SOLOPOS.COM - Foto harta karun yang dipajang di Rumah Situs Wonoboyo, Klaten. (Detik.com)

Solopos.com, KLATEN – Ada berbagai kisah unik di balik penemuan harta karun peninggalan China dan Hindu klasik di Desa Wonoboyo, Kecamatan Jogonalan, Klaten, pada Oktober 1990 silam.

Harta karun itu ditemukan enam warga setempat di areal persawahan dekat sungai saat sedang menggali tanah. Salah satu warga yang menemukan harta karun tersebut mengaku sempat melihat cahaya misterius sebelumnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Malam sebelum menemukan guci, saya seperti melihat cahaya atau ndaru di timur desa. Saya waktu itu pas jam 01.30 WIB mengantar ketela pohon untuk dijual ke Pasar Dompyongan,” terang salah satu petani yang menemukan harta karun tersebut, Sudadi, seperti dilansir Detik.com, Senin (27/7/2020).

Sahabat Bediler Sragen Turun Tangan, Ratusan Ekor Tikus Mati Tertembak

Sudadi mengatakan cahaya misterius yang dilihatnya kepada lima temannya, Widodo, Wito Lakon, Hadi Sihono, Surip, dan Sumarno. Mereka kemudian menggali tanah uruk di areal persawahan Jogonalan, Klaten, namun tiba-tiba menemukan harta karun di kedalaman sekitar tiga meter.

“Saat menemukan di lokasi hanya tiga orang. Sebab yang dua orang naik ke mobil mengantar tanah. Sekitar pukul 11.30 WIB cangkul saya kena guci,” sambung dia.

Cerita Warga Jogonalan Klaten Temukan Harta Karun Peninggalan China dan Hindu Klasik di Sawah

Temuan guci tembaga itu kemudian dibawa ke balai desa setempat untuk dibuka. Ternyata, isinya perhiasan emas dan perak dengan berbagai bentuk.

“Ada empat guci, yang dua berukuran besar dan yang dua kecil. Yang besar isinya koin emas banyak sekali dan yang kecil isinya berbagai macam perhiasan,” jelasnya.

Pendapatan Desa Cokro Klaten Cuma Rp7 Juta per Tahun, Kades: Kami Termiskin!

Kala itu, Sudadi dan lima orang temannya mendapat penghargaan dalam bentuk uang senilai Rp18 juta. Uang tersebut dipakai untuk membeli tanah dan membangun rumah oleh Sudadi.

“Saya belikan tanah dan bangun rumah. Tapi tidak betah dan rumah saya jual dan belikan rumah yang sekarang ini,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya