Google Doodle 50 tahun pendaratan manusia di Bulan. (Google)

Solopos.com, SOLO – Misi Apollo 11 mendaratkan manusia pertama di Bulan berhasil dilakukan. Mike Collins, astronaut di Apollo 11, berhasil membawa Neil Armstrong dan Buzz Aldrin ke Bulan. Ini merupakan kali pertama dalam sejarah ada manusia menginjakkan kaki di Bulan.

Selama Neil Armstrong dan Buzz Aldrin bertualang di Bulan, Mike Collins tetap berada di orbit yang jaraknya sekitar 97 kilometer. Menurut Mike Collins, butuh sekitar 400.000 orang untuk mendaratkan manusia di Bulan. Mulai dari insinyur, programmer, hingga penjahit pakaian luar angkasa yang kedap udara turut menyukseskan misi tersebut.

Misi pendaratan manusia di Bulan telah 50 tahun berlalu. Demi merayakannya, Google menyajikan Doodle khusus, Sabtu (20/7/2019). Google Doodle menyajikan kartun Neil Armstrong saat menginjakkan kakinya di Bulan.

Saat di klik, Doodle itu menampilkan video rekaman suara dari Mike Collins yang menceritakan misi Apollo 11 mendaratkan Neil Armstrong dan Buzz Aldrin. Menurutnya, Neil Armstrong dan Buzz Aldrin memiliki tanggung jawab besar untuk menyukseskan misi tersebut.

Google Doodle interaktif tersebut digagas oleh Jessica Yu, Team Lead Google Doodle, Pedro Vergani, Doodler, besarta timnya. Jessica Yu mengatakan ide awal pembuatan Doodle interaktif tersebut tak lain untuk memperingati 50 tahun peluncuran dan pendaratan manusia di Bulan.

Saya hanya menggambarkan bagaimana astronaut menempuh perjalanan panjang dari Bumi dan cara mereka kembali dari Bulan,” terang Pedro Vergani dalam video yang diunggah lewat blog resmi Google seperti dikutip Solopos.com.

Lewat Google Doodle itu dijelaskan misi pendaratan manusia di Bulan yang menjadi sejarah. Misi itu dimulai ketika tiga astronaut menumpang roket Saturn V menuju ke Bulan pada 16 Juli 1969. Neil Armstrong dan Buzz Aldrin mendaratkan pesawat di permukaan Bulan pada 20 Juli 1969. Sementara Mike Collins menanti dua rekannya di orbit sambil mengelilingi Bulan.

Guna menceritakan kisah perjalanan Apollo 11, Jessica Yu dan timnya melakukan serangkaian riset. Bukan hanya mengunjungi pusat riset NASA, tim Google Doodle juga melihat jejak perjalanan Apollo 11, termasuk mewawancarai Mike Collins.

Jessica Yu sangat kagum mendengar cara Mike Collins menjelaskan setiap pengalamannya dalam misi Apollo 11 dengan begitu detail. Hal itu membuatnya semakin bersemangat meluncurkan Doodle yang interaktif tersebut.

Sementara Pedro Vergani yang merancang Doodle itu mengaku mendapatkan ide sambil menikmati kopi dan membaca buku.




Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten