Kisah dan Harapan Mulyadi, Agen Koran yang 25 Tahun Setia Berjualan Solopos

Mulyadi adalah salah satu agen koran yang sudah 25 tahun setia berjualan koran Solopos atau sejak Solopos berdiri tahun 19 September 1997 lalu. Begini kisah dan harapannya.

 Mulyadi, salah satu agen koran yang setia berjualan Koran Solopos sejak awal berdiri hingga sekarang berusia 25 tahun. Foto diambil di Pendapa ISI Solo, Minggu (25/9/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

SOLOPOS.COM - Mulyadi, salah satu agen koran yang setia berjualan Koran Solopos sejak awal berdiri hingga sekarang berusia 25 tahun. Foto diambil di Pendapa ISI Solo, Minggu (25/9/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Selama 25 tahun Solopos bertahan dengan determinasi, loyalitas, dan konsistensi sebagai perusahaan di Kota Solo yang dulu terkenal sebagai kuburan koran. Seperempat abad adalah umur yang mencerminkan kedewasaaan, karakter dan wujud presisi.

Solopos Media Group tentu berusaha untuk terus menjaga hal-hal baik yang sudah sejak lama terbentuk ini. Namun, apa yang diraih Solopos saat ini tentu juga tidak lepas dari mereka yang punya loyalitas dan konsistensi, baik dari faktor eksternal maupun internal.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

Sudah selayaknya pula mereka yang menjaga konsistensi dan loyalitas tersebut mendapatkan apresiasi lebih. Salah satu Wahyudi, agen Koran Solopos yang sudah berjualan selama 25 tahun lamanya. Sejak Koran Solopos beredar kali pertama di Kota Bengawan, Wahyudi sudah turut berjualan koran Solopos hingga hari ini.

“Saya berjualan Solopos sejak awal berdiri, dulu sama dengan media-media lain juga seperti Kompas, Suara Merdeka hingga Jawa Pos. Cuma memang yang mewakili identitas Kota Solo ya Solopos secara konsisten,” ucapnya saat ditemui Solopos.com di acara Kolaborasi Budaya untuk Indonesia Kuat di Pendapa Ageng ISI Solo, Minggu (25/9/2022) malam.

Ia tidak menampik media cetak saat ini sudah menuju senjakala apalagi dengan adanya teknologi yang semakin berkembang. Namun, konsistensi dan bagaimana Solopos berkreasi dalam bentuk media cetak dari sisi konten yang disajikan membuat Solopos, menurut Wahyudi, masih punya kemampuan bersaing.

Baca Juga: Pentas Wayang HUT Solopos di ISI Solo, Ki Anom Suroto Obati Kerinduan Penonton

Solopos sebagai Tuan Rumah di Solo

“Sekarang mungkin semua sudah menggunakan handphone, tapi sekarang orang juga melihat kualitas dan Koran Solopos masih menjaga konsistensi sembari terus berkreasi sehingga masih bisa bertahan, dengan kontennya juga yang masih terus beragam tapi tetap mencerminkan Solo,” jelasnya.

Mengenang masa jaya Koran Solopos, pria berusia 63 tahun ini mengaku pernah menjual hingga 700 eksemplar sehari. Sedangkan kini agak sulit untuk mencapai angka itu.

Meskipun demikian, ia masih berharap Koran Solopos sebagai tuan rumah di Kota Solo masih mempertahankan identitasnya. “Solopos bagaimana pun tetap menjadi tuan rumah di Kota Solo, jadi semoga masih terus bisa mempertahankan ciri khasnya sebagai koran yang berakar di sini,” jelasnya.

Baca Juga: Agenda Solo Hari Ini: Ki Anom Suroto Pentas di ISI, Happy Asmara Goyang Sekaten

Sebagai informasi, Solopos merayakan ulang tahun ke-25 pada 19 September 2022 lalu. Berbagai acara digelar untuk memeriahkan hari istimewa itu. Salah satunya pentas wayang bersama dalang Ki Anom Suroto di Pendapa ISI Solo, Minggu (25/9/2022) malam.

Acara itu, selain mengobati kerinduan warga pada pertunjukan wayang dan dalang Ki Anom Suroto, juga sebagai wujud komitmen Solopos Media Group dalam upaya nguri-uri budaya Jawa.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Syiar Kedamaian, Komunitas Ini Bagikan Ratusan Kaus dan Bunga di Solo Baru

      Community Masyarakat Solo Cinta Damai melakukan aksi sosial membagi ratusan kaus, bunga, dan stiker, di traffict light kawasan The Park Mall Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, Jumat (9/12/2022).

      Selamat! Gerakan Literasi Sukoharjo Tembus Top 45 Kompetisi Inovasi Nasional

      Inovasi gerakan literasi Sukoharjo (Gelis) yang diinisiasi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukoharjo mendapatkan penghargaan bergengsi Top 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP).

      Di Dayu Karanganyar, Jejak Sungai Besar Purba Ditemukan

      Di Desa Dayu, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah menyimpan jejak sungai besar purba yang terekam dalam salah satu lapisan tanahnya.

      Sejumlah Plafon Pasar Ir. Soekarno Sukoharjo Jebol, Perbaikan Dianggarkan 2023

      Sejumlah atap plafon di Pasar Ir. Soekarno Sukoharjo jebol. Sementara pemerintah menganggarkan perbaikan pada 2023.

      Buruh Sukoharjo Minta Para Pengusaha Jalankan Struktur Skala Upah

      Ketua Asosiasi Serikat Buruh Sukoharjo dan Ketua Partai Buruh Sukoharjo, minta pengusaha menjalankan skala upah.

      Profil Taufik M Widodo, MC Acara Ngunduh Mantu Nikahan Kaesang-Erina di Solo

      Taufik M Widodo yang merupakan penyiar senior RRI Solo didapuk menjadi master of ceremony atau MC pada rangkaian acara ngunduh mantu nikahan Kaesang-Erina.

      Pengumuman! Pilkades Serentak 67 Desa di Klaten Paling Cepat Digelar Juli 2023

      Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Klaten pada 2023 direncanakan digelar antara Juli-Agustus 2023.

      Arus Lalu Lintas Solo akan Dipantau Drone Polri saat Nikahan Kaesang-Erina

      Polda Jateng mengerahkan drone untuk memantau situasi arus lalu lintas di Solo saat acara nikahan Kaesang-Erina, sekaligus penindakan pelanggaran dengan sistem ETLE.

      Ada Alpukat Jumbo di Lereng Merapi Klaten, Harganya Sempat Tembus Rp40.000/Kg

      Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang merintis kampung alpukat.

      Akhirnya, BLT Sapu Jagat Karanganyar Tahap I Rp1,353 Miliar Cair

      Pemkab Karanganyar akhirnya mencairkan BLT Sapu Jagat untuk ratusan penerima. Mereka menjanjikan ada penyaluran BLT tahap kedua sebelum akhir tahun dengan sasaran yang berbeda.

      Sah! Pasangan Penghayat Kepercayaan Ini Resmi Menikah di Jatisrono Wonogiri

      Hujan deras membalut suasana sakral perkawinan Nanda Linduarda, 23 dan Iqas Cahyaning Suwartini, 20, di Sanggar Candi Busana, Desa Gunungsari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Selasa (6/12/2022).

      Bocah Balita Telantar di Sragen Dapat Tawaran Bantuan Operasi Bibir Sumbing

      Anak balita yang ditemukan telantar di bawah overpass tol Sragen-Ngawi di Ngrampal, Sragen kini masih dirawat di RSUD Sragen. Ada sejumlah yayasan yang menawarkan bantuan operasi bibir sumbung si anak.

      Pemkab Sragen Kini Punya Aplikasi yang Bisa Awasi Hibah untuk Tempat Ibadah

      Bagian Kesra Setda Sragen kini memiliki aplikasi yang bisa memantau dan mengevaluasi penyaluran bantuan hibau untuk tempat ibadah. Namanya Sinapati Plus.

      Dijual Rp9.500/Kg, 3,5 Ton Beras di Pasar Murah Tasikmadu Ludes dalam 1 Jam

      Dispertan PP Karanganyar untuk kali ketiga menggelar pasar murah sejumlah kebutuhan pokok. Kali ini digelar di Kantor Kecamatan Tasikmadu.

      Ketika Spanduk Bergambar Ganjar Pranowo Mendadak Bertebaran di Jalan Solo-Jogja

      Satpol PP dan Damkar Klaten mencopoti ratusan spanduk dan banner liar yang bertebaran di sepanjang ruas jalan raya Solo-Jogja.