark.

Begini Aturan Kirim Makanan selama PPKM Level 4 di LP Klaten

Pengiriman barang dan makanan di LP Kelas II B Klaten hanya dilayani selama 2,5 jam pada hari kerja.

Sudah 24.000 Warga Klaten Jadi Sasaran Serbuan Vaksinasi TNI dan Polri

Serbuan vaksinasi di Klaten dilakukan TNI/Polri dengan mengoptimalkan peran seluruh jajaran, terutama Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Ini Dia Bisnis Penghasil Cuan untuk Para Kpopers

Penggemar K-Pop memiliki sifat fanatik yang bisa dijadikan ladang uang bagi para K-Popers yang jeli memanfaatkan peluang usaha.

Epidemiolog UI Peringatkan Indonesia Masuk Pandemic Trap dan Berikan Saran Ini

Pandu mengusulkan agar penanganan pandemi Covid-19 langsung di bawah komando Presiden Jokowi dan kementerian berjalan di bidangnya masing-masing.

Cetak Sejarah di Olimpiade Tokyo 2020, Pebulu Tangkis Guatemala Kevin Cordon Ternyata Diasuh Pelatih Indonesia

Selebrasi Kevin Cordon seusai lolos ke perempat final Olimpiade Tokyo. (Pedro PARDO / AFP)

Sariamin Ismail, Novelis Perempuan Pertama Indonesia Muncul di Google Doodle Hari Ini

Google Doodle hari ini menampilkan Sariamin Ismail, novelis perempuan pertama Indonesia yang berasal dari Pasaman Barat, Sumatra Barat.

Jembatan Merah, Berdiri Megah Setelah Terjangan Badai Cempaka

Jembatan ini merupakan jembatan pengganti dari Jembatan Kuning yang dulu pernah roboh karena terjangan banjir yang pernah melanda wilayah ini.

Siap-Siap, 7 Juta Pekerja Industri di Jawa Segera Divaksin Covid-19

Kemenperin telah berkordinasi dengan Kementerian Kesehatan agar dapat menjalankan program vaksinasi bagi para pekerja industri.

5 Tempat Angker di Banyumas, Salah Satunya Gunung Slamet

Ibu Kota Kabupaten Banyumas Purwokerto, memiliki banyak sudut-sudut misteri yang bisa dikunjungi.

TNI Gelar Serbuan Vaksinasi Covid-19 Sasar Warga Binaan LP Klaten

sebanyak 138 warga binaan yang divaksin memiliki nomor induk kependudukan (NIK) sedangkan sisanya diusahakan diikutkan vaksinasi di tahap berikutnya.

Luar Biasa! Greysia/Apriyani Tembus Final Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo 2020

Greysia/Apriyani mengalahkan Hee/Chan di Greysia/Apriyani dua game langsung, 21-19 21-17.

Pentingnya Pemerintah Aktif Bermedia Sosial Biar Bisa Mendekat ke Masyarakat

Di era teknologi seperti saat ini, pemerintah dinilai sangat penting untuk aktif di media sosial agar semakin dekat dengan rakyat.

Ketat! Lalu Muhammad Zohri Dikepung Sprinter di Bawah 10 Detik di Olimpiade Tokyo 2020

Catatan waktu terbaik Zohri adalah 10,03 detik yang ditorehkannya dalam seri Golden Grand Prix Osaka 2019 di Jepang.

Tips Mengelola Keuangan di Tengah Perpanjangan PPKM Darurat

Perpanjangan PPKM memaksa masyarakat untuk pintar mengelola keuangan dan penyesuaian anggaran termasuk keuangan pribadi.

10 Berita Terpopuler : Sajian Dawet Kani Ala Milenial - Pasutri Sragen Ekspor Beras ke Arab

Informasi tentang dawet kani dikemas kekinian hingga pasutri Sragen mengekspor beras ke Arab Saudi masuk jajaran 10 berita terpopuler pagi ini.

Nakes Magelang Terima Bantuan 1,05 Ton Telur

PPN Kabupaten Magelang membagikan teur pada tenaga kesehatan di Kbupaten dan Kota Magelang sebagai wujud perhatian secara khusus kepada para nakes.

Mau Ikut Upacara 17 Agustus Virtual di Istana?  Begini Cara Daftarnya

Peserta upacara virtual HUT ke-76 RI akan dibatasi sampai 40.000 orang.

Jadwal Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020, Sabtu 31 Juli: Bulu Tangkis, Menembak, dan Atletik

Ada lima wakil Tanah Air yang siap berlaga dari tiga cabang olahraga (cabor) berbeda, yaitu bulu tangkis, atletik, dan menembak.

Indonesia Teratas, Ini 10 Negara yang Warganya Paling Dermawan Sedunia

CAF menyebut secara global, lebih banyak orang melaporkan bahwa mereka membantu orang pada 2020 dan negara mana yang paling dermawan?

Lirik Lagu Tiada Cinta Selain Kamu - Aminda

Berikut ini lirik lagu Tiada Cinta Selain Kamu dinyanyikan Aminda yang baru rilis Rabu (28/7/2021) di Youtube.

Pilih Damai, Aercap Cabut Gugatan Pailit terhadap Garuda Indonesia 

Perusahaan penyewaan dan penjualan pesawat Aercap Ireland Limited (Aercap) setuju menghentikan gugatan pailit terhadap PT Garuda Indonesia.

Piala Super UEFA Bisa Disaksikan Langsung 13.000 Penonton, Ini Syaratnya

UEFA mengizinkan 13.000 penonton menyaksikan langsung laga Piala Super UEFA antara Chelsea kontra Villarreal di Stadion Windsor Park, Belfast, Irlandia Utara, pada 11 Agustus nanti.

Zohri Beraksi hingga Greysia/Apriyani di Semifinal, Ini Jadwal Atlet Indonesia Sabtu Ini

Cabang atletik Olimpiade Tokyo 2020 berlanjut ke hari kedua, Sabtu, dengan Lalu Muhammad Zohri akan mewakili Indonesia di nomor 100 meter putra.

OJK Cabut Izin Usaha Koperasi Lembaga Keuangan Mikro Syariah Madani Emas Nusantara, Kenapa?

OJK mencabut izin Koperasi Lembaga Keuangan Mikro Syariah Madani Emas Nusantara yang beralamat di Medan, Sumatra Utara.

Kadinas Dindagkop UKM Blora Jadi Tersangka Jual Beli Kios Pasar

Selain Kepala Dindagkop UKM, Kejari Blora juga menetapkan dua orang tersangka lainnya dalam kasus dugaan jual beli kios Pasar Induk Cepu.

Klaten Dapat 10.000 Dosis Vaksin Covid-19 dari Menko Perekonomian

Klaten mendapat 10.000 dosis vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat melalui Menko Perekonomian Airlangga Hartanto dan segera didistribusikan.

Waduh, Satu Keluarga Terpapar Covid-19 di Karangwaru Kota Jogja

Satu keluarga yang positif terpapar Covid-19 tersebut warga luar daerah, datang ke Kota Jogja untuk melakukan pengobatan terhadap ibunya.

Sabar Ya... Vaksinasi Covid-19 Booster untuk Nakes Belum sampai Solo

Hingga saat ini Pemkot Solo belum mendapatkan kejelasan mengenai program vaksinasi Covid-19 ketiga atau booster bagi para nakes.

Demo Tuntut Pemotongan UKT Di IAIN Madura Berakhir Rusuh

Para mahasiswa yang berdemo melakukan perusakan aula gedung rektorat IAIN Madura di Pamekasan dan membakar pos satpam, Jumat (30/07/2021).

PDIP Beri Catatan Pemerintah Jokowi Soal Penanganan Covid-19

DPP PDI Perjuangan atau PDIP menyampaikan sejumlah catatan terkait penanganan Covid-19 kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Parah! Seorang Kakek di Lamongan Nekat Memperkosa Nenek

Aksi bejat dilakukan seorang kakek 70 tahun di Lamongan yang nekat memperkosa seorang nenek berusia 75 tahun. Aksinya dipergoki anak korban.

Ini 4 Pertimbangan Galang Karier Baru Kala Covid-19

Memulai karier baru atau beralih karier di tengah pandemi Covid-19 butuh pertimbangan yang matang sesuai keadaan dan kenyataan yang ada.

Wes Angel! Warga Positif Berkeliaran, Satu Kampung Tertular Covid-19

Salah seorang warga di Donokerto yang positif Covid-19 berkeliaran. Akibatnya, 46 warga pun terpapar virus corona atau Covid-19.

Risma Tegaskan akan Cek Jumlah Bansos Utuh sampai ke Penerima

Tri Rismaharini menyatakan akan bersikap tegas untuk memastikan tidak ada satu pihak pun yang memanfaatkan penyaluran bantuan untuk kepentingan di luar kepentingan penerima manfaat.

Luhut Bantah TKA China di Indonesia Capai Jutaan Orang

Luhut Binsar Pandjaitan membantah informasi yang menyebut jumlah tenaga kerja asing atau TKA China di Indonesia jutaan orang.

Tak Bisa Jualan Selama PPKM Darurat, PKL Alun-Alun Klaten Kehabisan Modal

Belum semua PKL Alun-Alun Klaten mulai berjualan kembali setelah kawasan itu dibuka per Senin (26/7/2021) karena kehabisan modal.

Baznas Jateng Salurkan 60 Ton Oksigen ke 10 RS Rujukan Covid-19

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Tengah (Jateng) turut berkontribusi dalam penanganan Covid-19 di Jateng dengan membantu oksigen.

Stok Vaksin Menipis, Pelayanan Vaksinisasi Semarang Ditutup

Kota Semarang terpaksa menutup pelayanan vaksinisasi Covid-19 karena menurut Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi stok vaksin menipis.

Diduga Tertular Pasien Ibu Hamil, 45 Dokter Kandungan Meninggal Akibat Covid-19

Sebanyak 536 ibu hamil di Tanah Air terkonfirmasi positif Covid-19.

2 Tahun Tak Ada Pemasukan, Pengusaha Sound System Boyolali Obral Peralatan Suara

Sejumlah pengusaha persewaan sound system di Boyolali terpaksa menjual peralatan suara mereka karena sudah dua tahun ini tak ada pemasukan.

Keren, The Sunan Hotel Solo Rutin Berbagi Dengan Anak Yatim

Kegiatan sosial bulanan memberi santunan kepada anak yatim kali ini dilaksanakan The Sunan Hotel Solo di Panti Asuhan Adh Dhuhaa Gentan.

Raih Silver Play Button dari Youtube, Bamsoet akan Pakai TikTok untuk Sosialisasikan 4 Pilar MPR

Kanal Youtube Bamsoet Channel kini sudah memiliki 121.255 subscriber.

Waspada, Data Perusahaan Biasanya Bocor pada Saat Tertentu dan Terjadi Bertahap

Ketua Indonesia Cyber Security Forum (ICSF) mengatakan biasanya data perusahaan atau lembaga dapat bocor secara bertahap dan pembobolan bisa terjadi pada waktu tertentu.

Wow! Baru 2 Tahun, Usaha Kacang Mete Kun Wonogiri Siap Tembus Pasar Australia Dan Turki

Kacang Mete Kun Wonogiri yang diproduksi pengusaha muda bernama Sigit Kuncoro, 27, mulai incar pasar luar negeri yaitu Australia dan Turki.

69.840 Difabel di Jateng Bakal Terima Vaksin Sinopharm

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku sebenarnya sudah banyak penyandang disabilitas atau difabel di Jateng yang disuntik vaksin sinovac.

Viral! Video Kocak Bocah Pura-Pura Meninggal Saat Disunat, Bikin Panik Ortu

Tersebarnya video kocak bocah yang tengah disunat atau dikhitan lalu berpura-pura meninggal membuat heboh di media sosial.

Dua Warga Jaten Karanganyar Meninggal karena Leptospirosis, Ini Gejala yang Kerap Muncul

Seseorang suspek leptospirosis saat alami gejala demam akut dengan atau tanpa sakit kepala, nyeri otot, lemah, dan conjungtival suffision.

Soal Dugaan Pungli Pemakaman Pasien Corona Asal Kedunglumbu Solo, Ini Tanggapan Disperum KPP

Disperum KPP Solo memberikan tanggapan terkait dugaan pungli yang dialami keluarga pasien positif corona saat pemakaman di TPU Daksinoloyo.

Umrah Dibuka, Perpuhi dan AMPHURI Tunggu Aturan Teknis

Ibadah umrah ke Arab Saudi yang direncanakan kembali dibuka pada 10 Agustus 2021 menjadi angin segar bagi Tanah Air.

Syariah Hotel Solo Gelar Syar’i Wedding Showcase

Syar’i Wedding Showcase di Syariah Hotel Solo diharapkan bisa menjadi percontohan penyelenggaraan pernikahan dengan konsep-konsep syar’i.

Alhamdulillah, Kasus Harian Covid-19 Sukoharjo Turun Di Bawah 100 Orang

Penambahan harian kasus konfirmasi positif Covid-19 Kabupaten Sukoharjo menunjukkan penurunan sejak awal pekan ini.

Kasus Aktif Covid-19 di Boyolali Menurun, Efek Gerakan di Rumah Saja?

Kasus aktif Covid-19 di Boyolali yang terus turun, dimungkinkan salah satunya merupakan dampak dari pelaksanaan Gerakan Boyolali di Rumah Saja.

Keluarga Pasien Meninggal Positif Corona Asal Solo Dimintai Uang Jutaan Rupiah Saat Pemakaman, Pungli?

Keluarga jenazah pasien corona asal Kedunglumbu, Pasar Kliwon, Solo, diduga jadi korban pungli oleh oknum penggali kubur di TPU Daksinoloyo.

Catatkan Kinerja Positif, PT SBI Terus Beradaptasi Dengan Pandemi

PT SBI akan terus menerapkan upaya sinergi dan program-program efisiensi dan menjaga arus kas sebagai prioritas saat kondisi belum pulih.

PPnBM Tak Hanya untuk Kendaraan Bermotor, Kemenkeu Sebut Demi Keadilan Pajak

Pemerintah mengeluarkan kebijakan yang bisa melakukan pungutan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) selain kendaraan bermotor.

Memaksa Industri Kreatif Lebih Kreatif

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat 30 Juli 2021. Esai ini karya Hery Trianto, wartawan Bisnis Indonesia (Grup Jaringan Informasi Bisnis Indonesia atau JIBI)