Tutup Iklan

Kisah Bongpay Sambirejo Madiun, Transaksi di Warung Kopi ”Eksekusi” di Atas Makam

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

 Madiunpos.com, MADIUN — Tempat lokalisasi ilegal Bongpay Sambirejo atau bong cino di pertigaan Sambirejo, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Madiun dan sekitarnya. Bahkan tempat lokalisasi ilegal itu lebih terkenal dengan lokalisasinya kaum waria atau wanita pria.

Ini karena di lokasi itu saat tengah malam banyak waria yang mangkal di pinggir jalan untuk menjajakan tubuhnya. Selain itu, lokalisasi ini dikabarkan sudah berusia sekitar setengah abad. Sehingga citra negatif di kawasan itu sangat kental.

Kalau biasanya lokalisasi pada umumnya berada di komplek perumahan atau warung. Tetapi tidak di Sambirejo. Lokalisasi ini justru berada di kawasan permakaman. Bahkan mereka bercinta di atas batu nisan makam warga Tionghoa itu. Seperti diketahui makam warga Tionghoa biasanya besar, lebar, serta berkeramik.

Penelusuran Madiunpos.com di lokasi pemakaman tersebut, Jumat (9/8/2019), nisan-nisan berukuran besar dan lebar tertanam di lokasi itu. Rumput liar setinggi hampir satu meter sebagian menutupi nisan.

Di sela-sela nisan itu terlihat ada belasan bungkus kondom. Selain itu, juga kondom bekas yang tercecer di dekat nisan. Bau pesing dan bacin menyeruak di salah satu nisan yang ditemukan kondom bekas itu. Diperkirakan pernah ada pasangan yang bercinta di atas nisan itu.

Wakil Ketua RW 002, Desa Sambirejo, Kecamatan Jiwan, Rudi Rusmawan, mengatakan para PSK menjajakan dirinya di pinggir jalan dekat makam. Setelah mendapatkan pelanggan dan harganya cocok, kemudian mereka bercinta di nisan bongpay.

“Mereka transaksinya di pinggir jalan dan di warung kopi. Kemudian eksekusinya di sini [nisan],” kata dia.

Rudi menuturkan saat ini banyak waria yang menjajakan layanan esek-esek di kawasan itu bersama wanita penghibur. Namun, biasanya para waria itu beroperasi tengah malam.

Dia menyebut para waria ini merupakan pindahan dari Stadion Wilis Madiun. Setelah kegiatan prostitusi di kawasan stadion dibongkar, lantas mereka beralih ke kawasan Bongpay.

“Yang waria ini pindahan dari Stadion Wilis. Setelah sana ditutup. Mereka kemudian pindah ke sini,” ujarnya.

Para penyedia layanan seks baik wanita maupun waria di lokasi itu, kata dia, bukan orang Sambirejo. Mereka diduga berasa dari luar daerah. Untuk jumlahnya sendiri tidak diketahui. Karena pemerintah belum pernah melakukan pendataan itu.

 “Mereka tinggal di mana juga kami tidak tahu. Soalnya memang tidak pernah ada pendataan,” kata dia.

 Bupati Madiun, Ahmad Dawami Ragil Saputro, mengatakan sebelum membersihkan Bongpay Sambirejo, pihaknya terlebuh dahulu telah bertemu masyarakat sekitar lokalisasi ilegal itu. Masyarakat sepakat dengan rencana penutupan tempat maksiat tersebut.

 Kaji Mbing, sapaan akrab bupati, menceritakan dirinya telah sembilan kali mendatangi lokalisasi Bongpay tersebut diam-diam. Dari hasil pengamatan itu, kondisi lokasi tersebut sangat tidak layak dan bisa merusak moral. Untuk itu, diputuskan menutup tempat prostitusi tersebut.

 “Kami mengajak masyarakat sekitar juga untuk menutup tempat ini. Masyarakat juga resah dengan adanya perilaku menyimpang yang ada di tempat pemakaman itu,” kata dia.


Berita Terkait

Berita Terkini

Muncul Petisi Boikot Ayah Vanessa Angel dari TV, Ini Penyebabnya

Petisi boikot ayah Vanessa Angel dari TV ini dibuat warganet bernama Jessica D sekitar sepekan lalu.

Mewarisi Api Perjuangan Sapto Nugroho, Pejuang Difabel Asal Solo

Sapto Nugroho terkenal dengan pemikiran “Ideologi Kenormalan” sebagai sarana memperjuangkan kesetaraan dengan kalangan nondifabel.

Ketahui Penyebab Seseorang Bunuh Diri, Salah Satunya Depresi

Jika orang sering merasakan kegagalan berulang dan merasa putus asa, ini juga bisa menjadi penyebab bunuh diri. 

Ini 20 Ramalan Jayabaya Terjadi di Tahun 2022

Dalam ramalan Jayabaya disebutkan bahwa di tahun 2022 atau zaman kalasurata ini, akan terjadi kiamat kubra.

Atasi Tengkes, PKK Wonogiri Realisasikan Bumi Limase pada 2022

PKK akan berkolaborasi dengan pemerintah desa, karang taruna, kader posyandu, dan layanan kesehatan melalui Program Ibu Hamil dan Balita Makan Sehat (Bumi Limase).

Ini Dia Mitos tentang Gunung Semeru yang Perlu Anda Tahu

Karena itulah tidak heran ada yang menghubungkan letusan Gunung Semeru ini dengan ramalan Jayabaya, yang menubuatkan bahwa Pulau Jawa akan terbelah.

Ukur Kecepatan Evakuasi, Warga KRB III Merapi Swadaya Gelar Simulasi

Simulasi yang dilakukan meliputi respons warga ketika ada tanda untuk berkumpul dan bersiap evakuasi hingga kecepatan warga.

Inilah Jumariyanto, Pengusaha Wonogiri yang Diganjar Penghargaan PLN

Pengusaha sukses asal Kabupaten Wonogiri, Jumariyanto, meraih penghargaan kategori Wirausaha Niaga Tangguh (Gold Appreciation) dari PT PLN (Persero), Selasa (30/11/2021) lalu.

Lisa Blackpink Dikabarkan Sembuh dari Covid-19

Tak hanya mengumumkan Lisa Blackpink sembuh dari Covid-19, agensi juga berterima kasih kepada penggemar yang sudah memberikan dukungan.

Bertambah Lagi, Korsel Laporkan Virus Corona Omicron Jadi 12 Kasus

Pemerintah Korea Selatan (Korsel) melaporkan tiga tambahan kasus virus corona Omicron sehingga menjadikan total kasus varian baru tersebut menjadi 12.

Bukan Jebakan Tikus, Petani Tanon Sragen Pilih Pasang Pagar Plastik

Sejumlah petani di Kecamatan Tanon, Sragen, memilih memakai pagar plastik daripada memakai jebakan tikus yang beraliran listrik karena berbahaya.

Wisata Heritage Diharapkan Bisa Hapus Stigma Negatif Kestalan Solo

Pengelola hotel di Kelurahan Kestalan, Banjarsari, Solo, mendukung rencana penataan kawasan sebelumnya terkenal sebagai lokasi mangkal PSK jadi tempat wisata heritage.

Peluang Indonesia Juara Piala AFF Terbuka Lebar, Ini Ulasannya

Timnas Indonesia baru akan mengawali pertandingan Kamis (9/12/2021) melawan Kamboja pada pukul 19.30 WIB.

Semeru Meletus, BPBD Klaten Siaga Antisipasi Bahaya Erupsi Merapi

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten terus meningkatkan kesiapsiagaan untuk mengantisipasi potensi bahaya erupsi Gunung Merapi.

J-Hope BTS Punya 8 Juta Pengikut di Spotify, Rekor Baru Solois Korsel

Sebelumnya pada 21 Agustus 2021, J-HopeBTS  melampaui 7 juta pengikut di platform serupa.

Kelelahan Hebat Minions Diklaim Penyebab Gagal Juara

Kelelahan yang dialami pasangan berjuluk Minions ini merupakan akumulasi dari panjang dan padatnya jadwal pertandingan sejak bulan Oktober di tur Eropa.